iKON Curhat Pilu di 'Oh Eun Young’s Golden Clinic', Begini 11 Potret Jatuh Bangunnya di K-Pop
Twitter/YG_iKONIC
Selebriti

iKON mendadak menjadi topik hangat lantaran membeberkan curhatan pilu di program 'Oh Eun Young’s Golden Clinic'. Berikut perjalanan kariernya di K-Pop yang sudah memasuki tahun ke-7.

WowKeren - Baru-baru ini, iKON menjadi topik hangat lantaran tampil di acara "Oh Eun Young’s Golden Clinic" yang tayang pada 3 Juni lalu. Dalam kesempatan tersebut, Bobby, Donghyuk dan Koo Junhoe berbicara tentang banyak hal, termasuk perjuangan grup mereka.

Junhoe mengungkapkan kekhawatirannya karena merasa tidak dapat bergerak lebih dekat ke puncak kesuksesan. Ia merasa kalau popularitas iKON telah jatuh. Hal ini kemudian dijelaskan oleh member lainnya, Donghyuk menyadari mereka sukses berkat lagu “Love Scenario”. Namun sayangnya, banyak orang yang hanya mendengarkan lagu tersebut tanpa mengenali iKON.


Tak hanya itu, Junhoe juga berbicara tentang kecemasannya yang bercampur dengan kepercayaan dirinya yang mana membuat Donghyuk ikut khawatir. Bobby pun mengaku berubah menjadi pendiam dan canggung dengan semua orang. Padahal, ia sempat dikenal sebagai happy virus iKON ketika debut.

Curhatan iKON ini tentu mengejutkan publik. Pasalnya, iKON dikenal sebagai boy grup yang penuh semangat dan ekspresif. Oleh karena itu, netizen ramai memberikan dukungan untuk mereka. Lantas, seperti apa perjuangan iKON di K-Pop yang sempat alami jatuh bangun? Yuk, intip di bawah ini!

(wk/raud)

1. Berpartisipasi di 'WIN: Who Is Next'


Berpartisipasi di 'WIN: Who Is Next'
Twitter/WIN_JAPAN

Jinhwan cs ini mulanya diperkenalkan publik pada tahun 2013 melalui program survival "WIN: Who is Next dengan nama Team B. Kala itu, mereka hanya terdiri dari enam member, yakni B.I, Bobby, Jinhwan, Yunhyeong, Donghyuk, dan Junhoe. Dalam program survival itu, Team B kalah dari Team A yang kini debut dengan nama WINNER (II).

2. 'Mix and Match' Untuk Final Line Up


'Mix and Match' Untuk <i>Final Line Up</i>
Twitter/WIN_JAPAN

Sekitar setahun usai "Win: Who Is Next" digelar, YG Entertainment memutuskan kembali membuat program survival untuk masa depan Team B. Kali ini, YG menambahkan 3 trainee baru, yakni Jung Jin Hyung, Hongseok, dan Chanwoo. Dalam program itu, Chanwoo akhirnya didapuk sebagai final line up untuk iKON. Sedangkan dua trainee yang gagal debut memutuskan hengkang dari agensi. Hongseok sendiri berhasil debut di Pentagon dan Jung Ji Hyung menjadi penyanyi indie.

3. Popularitas Sebelum Debut


Popularitas Sebelum Debut
Twitter/WIN_JAPAN

Meski sudah memiliki line up member, iKON masih belum resmi debut. Kendati begitu, iKON sudah memiliki popularitas yang tinggi. Mereka pun didapuk sebagai model untuk NONA9ON. Tak hanya itu, iKON juga sempat mengadakan fanmeeting di Korea, Jepang, dan China pada tahun 2014.

Atas kesuksesan tersebut, Billboard menyebut iKON sebagai salah satu dari "5 Artis K-Pop Teratas yang Harus Ditonton pada tahun 2015". Menariknya, iKON menjadi satu-satunya grup dalam daftar yang masih belum debut.

4. Debut Resmi iKON


Debut Resmi iKON
Instagram/withikonic

Pada 15 September 2015, iKON akhirnya resmi memulai debutnya. Tujuh member ini membuat gebrakan baru karena merilis banyak video klip di tahun pertamanya. Mulai dari MV "My Type" hingga "Dumb & Dumber" dirilis secara bergantian. Pada tahun itu, iKON juga mengumumkan lightstick resmi mereka yang diberi nama "KONBAT".

5. Asian Tour Yang Sukses Besar


<i>Asian Tour</i> Yang Sukses Besar
Instagram/withikonic

Pada 17 Maret 2016, YG mengumumkan bahwa iKON akan mengadakan asian tour pertama mereka bertajuk "iKONCERT 2016: Showtime Tour" di Taiwan, Cina, Hongkong, Thailand, Singapura, Malaysia, dan Indonesia. Hebatnya, iKON berhasil mengalahkan EXO sebagai grup penyanyi non-Jepang tercepat yang mampu menggelar tur dome Jepang setelah debut 3 tahun.

6. 'Love Scenario' Meledak


'Love Scenario' Meledak
Instagram/withikonic

Dewa Fortuna tampaknya kembali menghampiri iKON di tahun 2018. Pasalnya, iKON mendulang banyak prestasi kala merilis lagu "Love Scenario". B.I dan kawan-kawan berhasil memuncaki chart real time di 8 situs musik Korea. Bahkan "Love Scenario" meraih perfect all kill terlama dan menggeser rekor TWICE.

Tak cuma itu, "Love Scenario" juga menyumbangkan banyak penghargaan di karier iKON. Seperti Song of the Year di Melon Music Awards 2018 serta Digital Daesang dan Bonsang dari Golden Disc Awards 2019.

7. Hengkangnya B.I


Hengkangnya B.I
Instagram/withikonic

Di tengah euforia kesuksesan itu, iKON justru diterpa badai karena skandal narkoba sang leader. B.I dicurigai membeli dan menggunakan narkoba jenis mariyuana dan LSD (Lysergic acid diethylamide). Atas hal itu, YG mengumumkan bahwa B.I memutuskan hengkang dari iKON dan agensi.

Hal itu rupanya cukup mengejutkan bagi member iKON lainnya. Donghyuk merasa tercengang kalau iKON tak memiliki leader yang melakukan begitu banyak hal untuk grup. Junhoe merasa ini seperti mimpi dan Bobby ikut khawatir akan masa depan iKON.

8. Comeback Pertama Dengan OT6


<i>Comeback</i> Pertama Dengan OT6
Twitter/YG_iKONIC

Tak ingin berlarut pada kesedihan, iKON pun memulai langkah baru dengan formasi 6 member. Yunhyeong dkk siap menyapa fans dengan album bertajuk "I DECIDE". Lagi-lagi, B.I menunjukkan jiwa kepemimpinannya karena tetap membuatkan lagu untuk iKON, Rupanya, comeback ini diagendakan pada pertengahan tahun 2019, sebelum B.I hengkang dari YG.

Untungnya, comeback iKON OT6 ini masih menuai reaksi positif dari publik. Lagu "DIVE" langsung mendominasi di berbagai chart musik realtime domestik termasuk Soribada. Album "i DECIDE" juga melonjak ke puncak tangga lagu iTunes di setidaknya 24 negara yang berbeda.

9. Jadi Peserta di 'Kingdom: Legendary War'


Jadi Peserta di 'Kingdom: Legendary War'
Instagram/withikonic

Memasuki tahun 2021, iKON kembali berpartisipasi dalam program survival. Kali ini, mereka ikut memeriahkan acara survival Mnet "Kingdom: Legendary War" sebagai peserta. Meskipun, iKON gagal menjadi pemenang, namun mereka memuncaki daftar selebriti paling dibicarakan melalui penampilan hebatnya di program survival tersebut.

10. Miliki Varshow Sendiri


Miliki Varshow Sendiri
Twitter/YG_iKONIC

Setelah sukses menjadi kontestan di "Kingdom: Legendary War", iKON kembali menyapa penggemarnya melalui acara variety show milik mereka sendiri. Acara bertajuk "iKON's Type: One Summer Night" ini akan memperlihatkan para member yang melakukan perjalanan ke Gangneung. iKON siap menghabiskan waktu berkualitas bersama untuk memperkuat hubungan satu sama lain.

11. Konser Solo di Tahun Ketujuh


Konser Solo di Tahun Ketujuh
Twitter/YG_iKONIC

Pada tahun 2022, iKON sudah menyapa fans dengan merilis album berjudul "Flashback". Album tersebut berhasil menduduki puncak tangga lagu iTunes Top Albums di 18 negara. Di sisi lain, iKON juga siap menggelar konser solo di tahun ketujuh debutnya. Konser bertajuk "iKON 2022 Concert" itu akan berlangsung pada tanggal 25-26 Juni mendatang di Olympic Park, Olympic Hall, Seoul.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait