Rahasia Sukses Defisit Kalori
TikTok/ida.azfar
Health

Dengan pengaturan yang benar, defisit kalori tak akan membuat seseorang merasa kelaparan. Apa saja rahasianya? Ini dia ulasan Rufaidah Toaha selengkapnya!

WowKeren - Ida menyarankan kepada para pemula untuk belajar mengatur porsi makanan agar bisa tetap kenyang saat defisit kalori. Cara ini bisa mudah dilakukan dengan bantuan aplikasi penghitung kalori. Jika masih dirasa terlalu ribet, menggunakan bantuan takaran tangan juga bisa dilakukan. Saat pengaturan porsi makan sudah benar, seseorang dijamin tak akan merasa kelaparan meski sedang defisit kalori.

"Di awal program (diet), kita harus bikin jurnal makan, tulis berapa kalorinya. Bisa menggunakan aplikasi penghitung kalori, misalnya FatSecret atau MyFitnessPal, itu sangat membantu," saran Ida. "Kalau merasa repot menghitung kalori, bisa menggunakan takaran tangan. Karbohidrat satu kepal tangan kita, sayur dua tangkup tangan, protein satu telapak tangan. Untuk lemak baik bisa kita dapatkan dari ikan atau suplemen minyak ikan."

Agar hasil bisa dapat dirasakan maksimal, tentunya diperlukan konsistensi saat melakukan defisit kalori. Karena itulah, Ida menyarankan para pemula untuk menemukan motivasi yang kuat saat pertama kali memulai diet.

"Teman-teman harus punya motivasi yang besar, kalau bisa motivasi yang sifatnya jangka panjang. Cari motivasi yang paling terdalam untuk membuat kita lebih konsisten. Memang untuk yang mau turun berat badan, defisit kalori memang harus dilakukan secara konsisten. Pesan saya, teman-teman harus tetap konsisten, jaga semangatnya, harus sabar dan mau berproses," pungkas Ida.

(wk/yoan)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel