Pastikan Minim Pengolahan Saat Memasak
TikTok/ida.azfar
Health

Dengan pengaturan yang benar, defisit kalori tak akan membuat seseorang merasa kelaparan. Apa saja rahasianya? Ini dia ulasan Rufaidah Toaha selengkapnya!

WowKeren - Pada dasarnya, tak ada jenis makanan tertentu yang dapat menaikkan berat badan. Semua jenis makanan apapun apabila dikonsumsi berlebihan akan menaikkan berat badan. Karena itulah, agar lebih mudah mengontrol kalori yang masuk, memasak makanan sendiri saat diet merupakan alternatif terbaik.

"Kalau untuk rekomendasi makanan, jenisnya bisa apa saja. Mungkin yang saya rekomendasikan adalah pengolahan. Pilih makanan yang pengolahannya paling pendek. Intinya, pengolahannya enggak terlalu banyak," ujar Ida. "Jadi, memang lebih aman masak sendiri. Walaupun sibuk, kita lebih bijak mengurangi makanan yang tinggi lemak, gula, dan garam, bukan menghindari. Enggak ada makanan yang bikin gemuk, selama porsinya kita atur. Karena makanan sehat pun kalau porsinya berlebihan, bisa over kalori."

Meski sudah masak sendiri, Ida mengingatkan agar tidak terlalu banyak melakukan pengolahan saat memasak. Hal ini dilakukan agar kalori makanan tidak bertambah terlalu banyak. Pasalnya, tambahan bahan olahan seperti tepung, minyak, hingga aneka bumbu instan dapat membuat kalori makanan melonjak hingga dua kali lipat meski porsinya sama.

"Jadi, memang memasak sendiri sangat membantu diet karena kita tahu apa saja yang kita masukkan ke masakan. Satu makanan dimasak oleh orang berbeda, satu yang sudah paham tentang kalori makanan, satu yang belum paham, pasti kalorinya akan berbeda," lanjut Ida. "Ada namanya kalori tersembunyi. Di saus, kecap, kemudian gula, minyak, krim-kriman, dan keju-kejuan. Bahan-bahan tambahan yang dimasukkan pada saat kita memasak, itu sangat memengaruhi kalori dalam makanan."

(wk/yoan)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel