Boleh Dikonsumsi Pada Kondisi Medis Tertentu
pexels/ Sora Shimazaki
Health

Mengonsumsi produk pelangsing seperti teh daun jati Cina kerap jadi jalan pintas beberapa orang untuk menurunkan berat badan. Sering disebut 'ampuh', Putri Miftakhul Jannah beberkan fakta-fakta teh daun jati Cina. Apa saja?

WowKeren - Menurut Putri, penggunaan obat-obat pencahar seperti teh daun jati Cina memang bukan hal yang dilarang. Pada kondisi medis tertentu seperti gangguan konstipasi akut, beberapa dokter akan meresepkan salah satu jenis obat pencahar untuk melancarkan BAB. Meski demikian, obat pencahar termasuk teh daun jati Cina ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari. Sebab, konsumsi yang berlebihan akan membawa efek samping negatif dalam jangka waktu panjang.

"Obat (pencahar) tersebut kalau dikonsumsi jangka panjang akan ada efek samping negatif. Pencahar itu enggak boleh dikonsumsi setiap hari karena hanya boleh diminum sesuai peresepan dokter kalau ada permasalahan konstipasi parah, sampai enggak BAB 3-5 hari. Tapi, belum tentu itu teh daun jati Cina," jelas Putri. "Ada beberapa opsi yang mungkin lebih aman dari segi medis atau farmakologi dan dosisnya lebih terukur. Sedangkan, teh-teh diet yang dipasarkan secara bebas, dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari. Jadi, itu sangat berbahaya."

Sebelum mengonsumsi obat-obat pencahar, ada baiknya untuk menangani secara alami terlebih dahulu jika ada keluhan. Cara ini bisa dilakukan dengan mengonsumsi lebih banyak makanan tinggi serat dan simbiotik (gabungan antara prebiotik dan probiotik). Tak lupa juga untuk minum air putih secara teratur. Apabila kondisi tidak membaik, barulah dianjurkan untuk konsumsi pencahar, namun dengan dosis yang tepat.

(wk/yoan)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel