Ada Banyak Idol yang Jatuh Saat Berkompetisi, Isu Keamanan 'ISAC 2022' Jadi Perhatian Serius
TV
ISAC 2022

Program kompetisi olahraga para idol 'Idol Star Athletics Championships' (ISAC 2022) kembali menuai kontroversi yang berkaitan dengan masalah keamanan. Berikut penjelasan lengkapnya.

WowKeren - "Idol Star Athletics Championships" (ISAC) kembali kembali digelar usai hiatus karena pandemi COVID-19. Kompetisi olahraga ini telah terlibat dalam berbagai kontroversi yang berkaitan dengan keselamatan para idol dan durasi syuting yang panjang.

Meski sudah berkali-kali mendulang kontroversi, pihak penyelenggara tampaknya tak belajar pada pengalaman. Sebelumnya, mereka melarang hadirin untuk makan dan minum serta meninggalkan venue meski syuting berlangsung selama 15-16 jam.

Kebijakan itu akhirnya diubah usai mendapat kritik keras dari penggemar. MBC akhirnya mengizinkan penonton minum di dalam lokasi syuting dan mereka diperbolehkan meninggalkan lokasi untuk istirahat makan.

Masalah lain muncul saat syuting sedang berlangsung. Hal itu diungkapkan oleh seorang penggemar yang menonton syuting "ISAC 2022" di Goyang Gymnasium di Ilsan, Goyang-si, Gyeonggi-do. Melalui sebuah postingan online, dia mengatakan bahwa para idol terjebak dalam situasi berbahaya selama kompetisi estafet berlangsung.

Dia mengatakan bahwa ada empat idol pria yang jatuh saat balapan. Menurutnya, insiden itu disebabkan karena kualitas sepatu sponsor yang mereka gunakan kurang baik.

Sepatu yang mereka gunakan adalah "Ugly Shoes" dari merek tertentu. Sepatu ini didesain khusus dengan outsole besar bermodel vintage dengan berbagai warna cerah.

Namun sepatu ini tidak cocok digunakan untuk berolahraga karena desain keseluruhannya kasar serta model tumit yang tinggi. Sayangnya, beberapa idol diberi sepatu ini untuk dipakai selama kompetisi sebagai barang dari sponsor.


Kekhawatiran penggemar pun terjadi. Seorang idol yang menggunakan "Ugly Shoes" terjatuh saat berbelok di tikungan trek. Tiga orang lainnya yang menggunakan sepatu yang sama juga mengalami insiden serupa.

Ada Banyak Idol yang Jatuh Saat Berkompetisi, Isu Keamanan \'ISAC 2022\' Jadi Perhatian Serius

Source: Allkpop

Para penggemar maupun netizen pun mengkritik tim produksi karena tidak mengantisipasi bahaya dan mempertimbangkan keselamatan para idol saat berlari menggunakan sepatu tersebut. Apalagi, mereka harus berkompetisi di lintasan yang licin.

"Hentikan saja program ini. Idol yang tidak bersalah ini terus terluka setiap hari tanpa mendapatkan hasilnya," ujar seorang netizen. "Bisakah kita menyingkirkan 'ISAC'? Atau setidaknya gelar saja e-sports agar mereka tidak sampai terluka," imbuh netizen yang lain. "Apakah mereka mencoba memelintir pergelangan kaki para idol ini?" timpal yang lain.

"Aku tidak percaya mereka masih menggunakan trek licin itu untuk berlari," kata netizen yang lain. "Ini sangat berbahaya. Sudah ada begitu banyak cedera serius tapi tidak ada yang diubah. Mereka seharusnya menghentikan pertunjukan," sahut netizen lainnya dan masih banyak lagi.

Masalah keamanan memang bukan isu baru selama penyelenggaraan "ISAC" karena sejumlah idol telah terluka selama berkompetisi. Contohnya Jin BTS (Bangtan Boys) yang terluka hidungnya selama "ISAC 2016".

Bahkan Woohyun Infinite mengalami cedera ligamen bahu yang tidak dapat disembuhkan usai berpartisipasi dalam "ISAC 2014". Meski demikian, tim produksi menyatakan, "Sepertinya itu bukan cedera besar."

(wk/eval)

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait