Teh Daun Jati Cina Bukan Produk Pelangsing
pexels/Maria Tyutina
Health

Mengonsumsi produk pelangsing seperti teh daun jati Cina kerap jadi jalan pintas beberapa orang untuk menurunkan berat badan. Sering disebut 'ampuh', Putri Miftakhul Jannah beberkan fakta-fakta teh daun jati Cina. Apa saja?

WowKeren - Putri menegaskan bahwa teh daun jati Cina bukanlah produk pelangsing. Hal ini disebabkan karena kandungan dalam teh daun jati Cina hanya berfungsi untuk mempercepat gerak peristaltik usus. Peristaltik sendiri merupakan gerakan yang berfungsi mendorong makanan sepanjang saluran pencernaan. Akibatnya, makanan akan lebih cepat dicerna dan BAB (buang air besar) jadi lancar.

"Fakta pertama yang orang harus tahu, teh daun jati Cina itu bukan merupakan produk pelangsing. Jadi, itu adalah teh pencahar yang fungsinya untuk mempercepat gerak peristaltik usus atau memperlancar BAB," beber Putri. "Bila kalian tidak ada keluhan konstipasi berat, tidak disarankan minum teh daun jati Cina, apalagi untuk konsumsi sehari-hari."

Pada prinsipnya, tak ada produk diet apapun yang bisa menurunkan berat badan. Pasalnya, konsep utama diet adalah defisit kalori. Penggunaan produk tanpa dibarengi dengan defisit kalori maupun rutin berolahraga tak akan sukses membuahkan penurunan berat badan. Sebaliknya, penurunan berat badan akan sukses didapatkan dengan penerapan defisit kalori dan olahraga secara konsisten tanpa harus konsumsi produk diet.

"Kalau mau menurunkan berat badan, enggak ada obat atau teh herbal apapun. Produk yang diklaim menurunkan berat badan itu tidak ada bukti ilmiahnya. Kalau mau menurunkan berat badan, defisit kalori dan olahraga, itu yang sudah terbukti secara ilmiah," sambung Putri. "Mekanisme obat tersebut enggak ada manfaatnya untuk menurunkan berat badan. Dilihat dari cara kerjanya, mereka rata-rata hanya membuang cairan tubuh, diare, atau menahan nafsu makan yang memperburuk relationship dengan makanan, efeknya negatif. Jadi, sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi."

(wk/yoan)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel