Birthday Spotlight: Happy Huening Kai Day
Selebriti
Birthday Spotlight

Untuk merayakan ulang tahun Huening Kai TXT yang jatuh pada Minggu (14/8) besok, tim redaksi WowKeren akan mengulas tuntas riwayat hidup dan perjalanan karier kakak Huening Bahiyyih Kep1er tersebut.

WowKeren - Rubrik Birthday Spotlight kembali hadir untuk menemani akhir pekan pembaca setia WowKeren. Untuk merayakan ulang tahun Huening Kai TXT, tim redaksi akan mengulas tuntas riwayat hidup dan perjalanan karier pelantun lagu "Crown" tersebut.

Nama Huening Kai pasti sudah tak asing bagi penggemar K-Pop. Anggota termuda TXT ini dikenal sebagai salah satu idol berbakat dengan beragam pesona mematikan. Pencapaiannya dengan TXT membuatnya dikenal sebagai salah satu idol generasi 4 yang paling sukses di industri musik Korea.

Karena itulah Huening Kai memiliki banyak penggemar yang tersebar di berbagai belahan dunia. Hal itu juga membuat penampilannya di berbagai acara menjadi topik hangat di kalangan penggemar. Tak perlu lama-lama lagi, langsung saja yuk intip seperti apa perjalanan karier Huening Kai di industri hiburan Korea Selatan sejak sebelum debut hingga kini!

(wk/eval)

1. Pra Debut


Pra Debut

Huening Kai lahir dengan nama Kai Kamal Huening pada 14 Agustus 2002 di Honolulu, Hawaii, Amerika Serikat. Ibu Huening Kai adalah wanita asli Korea yang bernama Jung Yeonju. Sedangkan ayahnya yang bernama Nabil David Huening adalah orang Amerika keturunan Polandia, Skotlandia, dan Jerman yang lahir di Brazil.

Huening Kai adalah anak kedua dari tiga bersaudara. Kakak perempuannya adalah Lea, mantan anggota girl grup VIVA yang sempat berpromosi selama dua tahun. Sedangkan adiknya adalah Huening Bahiyyih, salah satu member Kep1er yang debut berkat program "Girls Planet 999".

Bakat seni Huening Kai berasal dari ayahnya yang juga berstatus sebagai musisi. Ayah Huening Kai merilis album berjudul "Virtues In Us" dalam bahasa Inggris dan Cina pada tahun 2007. Selain itu, idol tampan ini juga menguasai enam bahasa sekaligus yakni Inggris, Korea, Jepang, Mandarin, Jerman dan Portugis.

2. Debut


Debut

Huening Kai adalah anggota ketiga TXT yang diperkenalkan oleh Big Hit Entertainment. Video perkenalan Huening Kai pertama kali dirilis oleh Big Hit Entertainemt pada tanggal 15 Januari 2019. Karena visual dan pesonanya yang menawan, Huening Kai langsung menjadi topik hangat di berbagai media sosial setelah diperkenalkan.

Wacana untuk mendebutkan "adik" BTS (Bangtan Boys) sudah diumumkan oleh Bang Si Hyuk sejak 2017. Namun mereka baru memulai debut resminya pada 4 Maret 2019 dengan merilis album "The Dream Chapter: STAR". Mereka menggelar showcase debut sehari kemudian di Yes24 Live Hall.

Debut mereka terbilang sangat sukses. Video musik dari single utama "Crown" berhasil meraih 14,5 juta tayangan di YouTube dan memecahkan rekor untuk MV debut boy grup K-Pop yang paling banyak ditonton dalam kurun waktu 24 jam.

3. Puncak Karier


Puncak Karier

Huening Kai bersama TXT terus membuat rekam jejak yang membanggakan selama tiga tahun berkarier di industri hiburan. Meski kerap dijuluki sebagai "adik" BTS, mereka berhasil bersinar dengan caranya sendiri dan menjadi salah satu boy grup generasi keempat yang paling diperhitungkan.

Mereka telah meraih banyak penghargaan di berbagai acara musik seperti Asia Artist Awards, Melon Music Awards, Mnet Asian Music Awards, Golden Disc Awards, Gaon Chart Music Awards dan Seoul Music Awards. Promosi mereka di luar negeri juga semakin meluas dan mereka bahkan ditunjuk sebagai duta merek untuk produk perawatan kulit Korea It's Skin.

TXT telah menciptakan banyak lagu populer yang viral di mana-mana, seperti "Blue Hour", "LO$ER=LO♡ER", "0×1=LOVESONG" hingga "PS5". Beberapa waktu lalu TXT bahkan diumumkan sebagai pemenang Hero of the Year di NME Awards 2022, yang menjadikan mereka sebagai artis Korea pertama yang menerima penghargaan tersebut.

NME Awards sendiri merupakan penghargaan musik tahunan di Inggris yang dimulai oleh majalah musik NME. Ajang ini digelar untuk mengapresiasi insan di industri musik, film hingga budaya selama satu tahun terakhir.

Sebelumnya Hero of the Year telah dimenangkan oleh sejumlah musisi dan tokoh kenamaan dunia. Seperti Lady Gaga, Beyonce Knowles, Barack Obama,Liam Gallagher, Ozzy Osbourne, Ariana Grande, Gerard Way hingga Alex Turner dari Arctic Monkeys.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo

Huening Kai dikenal sebagai genius music karena kemampuan bermusiknya yang luar biasa. Dia tak hanya pandai menyanyi dan memainkan banyak alat musik, namun juga mahir dalam menulis lirik lagu dan aktif sebagai komposer TXT.

Di antara deretan karyanya sebagai penulis lirik dan komposer adalah "Roller Coster", "Way Home", "Wishlist", "Ghosting", "Maze in the Mirror", "Dear Sputnik", "No Rules" dan "MOA Diary (Dubaddu Wari Wari)".

Selain itu, Huening Kai juga pernah menjadi DJ acara radio EBS "Listen" bersama rekan setimnya, Taehyun. Mereka membawakan program tersebut selama empat bulan sejak Januari hingga April 2021.

5. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

TXT diketahui sedang menggelar tur dunia bertajuk "2022 TOMORROW X TOGETHER WORLD TOUR ACT : LOVE SICK". Tur ini dimulai di Korea pada 2 Juli dan berlanjut ke sejumlah negara di Amerika dan Asia.

TXT telah merampungkan tur di Amerika pada 24 Juli dan mereka akan melanjutkan tur di kawasan Asia mulai 3 September. Indonesia menjadi salah satu negara yang dikunjungi TXT dan mereka akan menggelar konser di Jakarta pada 12 Oktober mendatang.


You can share this post!

Artikel Terkait