Bapak Santuy, Ahmad Dhani Bicara Soal Cara Didik Anak-Anak Dalam Ilmu Agama
Instagram/ahmaddhaniofficial
Selebriti

Baru-baru ini, Ahmad Dhani membicarakan caranya memberikan didikan agama kepada anak-anaknya. Meski santai, pentolan Dewa 19 itu menerapkan kententuan seperti ini.

WowKeren - Saat menjadi bintang tamu acara Vincent Rompies dan Desta, Ahmad Dhani berbicara banyak termasuk soal anak-anaknya. Salah satu topik yang menjadi sorotan adalah cara Dhani mendidik Al Ghazali, El Rumi dan Dul Jaelani soal ilmu agama.

Seperti diketahui, ketiga anak pentolan Dewa 19 itu terpapar sorot dunia hiburan sejak dini. Bahkan Al aktif sebagai aktor dan Dul getol bermusik. Sehingga cara Dhani mendidik ketiga anaknya pun memicu rasa penasaran.

"Gue itu santai," kata Ahmad Dhani dalam video YouTube VINDES beberapa waktu lalu. "Gue didik anak tuh gini, berbuat dosa itu boleh, tapi jangan berlebihan."

Rupanya selama mendidik tiga anak laki-laki, Dhani mengaku santai. Menurutnya, anak-anaknya tanpa dipaksa harus bisa menemukan apa arti agama untuk mereka sendiri.

Bahkan untuk salat Dhani tidak mengharuskan anak-anaknya melakukannya. Namun mereka terlihat melakukan salat berjamaah di vlog milik sang ibunda, Maia Estianty.


"Gue nggak tipe orang tua yang seperti itu (memaksa anak untuk salat)," lanjut Dhani. "Gue tipenya ya kalau dalam beragama itu dia harus mikir sendiri, pentingnya gimana."

Terlepas dari sikapnya yang santuy soal ilmu agama anak-anaknya, Dhani juga kadang bingung sendiri jika mendapatkan pertanyaan perihal syariat. Sehingga Dhani mengandalkan pengetahuannya namun juga mempertimbangkan usia anak-anaknya sebelum memberikan jawaban yang dirasa tepat.

"Jadi kadang-kadang gue bingung juga kalau anak-anak bertanya soal agama," papar Dhani. "Kadang-kadang gue itu mau jawab pertanyaan soal agama ke mereka tuh, gue jawab sesuai umur mereka atau sesuai pengetahuan yang gue punya, kadang-kadang bingung tuh."

Dani sendiri membiarkan mereka menjalani apa saja yang diperintahkan dan menjauhi larangan agama. Selebihnya penjelasan yang diberikan Dhani disesuaikan dengan umur Al, El, dan Dul.

"Jadi ya kadang-kadang jalani aja apa yang diperintahkan dan jauhi yang dilarang aja. Nanti kalau umurnya sudah cukup, baru gue jelaskan ilmu pengetahuan agama yang gue tahu," jelasnya.

Sementara itu, El Rumi baru-baru ini telah menyita perhatian atas kemenangannya di ring tinju melawan Winson Reynaldi. Tak ayal hal itu menambah rasa bangga Dhani terhadap anak-anaknya.

(wk/inta)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru