Sudah Masuk Indonesia, Begini Cara Menggunakan Fitur NFT di Instagram
Pixabay/geralt
Tekno

Dalam artikel kali ini, tim redaksi WowKeren akan menghadirkan cara penggunaan fitur NFT di Instagram yang baru masuk ke Indonesia akhir pekan lalu. Simak informasinya berikut ini.

WowKeren - Instagram telah menghadirkan fitur non-fungible token (NFT) di 100 negara, termasuk Indonesia, usai diuji coba di Amerika Serikat pada bulan Mei lalu. Hal ini disambut dengan antusias karena dapat membuka peluang yang lebih besar bagi para kreator.

Sebagai informasi, NFT adalah salah satu aset digital yang dapat digunakan sebagai bukti kepemilikan barang dan dapat dibeli dengan mata uang kripto. Ini meliputi beragam bidang seperti karya seni, video klip, musik, game dan banyak lainnya.

Meski sudah ada sejak beberapa tahun lalu, NFT mulai mencuri perhatian masyarakat Indonesia pada awal tahun ini karena fenomena Ghozali Everyday. Betapa tidak, pria bernama Sultan Gustaf Al Ghozali ini mampu mendulang miliaran rupiah hanya dengan berjualan foto selfie di salah satu marketplace NFT terbesar, OpenSea.


Keberhasilannya pun menginspirasi banyak orang untuk mencoba peruntungan serupa dan hal itu menjadi semakin mudah karena difasilitasi oleh Instagram. Pasalnya, fitur baru ini memungkinkan para kreator untuk membagikan koleksi digital mereka di Instagram.

Bahkan Pieter Lydian selaku Country Director untuk Meta di Indonesia berharap agar fitur ini bisa mendukung peluang ekonomi masyarakat. "Kami berharap fitur ini bisa membuka peluang yang lebih besar lagi untuk para kreator memonetisasi kreativitas mereka di Instagram, serta mendukung peluang ekonomi yang akan diberikan oleh Metaverse untuk Indonesia," ujar Pieter di Instagram, Jumat (5/8).

Karena baru dirilis di Indonesia, ada banyak orang yang bertanya-tanya tentang cara penggunaan fitur tersebut. Oleh karena itulah WowKeren akan menghadirkan beberapa langkahnya dalam artikel berikut ini:

(wk/eval)

1. Cara Menghubungkan ke Dompet Digital


Cara Menghubungkan ke Dompet Digital
Pexels/Ivan Samkov

Fitur NFT di Instagram meliputi tiga hal dan yang pertama adalah menghubungkan dompet digital. Fitur ini memungkinkan para kreator dan kolektor untuk memilih NFT mana yang akan mereka bagikan di Instagram.

Dalam penerapannya, kalian bisa menghubungkan satu atau beberapa dompet digital sekaligus ke akun Instagram. Namun perlu diketahui bahwa setiap dompet hanya bisa dihubungkan ke satu akun Instagram saja. Simak langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Buka akun Instagram milikmu
  2. Klik foto profil yang terletak di sebelah kanan atas lalu pilih "Settings" atau "Pengaturan"
  3. Pilih "Digital Collectibles" atau "Koleksi Digital" yang terletak di menu sebelah kiri
  4. Kemudian pilih dompet digital yang ingin dihubungan dan klik "Continue" atau "Lanjutkan"
  5. Setelah itu, muncul notifikasi tentang permintaan password dompet digital
  6. Jika diminta, kalian hanya perlu mengikuti petunjuk di layar untuk menghubungkan aplikasi dompet digital yang kalian pilih
  7. Selanjutnya akan muncul notifikasi kedua di layar
  8. Klik "Sign" atau "Masuk" lalu konfirmasi dengan pilih "Ok"
  9. Selesai

2. Berbagi Koleksi Digital


Berbagi Koleksi Digital
Pexels/ANTONI SHKRABA

Aspek kedua dari fitur NFT di Instagram adalah berbagi koleksi digital. Setelah koleksi digital diunggah oleh kreator atau kolektor, akan muncul "efek berkilau" yang dapat menampilkan informasi publik seperti deskripsi NFT. Selain itu, postingan terkait juga akan terlihat di profil Instagram mereka.

Ada dua cara untuk membagikan koleksi digital di Instagram. Pertama adalah dengan membuat postingan baru, simak panduannya berikut ini:

  1. Buka akun Instagram milikmu
  2. Klik bagian atas layar kemudian pilih "Post"
  3. Lalu klik di atas library ponsel
  4. Selanjutnya klik dompet digital yang telah terhubung
  5. Kemudian pilih koleksi digital yang ingin kalian bagikan
  6. Klik "Share to Feed" atau "Bagikan ke Feed" di bagian "Digital Collectibles" atau "Koleksi Digital"
  7. Tambahkan deskripsi untuk menarik lebih banyak perhatian
  8. Terakhir, klik "Share" atau "Bagikan"
  9. Selesai

Sedangkan yang kedua melalui pengaturan profil. Berikut panduannya:

  1. Masuk ke akun Instagram milikmu
  2. Klik foto profil yang terletak di bagian kanan bawah
  3. Lalu tap ikon tiga garis yang ada di sebelah kanan atas
  4. Pilih "Digital Collectibles" atau "Koleksi Digital"
  5. Kemudian klik dompet digital yang terhubung
  6. Selanjutnya pilih koleksi digital yang ingin kalian bagikan
  7. Di bagian "Digital Collectibles" atau "Koleksi Digital", pilih opsi "Share to Feed" atau "Bagikan ke Feed"
  8. Jangan lupa beri deskripsi agar terlihat semakin menarik
  9. Klik "Share" atau "Bagikan"
  10. Selesai

Adapun aspek ketiga dari fitur NFT di Instagram adalah penandaan otomatis dari kreator dan kolektor. Di sini, kalian akan ditandai secara otomatis di koleksi digital yang telah kalian buat atau miliki, namun tergantung pada pengaturan privasi yang telah kalian tetapkan.

Nah itu dia beberapa langkah mudah untuk menggunakan fitur NFT di Instagram beserta cara membagikan koleksi digital di dalamnya. Dalam artikel berikutnya, WowKeren akan memberikan beberapa tips mempromosikan NFT di Instagram yang wajib banget kalian antisipasi. Stay tune ya.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru