Kemenangan di 'M Countdown' Dicibir, Intip 10 Potret fromis_9 Jatuh Bangun di Industri K-Pop
Twitter/realfromis_9
Selebriti

fromis_9 tengah menjadi sorotan publik karena kemenangan mereka di 'M Countdown' banjir protes dan cibiran. Sempat diragukan, berikut sederet potret perjalanan karier Lee Sae Rom dkk.

WowKeren - Girl grup fromis_9 telah melangsungkan comeback lagu berjudul "Stay This Way" pada 27 Juni lalu. Comeback ini tampaknya berlangsung sukses karena fromis_9 berdampingan dengan Nayeon TWICE untuk memperebutkan peringkat satu di "M Countdown".

Grup yang digawangi oleh Lee Sae Rom dkk itu berhasil meraih trofi kemenangan di "M Countdown". fromis_9 berhasil mendapat skor penuh untuk penjualan digital maupun fisik. Grup ini akhirnya meraih skor final sebanyak 9262 dan berhasil mengalahkan Nayeon.


Kendati begitu, kemenangan fromis_9 ini menimbulkan ketidakpuasan netizen di situs komunitas Theqoo. Tak sedikit dari mereka yang mencibir dan bertanya-tanya bagaimana fromis_9 bisa mempunyai skor lebih tinggi, sementara Nayeon dinilai lebih unggul dalam penjualan digital dan fisik. Hingga saat ini, pihak Mnet maupun fromis_9 masih bungkam atas polemik tersebut.

Terlepas dari itu, fromis_9 memiliki perjalanan karier yang cukup pelik. Grup dengan 9 member ini mengalami jatuh bangun selama berada di industri K-Pop. Berikut sederet potret fromis_9 selama hampir 5 tahun berkecimpung di dunia hiburan Korea Selatan. Yuk, intip!

(wk/raud)

1. Jebolan 'Idol School'


Jebolan 'Idol School'
Instagram/officialfromis_9

fromis_9 merupakan salah satu grup yang merupakan hasil dari program survival "Idol School". Pada tahun 2017, ada sekitar 590 trainee perempuan bergabung dalam acara tersebut dengan bersaing secara ketat selama beberapa bulan. Pada 27 September 2017, "Idol School" mengumumkan 9 line up final yang terdiri dari Roh Ji Sun, Song Hayoung, Lee Sae Rom, Lee Chae Young, Lee Na Kyung, Park Ji Won, Lee Seo Yeon, Baek Ji Heon, dan Jang Gyuri.

Nama grup fromis merupakan saran dari netizen melalui situs resmi "Idol School" dan dipilih oleh CJ E&M. Itu merupakan akronim dari From Idol School maupun kata Promise dalam pelafalan bahasa Korea. Angka 9 sendiri melambangkan jumlah membernya.

2. Rilis Single Pradebut


Rilis Single Pradebut
Instagram/officialfromis_9

Pada 29 November 2017, fromis_9 mengejutkan publik karena menampilkan single pradebut, "Glass Shoes". Mereka membawakan lagu tersebut di Mnet Asian Music Awards 2017 di Jepang. Apalagi "Glass Shoes" dirilis secara digital pada 30 November 2017. fromis_9 juga membawakan "Glass Shoes" di program "Music Bank" pada 15 Desember 2017.

3. Resmi Debut


Resmi Debut
Twitter/realfromis_9

fromis_9 resmi debut sebagai idol K-Pop pada 8 Januari 2018 melalui mini album bertajuk "To Heart". Sedangkan lagu utamanya yang berjudul sama dirilis pada 24 Januari. Debut fromis_9 bisa dikatakan sukses karena albumnya meraih peringkat ke-4 di Gaon Album Chart.

4. Fromis_9 OT8


Fromis_9 OT8
Twitter/realfromis_9

Secara mengejutkan, Jang Gyuri berpartisipasi di "Produce 48" dan membuat fromis_9 berpromosi dengan 8 member. Namun, grup in kembali full team ketika Jang Gyuri tereliminasi dari program survival tersebut.

Kabar bahagia pun kembali datang karena fromis_9 resmi satu agensi dengan IZ*ONE, yakni Off The Record Entertainment. Mereka pun merilis lagu "Love Bomb" dan menuai reaksi positif dan semakin dikenal publik.

5. Skandal Manipulasi Voting


Skandal Manipulasi Voting
Twitter/realfromis_9

Penyanyi "Fun!" ini sempat diterpa isu tak sedap. "Idol School" diungkapkan telah memanipulasi voting dan peringkat trainee sebanyak 233 kali. Atas hal itu, muncul dugaan kalau member fromis_9 bukanlah line up sebenarnya. Namun sayangnya, Mnet tidak bisa memberikan solusi atas skandal tersebut. Mereka mengaku kesulitan untuk melakukan pemeriksaan atas kasus tersebut

6. Comeback Usai Hiatus Setahun


Comeback Usai Hiatus Setahun
Twitter/realfromis_9

Usai skandal manipulasi voting itu, fromis_9 hiatus selama lebih dari satu tahun. Mereka pun akhirnya menyapa fans dengan merilis lagu utama yang bertajuk "Feel Good (SECRET CODE)" pada 16 September 2020. Kendati begitu, fromis_9 harus berpromosi dengan 8 member lagi karena Lee Seo yeon harus hiatus karena cedera saat mempersiapkan comeback ini.

7. Pindah Agensi Lagi


Pindah Agensi Lagi
Twitter/realfromis_9

Pada 16 Agustus 2021, fromis_9 resmi bergabung di Pledis Entertainment akibat adanya perubahan struktur organisasi agensi sebelumnya, Off The Record Entertainment. Mereka mengaku sempat mengalami tekanan sebagai satu-satunya girl grup di bawah naungan HYBE Labels karena G-Friend bubar dan Le Sserafim belum debut. Namun, sang leader menjadikan tekanan sebagai kekuatan pendorong untuk membuat warna fromis_9 lebih kuat.

fromis_9 sendiri akhirnya berhasil meraih kemenangan pertama mereka melalui lagu "Talk & Talk" di program musik SBS "The Show". Kemangangan ini tentu banjir air mata karena fromis_9 membutuhkan waktu selama lebih dari 3 tahun.

8. Sukses Adakan Fanmeeting


Sukses Adakan Fanmeeting
Twitter/realfromis_9

Tahun 2022 ini, fromis_9 melangsungkan fanmeeting pertama mereka bertajuk "fromis Day". Acara jumpa fans tersebut dilaksanakan di Blue Square Madagascar Hall, Korea Selatan selama 3 hari berturut-turut, yakni 22-24 April.

9. Polemik Kemenangan di Acara Musik


Polemik Kemenangan di Acara Musik
Twitter/realfromis_9

Polemik kemenangan fromis_9 rupanya masih menjadi topik panas. Bahkan seorang netizen telah melakukan analisa mengapa fromis_9 meraih rangking tinggi di Gaon Chart, tetapi tidak di tangga lagu lainnya. Meski demikian, Sekretaris Kepala KOMCA (Asosiasi Hak Cipta Musik Korea), Choi Kwang Ho, mengungkapkan strategi yang digunakan penggemar fromis_9 agar bisa menang.

10. Berhasil Masuk Top 3 Brand Reputation


Berhasil Masuk Top 3 <i>Brand Reputation</i>
Twitter/realfromis_9

Terlepas dari hal itu, fromis_9 menunjukkan eksistensinya sebagai diol K-Pop. Song hayoung cs ini berhasil menempati posisi ketiga untuk brand reputation bulan Juli tahun ini. fromis_9 mengalami peningkatan sebanyak 180,45 persen dalam indeks reputasi merek mereka sejak bulan lalu, sehingga berhasil mengalahkan (G)I-DLE dan TWICE.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait