Kenali Penyebab dan Gejala Ramsay Hunt, Penyakit Langka yang Diderita Justin Bieber
Instagram/justinbieber
Health

Baru-baru ini Justin Bieber mengabarkan bahwa dia terkena penyakit langka yang disebut dengan sindrom Ramsay Hunt. Lantas, penyakit apa itu dan apa penyebab serta gejalanya?

WowKeren - Baru-baru ini penggemar dikejutkan dengan pengakuan Justin Bieber soal penyakit langka yang dideritanya. Dalam video yang diunggahnya di Instagram, penyanyi 28 tahun itu mengaku menderita sindrom Ramsay Hunt yang menyebabkan kelumpuhan wajah.

Bieber menuturkan, "Aku mengalami sebuah sindrom yang disebut sindrom Ramsay Hunt. Virus inilah yang menyerang saraf di telinga dan wajahku dan menyebabkan wajahku lumpuh."


Penyakit tersebut bahkan membuat salah satu mata Bieber tidak berkedip dan dia kesulitan tersenyum. "Seperti yang kalian lihat, mata ini tidak berkedip. Aku tidak bisa tersenyum di sisi wajahku ini. Lubang hidung ini tidak bisa bergerak, jadi ada kelumpuhan total di sisi wajahku ini," ungkapnya.

Akibatnya, Bieber terpaksa menunda beberapa pertunjukan dari Justice World Tour untuk fokus menjalani perawatan. Meski tidak tahu kapan akan sembuh, Bieber yakin bahwa kondisinya akan membaik dengan menjalani terapi dan beristirahat.

Sehubungan dengan hal ini, tim WowKeren akan mengulas beberapa hal yang berkaitan dengan sindrom Ramsay Hunt, mulai dari pengertian, penyebab hingga gejalanya. Berikut informasi lengkapnya.

(wk/eval)

1. Apa itu Ramsay Hunt?


Apa itu Ramsay Hunt?
Instagram/mrwarrenjr12

Sindrom Ramsay Hunt yang juga disebut dengan herpes zoster oticus merupakan wabah virus dari herpes zoster yang menyerang saraf wajah. Virus ini biasanya akan menyerang saraf yang ada di dekat salah satu telinga.

Selain menyebabkan ruam, penyakit ini juga membuat penderitanya mengalami kelumpuhan pada sebagian wajah dan juga gangguan pendengaran. Karena hanya menyerang sebagian wajah, sejumlah orang awam menganggapnya seperti terkena stroke ringan. Namun perlu diketahui bahwa penyakit ini berbeda dengan stroke yang bisa menyerang bagian tubuh mana saja.

Sindrom Ramsay Hunt seringkali diderita oleh orang dewasa, baik laki-laki maupun perempuan. Namun karena sindrom ini berasal dari virus cacar air yang biasanya diderita anak-anak, siapapun yang pernah terkena cacar air juga berisiko menderita penyakit langka tersebut.

Oleh karena itu, salah satu cara untuk meminimalisir sindrom ini adalah dengan melakukan pemeriksaan kesehatan dengan dokter saat sedang mengalami cacar air.

2. Penyebab Sindrom Ramsay Hunt


Penyebab Sindrom Ramsay Hunt
Pexels/Anna Shvets

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Sindrom Ramsay Hunt disebabkan oleh virus yang sama dengan yang menyebabkan cacar air dan herpes zoster yakni varicella zoster. Meski sudah sembuh, seseorang yang pernah terkena cacar air kemungkinan masih memiliki sisa virus di dalamnya meskipun virus tersebut ada di dalam fase "tertidur".

Beberapa tahun kemudian, virus ini akan kembali aktif dan menyerang saraf wajah yang terletak di dekat telinga bagian dalam. Hal ini memicu terjadinya iritasi dan pembengkakan pada saraf-saraf tersebut sehingga penderita akhirnya mengalami Sindrom Ramsay Hunt.

Meski tidak menular, reaktivasi virus varicella zoster dapat menyebabkan orang yang belum terkena cacar air mengidap penyakit satu ini. Infeksi yang tergolong serius juga bisa terjadi pada seseorang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Selain beberapa faktor di atas, ada sejumlah orang dengan kondisi tertentu yang berisiko terkena Sindrom Ramsay Hunt. Di antaranya adalah orang yang berusia di atas 60 tahun, belum mendapatkan vaksinasi cacar, bayi baru lahir dan juga ibu hamil.

3. Gejala Sindrom Ramsay Hunt


Gejala Sindrom Ramsay Hunt
Pexels/Ketut Subiyanto

Jika mengutip Mayo Clinic, ada dua gejala utama yang kerap dialami oleh penderita Sindrom Ramsay Hunt. Pertama, penderita akan mengalami ruam merah menyakitkan dan lepuh yang berisi cairan di dalam atau sekitar telinga. Sedangkan yang kedua, terjadinya kelumpuhan pada bagian wajah di dekat telinga yang terinfeksi.

Selain itu, sindrom ini juga menimbulkan sejumlah gejala lain yang tak kalah menyakitkan. Mulai dari sakit telinga yang berujung pada memburuknya pendengaran, tinnitus atau telinga berdenging, kesulitan menutup salah satu mata seperti yang dialami Justin Bieber, vertigo, kehilangan kemampuan mengecap makanan hingga mata dan mulut terasa kering.

Jika kalian merasakan beberapa gejala di atas, pastikan untuk segera melakukan pemeriksaan dengan dokter. Sebab perawatan yang dimulai tiga hari sejak kemunculan gejala awal dapat mencegah terjadinya komplikasi jangka panjang seperti kehilangan pendengaran permanen, kelumpuhan wajah permanen, kerusakan mata hingga rasa sakit permanen pada area bekas cacar air.

Nah itu dia beberapa penjelasan singkat tentang Sindrom Ramsay Hunt, penyebab serta gejalanya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian dan mari kita doakan kesembuhan Justin Bieber bersama-sama.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait