7 Cara Sederhana untuk Menjadi Orang yang Open Minded, Terapkan Sekarang Juga!
Pexels/SHVETS production
SerbaSerbi

Open minded adalah salah satu sikap yang penting untuk dimiliki agar kita bisa menjalani kehidupan dengan lebih menyenangkan. Lantas, bagaimana caranya agar kita bisa memiliki pola pikir seperti itu?

WowKeren - Open minded atau berpikir secara terbuka adalah salah satu sikap yang penting untuk dimiliki setiap orang. Pasalnya, seseorang dengan pemikiran terbuka akan menjalani kehidupan yang lebih menyenangkan daripada mereka yang cenderung menutup diri.

Open minded melibatkan penerimaan terhadap beragam ide, informasi maupun argumen. Oleh sebab itu, orang yang open minded akan lebih terbuka terhadap pengalaman baru dan bisa memahami setiap pandangan yang berbeda dengannya.


Dengan berpikiran secara terbuka, kita akan lebih siap untuk menghadapi berbagai orang di luar sana termasuk di ruang-ruang kampus maupun di dunia kerja. Sebaliknya, jika kita memiliki pemikiran yang cenderung tertutup, kita akan kesulitan untuk mengidentifikasi masalah atau bahkan berbaur dengan orang lain.

Namun perlu diketahui bahwa masih ada banyak orang yang sulit untuk menerapkan sikap ini dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu, tim WowKeren telah merangkum beberapa cara efektif yang bisa kamu lakukan untuk menjadi orang yang open minded. Penasaran apa saja itu? Langsung saja yuk simak informasi lengkapnya berikut ini!

(wk/eval)

1. Jangan Menutup Diri dari Dunia Luar


Jangan Menutup Diri dari Dunia Luar
Pexels/Andrew Neel

Cara pertama yang harus kamu lakukan agar bisa menjadi orang yang open minded adalah dengan tidak menutup diri dari dunia luar. Orang-orang yang menutup diri dari dunia luar biasanya kurang siap menghadapi perbedaan, sehingga mereka akan lebih memilih untuk menjauh atau bahkan mengakhiri pembicaraan. Jika kamu dihadapkan pada situasi ini, usahakan untuk tetap bersikap fleksibel dan jangan menolak ajakan diskusi secara mentah-mentah.

Selain itu, kamu bisa meluangkan waktu untuk bersosialisasi dengan orang lain secara rutin. Kamu tidak harus memenuhi semua undangan, tapi usahakan untuk bertemu dengan teman maupun kerabat sesering mungkin. Semakin sering bertemu dengan orang lain, semakin mudah pula bagi kita untuk berpikiran secara terbuka.

2. Berani Keluar dari Zona Nyaman


Berani Keluar dari Zona Nyaman
Pexels/Jill Wellington

Untuk menjadi orang yang open minded, kamu harus berani keluar dari zona nyaman. Cara ini penting dilakukan untuk menambah wawasan dan membuat pikiranmu lebih terbuka dari sebelumnya.

Mulai lakukan aktivitas yang selama ini kamu hindari dan pergilah ke tempat-tempat baru yang belum pernah kamu kunjungi. Bila perlu, tulis lima hal yang membuatmu merasa tidak nyaman kemudian coba untuk melakukannya secara perlahan. Meski tidak mudah dan memakan banyak waktu, cara ini bisa membuatmu lebih percaya diri loh!

3. Tenangkan Pikiran Secara Teratur


Tenangkan Pikiran Secara Teratur
Pexels/Prasanth Inturi

Menenangkan pikiran secara teratur adalah cara sederhana lainnya yang bisa kamu lakukan untuk menjadi orang yang open minded. Caranya adalah dengan melakukan meditasi secara rutin untuk melepaskan hormon stres yang bisa menyebabkan berbagai efek buruk pada tubuh.

Saat bermeditasi, sebaiknya fokuskan dirimu untuk mengatur pernafasan karena dapat menenangkan tubuh dan pikiran. Setelah berhasil melakukan ini, kamu bisa berpikir secara lebih terbuka tanpa menghakimi orang lain yang memiliki perbedaan pendapat dengan kita.

4. Jadilah Pendengar yang Baik


Jadilah Pendengar yang Baik
Pexels/Tirachard Kumtanom

Jika kamu ingin menjadi orang yang open minded, pastikan kamu bisa menjadi pendengar yang baik. Hal ini penting dilakukan agar kamu bisa memahami orang lain dengan baik saat mendengar sudut pandang yang berbeda.

Menjadi pendengar yang baik memang tidak mudah dilakukan, beberapa orang bahkan masih sulit menerapkannya. Karena itu, usahakan untuk tidak menyanggah perkataan orang lain atau menegur saat dia menceritakan keluh kesahnya. Jika memiliki pendapat lain, sebaiknya sampaikan saat dia sudah selesai berbicara agar kalian bisa mencari solusinya bersama.

5. Fokuskan Pikiran pada Hal-Hal Positif


Fokuskan Pikiran pada Hal-Hal Positif
Pexels/Andrea Piacquadio

Orang yang memiliki pemikiran tertutup cenderung dikuasai dengan emosi negatif. Karena itu, usahakan untuk memfokuskan pikiran pada hal-hal positif dan mencari sisi baik dalam setiap situasi jika ingin menjadi orang yang open minded.

Cara mudah yang bisa kamu lakukan adalah dengan memikirkan 2-3 hal positif saat kamu dikuasai 1 emosi negatif. Contohnya, saat kamu mengeluh kepanasan, ada baiknya untuk berkata, "Pasti enak banget jika minum air dingin saat sedang panas begini."

6. Mulai Rajin Membaca


Mulai Rajin Membaca
Pexels/Vincenzo Malagoli

Seperti yang dijelaskan sebelum-sebelumnya, menambah wawasan bisa membuat pikiran kita lebih terbuka. Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk menambah wawasan adalah dengan rajin membaca berbagai tulisan seperti artikel, novel, majalah, surat kabar, media elektronik dan masih banyak lagi.

Bila perlu, bergabunglah dengan klub pembaca buku yang ada di sekitar tempat tinggalmu. Kegiatan ini tak hanya bermanfaat untuk menambah wawasan, namun juga memungkinkanmu bertemu dengan banyak teman baru yang memiliki latar belakang dan pemikiran berbeda. Dengan begitu, pemikiranmu terhadap dunia akan lebih terbuka.

7. Jalin Pertemanan dengan Beragam Kalangan


Jalin Pertemanan dengan Beragam Kalangan
Pexels/THIS IS ZUN

Cara terakhir yang WowKeren sarankan agar kalian bisa menjadi orang berpikiran terbuka adalah dengan menjalin pertemanan dengan orang-orang dari beragam kalangan. Perluas koneksimu dengan bersikap akrab dengan teman di lingkungan sekolah, kampus, tempat kerja dan lain sebagainya.

Jangan terlalu pilih-pilih teman apalagi menghindari mereka yang memiliki latar belakang bertolak belakang. Selain itu, usahakan untuk meluangkan waktu guna berinteraksi dengan mereka dan bertukar pikiran.

Demikian tujuh cara efektif yang bisa kamu lakukan untuk menjadi orang yang open minded. Simak juga artikel ini untuk mengetahui beberapa cara menghindari toxic positify. Selain itu, kamu juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui cara menerapkan filosofi stoikisme agar hidupmu menjadi lebih tenang.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait