Beber Kronologi Mima Shafa Alami Gangguan Mental, 8 Potret Kedekatan Mona Ratuliu dengan Sang Putri
YouTube/MIC - MONA INDRA CHANNEL
Selebriti

Mona Ratuliu membeberkan kronologi Mima Shafa menderita gangguan mental. Bersama Indra Brasco, ia mengaku mengalami perjalanan panjang dan terus belajar menjadi orangtua yang mampu memenuhi apa yang dibutuhkan anaknya itu.

WowKeren - Pada awal Agustus lalu, publik dibuat terkejut akan kabar bahwa Mima Shafa, putri sulung pasangan selebriti Mona Ratuliu dan Indra Brasco melakukan percobaan bunuh diri lantaran berjuang menghadapi gangguan mental. Mima mengunggah video singkat bagaimana ia menghadapi masa-masa sulit dan bergelut dengan depresi hingga ingin mengakhiri hidup.

Lantas pada Senin (15/8) kemarin, Mona, Mima dan Indra buka suara lewat unggahan YouTube mereka. Mona membeberkan kronologi sang buah hati berjuang melawan gangguan mental serta perannya sebagai orang tua yang senantiasa berusaha memberikan yang terbaik untuk Mima.


Terungkap bahwa Mima mengalami masa-masa sulit sejak kecil hingga puncaknya pada beberapa waktu belakangan ia speak up lewat media sosial. Sebagai ibu, Mona berusaha memahami apa yang terjadi dengan sang putri. Ia tak ragu membawa sang anak ke dokter hingga psikolog untuk mengetahui apa yang terjadi dengan si sulung.

Kedekatan Mima dan Mona memang jarang tersorot di media namun, ia merupakan sosok mother figure idaman yang memperhatikan kesehatan buah hatinya. Ia berusaha menjadi ibu yang baik bahkan mempelajari ilmu parenting. Berikut sederet momen Mona dan Mima.

(wk/rosi)

1. Mima Alami Sesak Nafas Sejak SD


Mima Alami Sesak Nafas Sejak SD
YouTube/MIC - MONA INDRA CHANNEL

Mona menceritakan bahwa mulanya Mima erap mengalami sesak napas namun. Mima menambahkan bahwa sejak masih SD memang dirinya mengalami sesak napas. Kala itu, Mona menganggap sang putri mengalami gangguan pernapasan sehingga berinisiatif ke dokter gerd. Namun Mona justru disarankan untuk membawa Mima ke psikolog.

2. Periksakan Mima ke Tenaga Porfesional


Periksakan Mima ke Tenaga Porfesional
YouTube/MIC - MONA INDRA CHANNEL

Mona menceritakan bahwa Mima awalnya sering mengalami sesak nafas dan membawanya ke dokter spesialis anak. Namun dokter justru menyarankan Mona untuk membawa Mima dan ke dokter kesehatan mental. Baik Mona atau Mima saat itu sama-sama bingung kala itu kenapa malah dianjurkan ke psikolog namun akhirnya mencobanya. Terutama saat itu kesadaran mental tak banyak diketahui.

Singkat cerita Mima kemudian mendapat perawatan dari tenaga profesional. Bertahun-tahun Mima berkonsultasi dengan psikolog serta psikiater dibawah perhatian kedua orangtuanya. Sempat stabil namun gangguan tersebut kembali hadir. Saat duduk di kelas 3 SMA, ia merasa mendapat serangan panik serta cemas berlebihan.

3. Mona Ibu Muda Di Usia 21 Tahun


Mona Ibu Muda Di Usia 21 Tahun
YouTube/TRANS TV Official

Mima merupakan anak sulung di mana Mona melahtikannya di usia yang sangat muda, yaitu 21 tahun. Saat menjadi bintang tamu di "Pagi Pagi Ambyar", Mona merasa bersalah dalam mengasuh anak karena ia melahirkan di usia muda. Namun seiring berjalannya waktu, Mona memperbaiki diri dan meminta maaf kepada putrinya itu. Saat Mima menderita gangguan mental, tak bisa dipungkiri Mona merasa bersalah.

4. Mona Gercep Belajar Demi Mima


Mona Gercep Belajar Demi Mima
YouTube/TRANS TV Official

Mona bersama sang suami memiliki perjalanan panjang untuk menjadi orangtua. Ia bercerita dulu sempat melontarkan kata-kata "ABG kok lebay" serta "kamu harus bersyukur" karena tidak paham perihal kesehatan mental. Beruntungnya mereka gercep belajar untuk bisa lebih memahami Mima.

5. Adaptasi sebagai Orangtua


Adaptasi sebagai Orangtua
Instagram/monaratuliu

Seiring pemahamannya terhadap dunia psikologi meningkat, Mona menjelaskan dirinya sebagai orang tua yang harus beradaptasi memberikan apa yang dibutuhkan sang putri. Mima yang dulu belum tentu sama dengan yang sekarang. Di samping itu, Mima juga menjelaskan perihal pengobatan yang dijalaninya. Salah satu obat yang dikonsumsi adalah mood stabilizer. Mona juga menjelaskan bahwa obat menyesuaikan dengan kondisi Mima.

6. Berharap Kisah Mereka Menjadi Inspirasi


Berharap Kisah Mereka Menjadi Inspirasi
YouTube/MIC - MONA INDRA CHANNEL

Mima memiliki kepedulian terhadap kesehatan mental sehingga apa yang menimpa dirinya bisa menjadi inspirasi untuk orang lain. Banyak orang diluar sana yang mengalami hal serupa dengan Mima dan gadis berusia 19 tahun ini memberikan pesan agar bercerita. Di sisi lain Mona juga memuji Mima karena telah mempercayainya dan berani bercerita. Menurutnya berani bercerita adalah suatu langkah yang luar biasa bagi mereka yang berjuang dengan kesehatan mental.

7. Bergandengan Tangan Antara Orangtua dan Anak


Bergandengan Tangan Antara Orangtua dan Anak
YouTube/MIC - MONA INDRA CHANNEL

Mona dan Mima berharap kisah mereka bisa menjadi pelajaran berharga bagi orang-orang di luar sana. Masa remaja merupakan masa yang sulit bagi anak maupun orangtua maka sebaiknya bergandengan tangan dalam mengatasinya.

Mona juga berharap pada para orangtua ketika anaknya merasa tak nyaman maka tak takut membawa ke tenaga profesional. Mendengarkan keluhan anak dan menjadi sahabat untuk anaknya. Mona dan Indra sendiri juga siap menjadi pendengar yang baik untuk anak-anak mereka.

8. Pesan Mona untuk Para Orangtua


Pesan Mona untuk Para Orangtua
Instagram/monaratuliu

Perihal kejadian yang menimpa keluarga kecilnya, Mona menyampaikan pesan dan ungkapan hatinya dari sudut pandang orangtua. Tante Kesha Ratuliu itu menyebut jika setiap orangtua akan sangat mudah menunjukkan cinta saat sang buah hati menjadi sesuai keinginan mereka. Namun menurutnya, cinta yang sama seharusnya juga ditunjukkan saat anak-anak menghadapi masa terpuruk mereka.

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait