Sutradara 'Anna' Protes Tindakan Sepihak Coupang Play, Pengacara: Itu Pelanggaran Berat
Coupang Play
TV
Drama Baru Bae Suzy

Melalui kuasa hukumnya, sutradara Lee Joo Young yang mengarahkan 'Anna' menyatakan bahwa Coupang Play telah melakukan pelanggaran hak cipta. Berikut penjelasan lengkapnya.

WowKeren - Perseteruan antara sutradara "Anna" Lee Joo Young dan Coupang Play belum menemui titik terang. Terbaru, pengacara Song Young Hoon yang mewakili sang sutradara mengungkap "sikap buruk" dari Coupang Play.

Sebelumnya, sutradara Lee Joo Young melalui kuasa hukumnya menyatakan bahwa jumlah episode "Anna" telah dipangkas dan diedit secara sepihak oleh Coupang Play. Hal ini akhirnya dinilai sebagai bentuk pengrusakan terhadap drama tersebut.

Sutradara Lee Joo Young sendiri sempat meminta Coupang Play untuk menghapus namanya dari kredit "sutradara" dan "skenario". Namun permintaan ini tetap saja tak digubris oleh Coupang Play.

Pengacara Song Young Hoon akhirnya menjelaskan posisinya saat melakukan wawancara telepon dengan OSEN. Ia menyatakan bahwa Coupang Play konsisten diam meski sutradara terus menyatakan protes.

Pengacara Song Young Hoon menuturkan, "Kami telah mempublikasikannya untuk saat ini. Sejauh ini, Coupang Play secara konsisten diam kepada kami. Mereka tampaknya sedang mempersiapkan jawaban segera. Kami akan menunggu Coupang Play untuk mengumumkan posisi mereka."

Lebih lanjut, pengacara Song Young Hoon menyatakan niatnya untuk menempuh jalur hukum. Mneurutnya, hal itu merupakan bentuk pelanggaran hak cipta sehingga kliennya akan menuntut ganti rugi.

"Kami akan mempertimbangkan tindakan hukum seperti apa yang akan kami ambil setelah melihat posisi Coupang Play. Namun, jika hak cipta pencipta asli dikesampingkan secara sepihak, itu akan dianggap sebagai alasan ganti rugi," tegas pengacara Song Young Hoon.


Dia menambahkan, "Bahkan jika drama telah ditransfer berdasarkan kontrak, hak cipta tetap ada pada pemegang hak cipta. Perbuatan Coupang Play merupakan pelanggaran berat terhadap hak pencipta untuk menjaga identitas karyanya."

Pengacara Song Young Hoon kemudian merinci permintaan sutradara Lee Joo Young. Pertama, sutradara menginginkan permintaan maaf resmi dari Coupang Play. Kedua, ia meminta file master delapan episode "Anna" untuk dirilis sebagai "versi sutradara".

Ketiga, sutradara ingin namanya dihapus dari versi enam episode "Anna" yang telah dirilis sebelumnya. Terakhir, dia ingin Coupang Play menyatakan bahwa mereka tidak akan melakukan pengeditan secara sepihak di masa depan.

"Jika mereka memenuhi persyaratan, kami akan mempertimbangkannya dan membuat posisi tambahan jika kami anggap perlu. Dan jika kami menerapkan tindakan hukum, kami akan mengumumkan bahwa kami akan melakukannya," pungkas pengacara Song Young Hoon.

Sementara itu, "Anna" bercerita tentang seorang gadis yang bernama Lee Yumi yang diperankan oleh Suzy. Dia lahir dari keluarga miskin dengan ayah seorang penjahit dan ibu yang tidak dapat berbicara.

Yumi yang cerdas dan cantik mulai mengalami beragam kemalangan usai hubungan asmaranya dengan guru musik terungkap. Ia terpaksa pindah sekolah dan gagal diterima di perguruan tinggi yang diinginkan.

Setelah itu Yumi melakukan kebohongan demi kebohongan hingga akhirnya memalsukan identitasnya sebagai Lee Anna. Lee Anna sendiri merupakan mantan atasan Yumi di galeri seni dan dia digambarkan sebagai wanita sempurna yang kehidupannya membuat iri semua orang.

(wk/eval)

You can share this post!

Related Posts