Birthday Spotlight: Happy Huening Bahiyyih Day
Selebriti

Dalam rangka ulang tahun Huening Bahiyyih yang jatuh pada Rabu (27/7), tim redaksi WowKeren akan mengulas tuntas perjalanan karier member Kep1er untuk Birthday Spotlight kali ini. Yuk, simak selengkapnya.

WowKeren - Huening Bahiyyih Kep1er baru saja merayakan ulang tahun ke 18 (perhitungan umur internasional) yang jatuh pada Rabu (27/7). Birthday Spotlight kali ini hadir menemani pembaca setia WowKeren untuk mengupas tuntas perjalanan hidup sang idol cantik.

Sebelum menjadi member Kep1er, Huening Bahiyyih telah dikenal sebagai adik Huening Kai TXT. Bukan tanpa alasan, kabar mengenai talenta Bahiyyih tersebar luas sejak ia berstatus trainee. Hingga pada akhirnya kemunculan Bahiyyih dalam program audisi girl grup "Girls Planet 999" menghebohkan penggemar K-Pop.


Kerja kerasnya terbayar, Bahiyyih akhirnya resmi memulai karier sebagai idol awal tahun 2022 ini. Bahkan Bahiyyih digadang-gadang menjadi salah satu member Kep1er terpopuler.

Tanpa perlu berlama-lama lagi, yuk simak perjalanan Huening Bahiyyih sejak sebelum debut hingga kini.

(wk/inta)

1. Pra Debut


Pra Debut

Bahiyyih Jaleh Huening lahir di Seongbuk-gu, Seoul, Korea Selatan, pada 27 Juli, 2004. Ayahnya, Nabil David Huening adalah penyanyi dan persona televisi berkewarganegaraan Brazil-Amerika Serikat dan ibunya wanita Korea bernama Jung Yeon Ju.

Tumbuh di keluarga multikultural, Huening Bahiyyih adalah bungsi dari tiga bersaudara. Kakak tertuanya, Lea Huening pernah debut dengan girl grup VIVA pada tahun 2017. Sedangkan Huening Kai memulai karier bersama TXT sejak 2019 yang menjadi salah satu representasi boy grup generasi 4.

Nama Huening Bahiyyih sudah lebih dulu dikenal sebagai trainee berbakat. Hingga pada Juli tahun lalu, terungkap Bahiyyih berpartisipasi dalam survival "Girls Planet 999". Tiga hari sebelum babak final, Bahiyyih menandatangani kontrak sebagai trainee Play M Entertainment yang akhirnya menjadi IST Entertainment.

2. Debut


Debut

Meski memulai perjalanan di "Girls Planet 999" tanpa menjadi kandidat TOP9, Huening Bahiyyih berhasil bertahan hingga final. Di babak penentuan, Bahiyyih keluar sebagai runner up dengan poin 923.567 dan 525.465 suara. Menjadikannya member terakhir Kep1er.

Mengambil jeda hanya beberapa bulan sejak final, Kep1er dipersiapkan debut pada Desember tahun lalu. Namun karena Mashiro dan Xiaoting dinyatakan positif COVID-19, jadwal rilis EP "First Impact" terpaksa diundur hingga 3 Januari 2022.

Dengan lagu utama "Wa Da Da", Kep1er memenangkan peringkat pertama acara musik "M Countdown" pada 13 Januari 2022. Dengan kata lain, debut Huening Bahiyyih bersama Kep1er terbilang sukses.

3. Puncak Karier


Puncak Karier

Huening Bahiyyih belum merasakan puncak karier, mengingat Kep1er baru debut awal tahun 2022 ini. Akan tetapi, popularitas Bahiyyih dan Kep1er sama sekali tidak diragukan.

Hanya sebulan sejak debut, Kep1er ditunjuk menjadi salah satu kontestan "Queendom". Dalam survival girl grup dan solois wanita tersebut, Huening Bahiyyih beserta teman segrupnya harus melawan artis-artis yang lebih senior. Meski demikian, Kep1er tidak gentar sama sekali dengan menampilkan panggung-panggung yang indah kendati berakhir di peringkat ke-5.

Pada comeback terbaru Kep1er baru-baru ini, fancam individu Huening Bahiyyih jadi paling banyak dilihat kedua setelah Ezaki Hikaru. Selain itu, porsinya menyanyi di album "Doublast" meningkat daripada sebelumnya.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo

Baru debut kurang dari setahun, Huening Bahiyyih belum punya aktivitas solo. Kep1er saat ini tengah memperkuat posisinya di industri dengan mempromosikan lagu baru mereka yang bertajuk "Up!".

Dengan fanbase internasional kuat, Huening Bahiyyih kerap menjadi member dengan fancam yang paling banyak ditonton. Bahkan sejak hari-hari di "Girls' Planet 999", Bahiyyih selalu mendapatkan angka fantastis dalam hal jumlah tontonan fancam.

5. Kontroversi


Kontroversi
Mnet

Huening Bahiyyih luar biasa populer saat berkompetisi di "Girls' Planet 999". Besarnya dukungan internasional rupanya tidak selalu berbuah manis, fansite Bahiyyih kala itu sempat memicu kontroversi atas indikasi kecurangan.

Kontroversi suara Bahiyyih bermula ketika fansite membagikan foto banyak kartu SIM di Twitter. Kartu SIM terdebut diduga telah dipersiapkan untuk mengirim voting kepada Huening Bahiyyih. Setelah tudingan negatif semakin parah, fansite tersebut mengklarifikasi bahwa kartu SIM tersebut telah dipakai sebelumnya untuk voting peserta program "I-LAND".

Tak sampai di sana saja, keluarnya Bahiyyih sebagai juara 2 "Girls Planet 999" juga menuai kritik. Sering kali haters melayangkan komentar Bahiyyih populer hanya karena adik dari Huening Kai yang sudah lebih dulu terkenal, Bahkan paman Bahiyyih sampai meminta agensi menangani komentar jahat yang sudah kelewat batas.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Bersama Kep1er, Huening Bahiyyih telah menyelesaikan promosi EP "Doublast" dengan lagu "Up!" sebagai andalan. Album terbaru mereka telah memecahkan rekor penjualan minggu pertama dengan total 287,109 copy. Selain itu, lagu debut mereka "Wa Da Da" telah didengar sebanyak 100 juta kali di Spotify.

Saat ini Kep1er tengah mempersiapkan debut Jepang pada 9 September 2022 mendatang. Rencananya mereka akan merilis single "Fly Up" untuk dipromosikan di Jepang.

Selain musik, Huening Bahiyyih akan berpartisipasi dalam "Idol Star Atheltics Championship 2022" yang akan tayang liburan Chuseok mendatang. Proses syuting akan dilakukan pada 30 Juli-1 Agustus.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru