Get Healthy : Tak Suka Lari? Workout Enthusiast Ini Bongkar Olahraga Simple yang Ampuh Bakar Lemak!
Dokumentasi Kartika
Health
Get Healthy

Berlari adalah olahraga mudah untuk membakar lemak. Meski demikian, masih banyak orang kesulitan melakukannya. Kali ini, Kartika Kurniawan akan membongkar alternatif olahraga lain yang juga ampuh bakar lemak. Apa saja?

WowKeren - Berlari merupakan salah satu pilihan terbaik untuk menunjang pembakaran lemak. Meski demikian, rupanya masih banyak orang kesulitan untuk berlari. Hal itu biasanya dipicu akibat berat badan yang obesitas sampai rasa malas untuk keluar rumah. Keadaan ini juga sempat dirasakan oleh Kartika Kurniawan. workout enthusiast berusia 27 tahun ini mengaku sampai harus memilih olahraga lain karena tak terlalu suka berlari yang harus keluar rumah.

Ketertarikan Kartika untuk rutin berolahraga bermula saat berat badannya menunjukkan angka 49 kilogram. Merasa terlalu kurus, ia lantas memutuskan untuk berolahraga demi mendapatkan proporsi tubuh yang lebih ideal. Pilihan olahraga Kartika pun jatuh pada workout ringan karena tak harus keluar rumah untuk melakukannya.



Photo-INFO

TikTok/tikaaprils



Kartika kemudian mengabadikan progres latihan dengan mengunggahnya di media sosial. Tak diduga, konten unggahannya pun berhasil viral. Hal inilah yang membuat Kartika jadi makin semangat berolahraga. Ia pun sempat menjajal beragam olahraga seperti skipping hingga senam aerobik agar hasil pembakaran lemaknya jadi lebih maksimal.

Berkat kesungguhannya, Kartika sukses membuat berat badannya jadi ideal di angka 52-54 kilogram. Tak hanya berat badan yang jadi lebih proporsional, ia juga merasa lebih sehat dan bugar setelah rutin berolahraga.

Kepada WowKeren untuk rubrik Get Healthy, Kartika secara khusus berbagi alternatif olahraga-olahraga selain berlari yang ampuh untuk membakar lemak. Apa saja? Ini dia ulasan Kartika selengkapnya.

(wk/yoan)

1. Gerakan Workout Simple


Gerakan <i>Workout Simple</i>
TikTok/tikaaprils

Jika tak suka berlari, melakukan full body workout dengan gerakan sederhana merupakan salah satu alternatif terbaik. Beberapa rekomendasi gerakan workout sederhana ini bisa dengan mudah diakses di media sosial. Dalam akun Instagram-nya, @tikaaprils, Kartika juga sering berbagi rekomendasi gerakan-gerakan workout yang mudah. Berbeda dengan olahraga lari yang umumnya dilakukan di luar rumah, gerakan workout ini bisa dipraktikkan di rumah.

"Buat yang enggak suka lari, workout tipis-tipis saja. Aku sering melihat dan mengikuti video di YouTube. Atau kalian bisa langsung buka Instagram-ku saja untuk gerakannya," ujar Kartika. "Ikuti gerakan yang gampang-gampang saja, yang penting keringatnya keluar dan ototnya enggak terkejut."

Kartika menyebut bahwa gerakan workout yang paling sering dilakukannya adalah squat, plank, dan beberapa gerakan melompat. Gerakan ini dinilai cukup simpel dan mudah dilakukan, khususnya bagi pemula. Meski mudah, para pemula hendaknya harus bisa menyisihkan waktu 3-4 kali dalam seminggu untuk berolahraga agar hasilnya maksimal.

"Kalau aku gerakannya sering squat, plank, atau yang loncat-loncat. Kalau squat lebih menguatkan otot kaki, push up itu menguatkan otot tangan, plank menguatkan otot perut," lanjut Kartika. "Kalau push up aku jarang banget karena tanganku sering sakit. Biasanya, aku workout setengah jam, paling lama bisa satu jam. Kalian bisa workout itu seminggu minimal 3-4 kali."

2. High Intensity Interval Training (HIIT)


<i>High Intensity Interval Training</i> (HIIT)
TikTok/tikaaprils

Setelah terbiasa dengan gerakan-gerakan workout simpel, perlahan tingkatkan intensitas latihan dengan melakukan high intensity interval training (HIIT). Pada konsep ini, gerakan-gerakan workout dilakukan dengan durasi yang lebih cepat sehingga pengaruhnya akan lebih besar. Tak hanya efektif untuk membakar lemak, gerakan-gerakan HIIT juga dapat mengencangkan otot-otot tubuh.

"Karena aku malas banget keluar, enggak punya teman juga, dan sering takut kalau sendiri. Jadi, aku lebih milih buat olahraga di rumah saja. Aku sering HIIT kardio," ujar Kartika. "Kalau HIIT lebih cepat gerakannya. Squat jump itu termasuk HIIT kalau gerakannya lebih cepat lagi."

Cepat dan intensnya gerakan-gerakan pada HIIT kadang susah diikuti secara maksimal oleh para pemula. Terlebih, jika mereka termasuk orang yang jarang berolahraga. Karena itulah, Kartika berpesan kepada para pemula agar tidak terlalu terburu-buru dan mempelajari gerakannya secara perlahan.

"Kalau sudah pro, ototnya sudah lebih santai dan rileks saat olahraga. Kalau pemula, mungkin ototnya jarang bergerak dan belum terbiasa berolahraga," jelas Kartika. "Jadi, melakukan gerakannya bisa pelan-pelan saja biar ototnya enggak terlalu sakit."

3. Senam Aerobik


Senam Aerobik
TikTok/tikaaprils

Alternatif olahraga lain yang bisa dilakukan untuk membakar lemak adalah senam aerobik. Biasanya, Kartika akan menambah agenda olahraganya dengan melakukan aerobik satu kali dalam seminggu dengan durasi 1 sampai 1,5 jam. Berkat aerobik inilah, berat badannya yang sempat mengalami kenaikan, bisa turun dengan signifikan.

"Aerobik juga bisa. Aerobik itu bisa membakar lemak banget. Aku pernah aerobik dan alhamdulillah berat badan aku turunnya drastis," ungkap Kartika. "Kalau aerobik itu biasanya durasinya sampai satu jam. Terus, nanti pendinginannya sampai setengah jam. Jadi, kurang lebih satu setengah jam."

4. Lompat Tali atau Skipping


Lompat Tali atau <i>Skipping</i>
Instagram/tikaaprils

Jenis olahraga kardio lainnya yang juga efektif untuk membakar lemak apabila dilakukan dengan konsisten adalah lompat tali atau skipping. Dikenal hanya sebatas permainan, rupanya skipping memiliki segudang manfaat yang membantu pembakaran lemak.

"Skipping juga bagus untuk membakar lemak. Aku pernah coba, tapi sekarang aku batasi karena alhamdulillah lagi isi (hamil). Aku masih olahraga cuma gerakannya enggak lompat-lompat," beber Kartika. "Aku sudah 5 tahun (menikah). Semenjak aku sering workout, alhamdulillah aku isi. Itu karena workout juga."

Tak hanya mendapatkan berat badan ideal, Kartika juga berhasil membuat tubuhnya lebih bugar dan sehat berkat konsistensinya melakukan olahraga. Ditambah, ia pun akhirnya bisa segera mendapatkan buah hati setelah sekian lama menanti.

5. Yoga atau Berenang


Yoga atau Berenang
Instagram/tikaaprils

Sebagai pilihan agar tidak bosan, Kartika menyebut bahwa berenang bisa efektif untuk membakar lemak. Pasalnya, berenang merupakan jenis olahraga yang melibatkan seluruh tubuh mulai dari kepala, tangan, badan hingga kaki. Tak hanya efektif membakar lemak, berenang juga bisa meningkatkan fleksibilitas otot dan kepadatan tulang.

Selain berenang, Kartika juga mengungkapkan bahwa yoga juga bisa menjadi alternatif olahraga untuk membakar lemak. Beragamnya gerakan yoga dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga pembakaran lemak jadi lebih maksimal. Berbeda dengan berenang, gerakan-gerakan yoga bisa dengan mudah dipraktikkan di rumah saja.

"Berenang, juga bisa (efektif bakar lemak). Tapi aku jarang sih (berenang). Selain itu, yoga juga bisa efektif bakar lemak. Yoga juga sering aku lakukan, yoga di rumah," ujar Kartika.

6. Aneka Macam Olahraga Permainan


 Aneka Macam Olahraga Permainan
Instagram/tikaaprils

Aktivitas lain yang bisa dilakukan untuk membantu membakar lemak adalah melakukan olahraga permainan. Umumnya olahraga jenis ini dilakukan secara beregu atau beramai-ramai. Tak hanya membakar lemak, olahraga permainan juga mampu melatih ketangkasan. Biasanya, Kartika akan sesekali bermain bulu tangkis atau voli dengan orang-orang di sekitar rumahnya.

"Selain itu mungkin bisa main bulu tangkis. Bulu tangkis juga gampang dan bisa dilakukan di mana saja. Tapi, harus punya teman," ungkap Kartika. "Sama aku sering main voli. Kalau main voli, biasanya aku sama tetangga-tetangga di depan."

Tak hanya bulu tangkis dan voli, olahraga permainan lain yang bisa dilakukan untuk meningkatkan aktivitas fisik dan membakar lemak adalah sepak bola, basket, hingga tenis.

7. Persiapan Pemula Sebelum Berolahraga


Persiapan Pemula Sebelum Berolahraga
Instagram/tikaaprils

Supaya bisa konsisten berolahraga, para pemula hendaknya menemukan niat yang kuat terlebih dahulu. Selanjutnya, gunakan pakaian olahraga yang nyaman agar tak terganggu saat berolahraga. Yang paling penting, Kartika juga mengingatkan para pemula untuk tidak pernah melewatkan pemanasan sebelum memulai olahraga.

"Yang harus diperhatikan pemula saat membakar lemak, yang pertama niat. Terus, pakai baju olahraga yang nyaman dan ditemani musik biar lebih semangat," pesan Kartika. "Selanjutnya, bisa lakukan stretching dulu, jangan langsung ke gerakan inti. Pokoknya setiap sebelum olahraga, harus pemanasan dulu. Supaya bisa konsisten olahraga, jangan malas gerak (mager). Dan kalian juga harus atur pola makan."

Pada dasarnya, olahraga jenis apapun bisa ampuh membantu pembakaran lemak apabila dilakukan dengan konsisten. Tak hanya olahraga, kesuksesan olahraga juga harus dibarengi dengan pengaturan pola makan yang benar.



You can share this post!