Dewi Lestari Legowo, Pesan Reza Gunawan Bak Sudah Lama Persiapkan Kematian Terkuak
Instagram/rezagunawan
Selebriti

Dewi Lestari berusaha ikhlas atas meninggalnya suami tercinta, Reza Gunawan. Sikap legowo Dewi ini terilhami dari sosok Reza yang ternyata sudah belajar mengikhlaskan diri sejak kondisi kesehatannya menurun beberapa waktu lalu.

WowKeren - Dewi Lestari berusaha tegar atas kepergian sang suami, Reza Gunawan, pada 6 September. Sehari setelah Reza meninggal, Dewi menuliskan pesan haru.

"Fisiknya tak lagi di sini, tetapi kenangan tentangnya, cinta yang ia pancarkan, ilmu yang ia ajarkan, prinsip yang ia junjung, dan segala sentuhan penyembuhan yang telah ia bagikan, akan selalu bersama dengan kita," kata Dewi mencoba legowo. "Terima kasih atas segala perhatian, dukungan, doa baik, dari kawan semua. Sabbe sankhara anicca. Segala sesuatu yang terbentuk akan selalu berubah dan tidaklah kekal. Semoga kebajikan dan karma baik Reza semasa hidup dapat mendekatkannya kepada kebebasan sempurna."

Sementara itu, sikap legowo Dewi ini agaknya terilhami dari Reza. Semasa hidup, Reza ternyata pernah menyampaikan pesan tentang kematian.


Sadar kondisi kesehatan menurun, pakar holistik berusia 46 tahun ini sudah sejak lama mempersiapkan kematiannya. Ia berusaha rileks dan meyakini bahwa kematian adalah sesuatu yang alami dan akan terjadi pada siapa saja.

"Semua ujungnya mati, rileks," demikian tulisan di postingan Reza pada 2021. "Kematian adalah hal yang natural, sama seperti kelahiran. Salah satu guru saya berujar “belajarlah mati, agar kamu mengerti bagaimana caranya hidup.” Sejak mengalami kendala kesehatan 2 tahun lalu, hampir setiap saat saya mempersiapkan diri untuk menerima mati dengan ikhlas, baru hari ini sadar mengapa batin saya cenderung rileks / jarang parno terkait pandemi berkepanjangan ini. Kalau hasil ujungnya sudah diterima, lewat mana jalannya semakin tak penting. Begitu banyak yang di luar kendali kita, apalagi kelakuan orang lain. Semoga yang sudah mati, beristirahat dalam tenang, dan yang masih hidup, menerima ujung kematian dengan rela."

Unggahan lama Reza ini menuai reaksi haru dari publik yang kagum atas kebijaksanaannya. Bukan cuma itu, video lama Reza bersama sang putri, Atisha, juga memicu reaksi haru. Dalam video, Reza bak mengisyaratkan dansa terakhir bersama Atisha yang mulai beranjak remaja.

Sebelumnya, Reza meninggal usai berjuang melawan stroke. Mantan suami Dewi, Marcell Siahaan, berduka dan sempat mengenang pertemuan terakhir dengan Reza yang penuh haru. Sedangkan Vidi Aldiano mengungkap sifat mulia Reza yang membantu "menyelamatkan" hidupnya.

(wk/riaw)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru