SAH! 11 Potret Akad Nikah Bintang Emon dan Alca Octaviani: Mahar Nikah Gak Kaleng-Kaleng
YouTube/Bintang Emon
Selebriti

Bintang Emon dan Alca Octaviani melangsungkan prosesi akad nikah di The Tribrata Dharmawangsa, Jakarta pada Minggu (24/7) kemarin. Acara tersebut berjalan lancar dan khidmat.

WowKeren - Komika Bintang Emon akhirnya resmi melepas status lajangnya dengan mempersunting sang pujaan hati, Raden Alca Octaviani. Proses akad pernikahan Bintang dan Alca berlangsung di The Tribrata Dharmawangsa, Jakarta pada Minggu (24/7) kemarin.

Prosesi pernikahan Bintang yang mengusung adat Betawi itu ditayangkan secara live melalui kanal YouTube miliknya. Bintang dan Alca mengenakan busana pasangan pengantin yang bernuansa perak. Akad tersebut dimulai pada pukul 14.30 WIB ini dihadiri oleh keluarga dan kerabat dekat kedua mempelai. Selebgram Arief Muhammad juga turut hadir sebagai saksi pernikahan dari pihak mempelai wanita. Pasalnya, Alca memang sebelumnya bekerja di perusahaan milik Arief.

Bintang dan Alca telah resmi menyandang status sebagai suami istri. Jalinan asmara mereka bahkan nyaris tak terendus oleh media karena mereka jarang mengumbar kemesraan. Namun, keduanya mengumumkan telah bertunangan pada 15 Mei 2022. Sudah resmi menjadi pasangan halal, yuk intip potret mereka di pernikahan!

(wk/raud)

1. Mempelai Pria Memasuki Ruang Akad


Mempelai Pria Memasuki Ruang Akad
YouTube/Bintang Emon

Bintang tampil gagah dalam balutan beskap, peci, serta celana panjang perak yang dipadu dengan kain warna emas dan selop warna senada. Bintang film "Orang Kaya Baru" ini terlihat memasuki ruang akad dengan didampingi oleh keluarga.

2. Tradisi Palang Pintu Khas Betawi


Tradisi Palang Pintu Khas Betawi
YouTube/Bintang Emon

Sesampai di hadapan keluarga mempelai wanita, Bintang harus menjalani adat palang pintu khas betawi. Ini merupakan tradisi yang menjadi bagian dari upacara pernikahan dengan saling berbalas pantun dan pertunjukan bela diri sederhana.

3. Bintang Emon Bersama Orang Tua Mempelai Wanita


Bintang Emon Bersama Orang Tua Mempelai Wanita
YouTube/Bintang Emon

Usai menyelesaikan prosesi palang pintu, Bintang kemudian diapit oleh kedua orangtua Alca. Mereka pun berjalan berdampingan menuju tempat mengucapkan ijab qabul. Ekspresi tegang tergambar jelas di wajah Bintang.

4. Paras Tegang Bintang Emon


Paras Tegang Bintang Emon
YouTube/Bintang Emon

Sesampainya di meja ijab qobul, Bintang terus menunjukkan wajah serius dan tegang. Ia seolah tak bisa menutup perasaan gugup ketika mempersiapkan diri untuk mengucapkan ijab kabul. Sedangkan sang mempelai wanita berada di ruangan berbeda. Meski begitu, Alca meminta restu kepada orangtuanya untuk menikah dengan pria pilihannya.

5. Momen Ijab Qobul


Momen Ijab Qobul
YouTube/Bintang Emon

Salah satu momen terbaik adalah pengucapan ijab qabul. Sebelum ijab kabul, terlebih dulu dilakukan pembacaan ayat Al Quran. Setelahnya adalah momen yang paling ditunggu-tunggu, pengucapan ijab qabul oleh Bintang. Prosesi ini dipimpin oleh wali nikah yang merupakan ayah Alca sendiri. Bintang dengan mantap mengucapkan ijab qabul dalam satu tarikan nafas. Ekspresi lega langsung terukir di wajah Bintang.

6. Mempelai Wanita Memasuki Tempat Akad


Mempelai Wanita Memasuki Tempat Akad
YouTube/Bintang Emon

Selanjutnya, Alca memasuki tempat akad dengan didampingi kakak tercinta, Abdi Ramadhan. Sang mempelai wanita terlihat cantik dan anggun dengan balutan kebaya bernuansa perak dan siangko khas Betawi, yakni mahkota yang dikenakan pengantin perempuan Betawi dilengkapi cadar dari emas atau perak.

7. Kedua Mempelai Bertemu


Kedua Mempelai Bertemu
YouTube/Bintang Emon

Senyum bahagia tak luput dari wajah Bintang ketika berhadapan langsung dengan sang istri. Alca sendiri langsung mencium tangan Bintang yang kini telah resmi menjadi suaminya. Di sisi lain, tatapan mata Bintang ke Alca sukses membuat netizen baper.

8. Maskawin Gak Kaleng-Kaleng


Maskawin Gak Kaleng-Kaleng
YouTube/Bintang Emon

Bintang menikahi Alca dengan mas kawin yang gak kaleng-kaleng. Maskawin yang diberikan Bintang untuk mempersunting Alca adalah alat salat serta uang 2407 dolar atau setara dengan 36 juta rupiah. Nilai maskawin tersebut merujuk pada tanggal pernikahan Bintang dan Alca, yakni 24 Juli.

9. Penyematan Cincin Nikah


Penyematan Cincin Nikah
YouTube/Bintang Emon

Acara dilanjut dengan penyematan cincin antara pasangan. Baik Bintang maupun Alca terlihat bahagia kini telah sah menjadi suami istri. Kedua mempelai pun menunjukkan cincin yang tersemat di jari manis tangan kanan mereka masing sembari tersenyum lebar.

10. Pamer Buku Nikah


Pamer Buku Nikah
YouTube/Bintang Emon

Sah menjadi suami istri, Bintang dan Alca memamerkan buku nikah mereka ke publik. Sang host juga sempat menggoda Bintang yang semakin bahagia sejak berstatus suami. Raut bahagia dan penuh cinta tampak semakin terpancar dari kedua mempelai.

11. Proses Sungkeman Penuh Haru


Proses Sungkeman Penuh Haru
YouTube/Bintang Emon

Terakhir ada prosesi sungkeman dari pengantin ke para orangtua. Prosesi ini berlangsung penuh haru biru. Baik Bintang, Alca, maupun orangtua masing-masing tak bisa menahan air mata mereka.

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait