Publik Diizinkan Melihat-Beri Penghormatan Terakhir Pada Ratu Elizabeth II, Begini Pedoman Aturannya
AP/Jane Barlow
Dunia

Peti mati mendiang Ratu Elizabeth II diketahui telah tiba di Edinburgh. Setelah itu, peti mati Ratu Elizabeth II akan diterbangkan ke London, dan disemayamkan di Gedung Parlemen Istana.

WowKeren - Mendiang Ratu Elizabeth II sebelumnya meninggal dunia di Balmoral, Skotlandia. Kini Ratu Elizabeth II telah memulai "perjalanan" terakhirnya melalui Skotlandia pada Minggu (11/9) waktu setempat.

Ribuan orang pun berbaris di jalan dan pinggir jalan saat peti mati kayu ek dibawa dari retret musim panas Kastil Balmoral yang dicintai mendiang ratu, tempat dia meninggal pada hari Kamis, ke Edinburgh.

Melansir The Associated Press, sebelum dibawa ke Edinburgh, Raja baru akan berjalan di belakang peti mati ibunya saat perlahan-lahan diangkut dari Holyroodhouse ke Katedral St. Giles, di mana mahkota Skotlandia akan diletakkan di peti mati sebelum kebaktian doa dan refleksi pada hidup dan 70 tahun pemerintahan raja yang sangat dihargai.

Kemudian, peti mati Ratu Elizabeth II akan dibaringkan di katedral selama 24 jam, memberi anggota masyarakat kesempatan untuk melewati dan memberi penghormatan. Setelah itu, pada hari Selasa (13/9), akan diterbangkan ke London di mana peti mati akan disemayamkan di Gedung Parlemen Istana dari Rabu (14/9) sore hingga pagi pemakaman pada 19 September.

Di samping itu, pihak berwenang juga telah mengeluarkan aturan dan pedoman bagi masyarakat yang ingin memberi penghormatan di London, dengan antrean panjang yang diperkirakan akan terjadi. Adapun bagi masyarakat yang ingin memberi penghormatan terakhir kepada Ratu Elizabeth II saat berada di Gedung Parlemen di London harus bersiap untuk menunggu lama.

Adapun pedoman yang telah diterbitkan oleh pemerintah adalah bagi masyarakat yang ingin mengajukan melewati peti mati tertutup mendiang ratu karena terletak di Istana Westminster dari pukul 5 sore (16.00 GMT) Rabu hingga 6:30 pagi (05.30 GMT) pada 19 September, diharapkan ingin memberi penghormatan kepada satu-satunya raja yang pernah dikenal banyak orang di Inggris.

Aturan itu sendiri diumumkan satu hari setelah ribuan orang berbaris di jalan dan jembatan pada Minggu (11/9), ketika mobil jenazah membawa peti mati Ratu Elizabeth II melintasi pedesaan Skotlandia dari Kastil Balmoral tercinta ke Edinburgh.


"Jika Anda ingin menghadiri Lying-in-State, harap dicatat bahwa akan ada antrean, yang diperkirakan akan sangat panjang. Anda harus berdiri berjam-jam, mungkin semalaman, dengan sangat sedikit kesempatan untuk duduk karena antrean akan terus bergerak," ujar Departemen Digital, Budaya, Media dan Olahraga dalam pedomannya, dilihat dari The Associated Press, Senin (12/9).

"Kerumunan besar diperkirakan terjadi, dan kemungkinan akan ada penundaan transportasi umum dan penutupan jalan di sekitar area tersebut," lanjut Kementerian.

Selanjutnya, pengunjung juga harus melewati pengamanan ala bandara dan hanya boleh membawa satu tas kecil dengan satu bukaan resleting. Sementara untuk tas yang lebih besar dapat disimpan di fasilitas khusus, tetapi hanya jika ada ruang yang tersedia.

Lalu, Kementerian menyarankan masyarakat untuk membawa barang-barang penting saat menunggu lama yang berpotensi terkena elemen apa pun yang dapat dilemparkan pada awal musim gugur di London, seperti payung atau tabir surya, bank daya ponsel dan obat-obatan yang diperlukan.

Di sisi lain, makanan arau cairan apapun tidak diizinkan melewati pemeriksaan keamanan di Gedung Parlemen, termasuk juga tidak akan ada bunga atau upeti lainnya seperti lilin, mainan atau foto.

Kemudian, masyarakat yang hendak melakukan penghormatan terakhir juga diminta menghormati martabat acara tersebut dan berperilaku dengan tepat. "Anda harus tetap diam saat berada di dalam Istana Westminster," lanjut pedoman tersebut sembari menambahkan agar masyarakat yang datang berpakaian sopan dan mematikan ponsel sebelum melewati keamanan.

Adapun daftar hal yang dilarang dilakukan adalah merekam, memotret, menggunakan ponsel atau perangkat genggam lainnya di area pencarian keamanan atau di dalam Istana Westminster, serta membawa atau mendirikan gazebo atau tenda, barbeque ringan dan api unggun.

Dalam hal itu termasuk juga kembang api, tabung asap, suar, peluit, perangkat laser dan barang-barang lainnya yang dapat digunakan untuk menyebabkan gangguan serta spanduk, plakat, bendera, iklan atau pesan pemasaran.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait