Salah <i>Mindset</i> Sejak Awal
pexels/Olya Kobruseva
Health

Mengurangi porsi makan secara ekstrem saat diet ternyata malah membuat berat badan jadi lebih mudah mengalami kenaikan. Lantas, apa saja penyebab dan bagaimana cara Shavira Agatha mengatasinya?

WowKeren - Shavira mengungkapkan bahwa penyebab utama berat badan mudah naik meski porsi makan sedikit adalah kesalahan mindset. Beberapa orang cenderung hanya mementingkan hasil yang cepat dan instan. Padahal, penurunan berat badan yang sehat membutuhkan komitmen dan konsistensi jangka panjang tanpa berpatokan pada waktu tertentu.

"Menurut saya, pastinya dari mindset. Jadi, sebenarnya keyword-nya ada di kata 'cepat'. Orang-orang itu mau sesuatu yang instan. Mereka terobsesi dengan kata 'cepat', tapi tidak sadar kalau apa yang mereka lakukan bisa merusak metabolisme," ujar Shavira. "Kalau belum belajar tentang nutrisi, kamu akan berpikiran semakin sedikit makan, semakin banyak berat yang diturunkan dalam jangka waktu tertentu. Karena secara teori, kalau kamu makan sedikit, pasti akan turun."

Dengan mindset yang salah inilah, seseorang akan melakukan segala cara untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Salah satunya dengan membatasi ekstrem makanan yang dikonsumsi. Padahal, penurunan berat badan juga bisa dilakukan perlahan hanya dengan memperbaiki porsi nutrisi makanan jadi lebih seimbang.

"Istilahnya, banyak orang menghalalkan segala cara yang penting kurus. Itukan mindset salah. Jadi, sebenarnya yang harus dibenarkan adalah pola makan harus seimbang. Dalam piring ada karbohidrat, protein, serat, dan healthy fat juga," lanjut Shavira. "Ini juga miskonsepsi, 'enggak boleh makan karbohidrat karena jahat'. Padahal, hal itu merupakan sumber energi buat tubuh. Hanya saja, kalau bisa porsi (nasi) jangan sampai melampaui protein dan serat."

(wk/yoan)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel