Pemahaman tentang Defisit Kalori
TikTok/ida.azfar
Health

Dengan pengaturan yang benar, defisit kalori tak akan membuat seseorang merasa kelaparan. Apa saja rahasianya? Ini dia ulasan Rufaidah Toaha selengkapnya!

WowKeren - Sebelum lebih jauh membahas tentang tetap kenyang saat diet, ada baiknya kita memahami tentang kalori terlebih dahulu. Pada dasarnya, kalori adalah bahan bakar yang dibutuhkan agar tubuh bisa beraktivitas. Umumnya, kalori ini didapatkan dari makanan. Sedangkan defisit kalori adalah kondisi dimana makanan yang dikonsumsi lebih sedikit dari kebutuhan harian. Akibatnya, tubuh akan membakar cadangan lemak sebagai sumber energi sehingga proses penurunan berat badan bisa terjadi.

"Jadi, tubuh kita butuh bahan bakar, satuannya kalori. Rata-rata perempuan Indonesia (kebutuhan kalori) berkisar di 1300-1500 kalori. Misalnya tiap hari makan 2000 kalori, artinya ada 500 kalori yang tersimpan sebagai cadangan energi. Kelebihan kalori yang kita konsumsi terus menerus inilah yang akhirnya menumpuk menjadi lemak," jelas Ida. "Diet itu prinsipnya defisit kalori. Defisit kalori itu, kita mengonsumsi makanan lebih sedikit daripada yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan harapan, kekurangannya ini akan mengambil dari cadangan energi yang sudah kita simpan kemarin-kemarin."

Saat sudah memahami konsep defisit kalori, seorang pemula bisa dengan mudah mengontrol porsi makanan dietnya. Hal ini membuatnya tidak perlu lagi membatasi secara ekstrem makanan sampai kelaparan setiap hari.

(wk/yoan)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel