'Operasi Sterilisasi' Pada Kera Dilakukan Thailand Demi Cegah Perluasan Cacar Monyet
pexels.com/Yan Krukov
Dunia
Wabah Cacar Monyet

Thailand diketahui menjadi salah satu negara bukan endemik yang telah melaporkan kasus cacar monyet. Pejabat Thailand pun sebelumnya juga telah melakukan tes kepada ribuan kera dan sejenisnya.

WowKeren - Belakangan ini, dunia menyoroti wabah cacar monyet atau monkeypox. Seperti yang diketahui, cacar monyet yang mana sudah menjadi penyakit endemik di negara Afrika telah ditemukan di luar negara tersebut.

Atas hal tersebut, Badan Kesehatan Dunia (WHO) pun diketahui akan membagikan vaksin ke negara-negara di luar endemik yang telah melaporkan kasus cacar monyet. Thailand, diketahui menjadi salah satu negara yang telah melaporkan kasus cacar monyet.

Dalam mencegah agar kasus cacar monyet tidak semakin meluas, kera liar pun saat ini tengah diuji selama kampanye sterilisasi rutin untuk mengendalikan populasi di provinsi tengah bawah ini.

Melansir Bangkok Post, Wanchai Singto selaku Direktur Kantor Wilayah 3 Kawasan Lindung yang berbasis di Phetchaburi, mengatakan operasi dimulai pada 1 Juni dengan target untuk menangkap sekitar 600 kera yang hidup di pegunungan Khao Ta Kiap dan Khao Hin Lek Fai.



Sejauh ini, diketahui sudah ada sekitar 200 kera telah ditangkap dan diperiksa. Sebagian besar dari mereka yang ditemukan telah disterilkan, dan semuanya dinyatakan negatif cacar monyet.

Sementara untuk kera yang belum dikebiri akan disterilkan oleh dokter hewan dari Balai Taman Nasional, Satwa Liar dan Konservasi Tumbuhan. Berdasarkan hasil pengujian itu, Wichai yakin semua kera di Hua Hin, Prachuap Khiri Khan, bebas dari cacar monyet.

Wichai pun tak memungkiri ada kekhawatiran mereka bisa terinfeksi melalui kontak dengan turis. "Operasi sterilisasi akan terus dilakukan hingga target tercapai," ujar Wichai dilansir dari Bangkok Post, Senin (20/6).

Wichai kemudian menambahkan pertumbuhan populasi monyet di Prachuap Khiri Khan telah lambat baru-baru ini karena keberhasilan kampanye sterilisasi yang sedang berlangsung, yang diluncurkan di bawah nota kesepahaman antara Kantor Wilayah 3 Kawasan Lindung dan Kotamadya Hua Hin.

Sebelumnya, pejabat Thailand juga telah menjalankan puluhan ribu tes cacar monyet pada monyet di seluruh negaranya. Hasil dari tes yang dilakukan pada saat itu menunjukkan semua kera dinyatakan negatif cacar monyet.

(wk/tiar)


You can share this post!


Related Posts