Masa Berkabung Telah Berakhir, Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II Akan Dimulai
AFP/Yui Mok
Dunia

Setelah meninggalnya Ratu Elizabeth II, masa berkabung berlangsung selama 10 hari. Namun kini masa berkabung telah berakhir dan prosesi pemakaman Sang Ratu segera dimulai.

WowKeren - Pada Senin (19/9), pemakaman Ratu Elizabeth II akan diberlangsungkan. Menjelang pemakaman Ratu Elizabeth II, Inggris juga telah mengheningkan cipta pada Minggu (18/9), sebagai penghormatan kepada Sang Ratu.

Di samping itu, masa berkabung saat ini juga telah berakhir, dan pemakaman kenegaraan yang akan menarik presiden dan raja, pangeran dan perdana menteri hingga jutaan orang yang berbaris di jalan-jalan London untuk mengatakan final selamat tinggal kepada seorang raja yang pemerintahannya berlangsung selama 7 dekade itu segera dimulai.

Berdasarkan informasi yang didapat dari The Associated Press, hari yang penuh dengan acara pemakaman di London dan Windsor dimulai lebih awal ketika pintu Westminster Hall yang berusia 900 tahun ditutup untuk pelayat setelah ratusan ribu orang telah mengajukan di depan peti matinya sejak 14 September lalu.

Di samping itu, banyak dari mereka yang menghabiskan malam yang dingin di luar ruangan demi untuk memberikan penghormatan mereka di kaki peti mati terbungkus bendera ratu dalam curahan kesedihan nasional yang mengharukan.


Sementara itu, dengan ditutupnya aula pun menandai dari empat hari penuh peti mati yang dibaringkan dan dimulainya pemakaman kenegaraan pertama Inggris sejak yang diadakan pada tahun 1965 silam untuk Winston Churchill, yang merupakan pertama dari 15 perdana menteri selama pemerintahan Ratu Elizabeth. Di sisi lain, dua hari sebelum kematian Ratu, Liz Truss ditunjuk sebagai PM baru Inggris menggantikan Boris Johnson.

Di antara para pelayat terakhir, diketahui yang tergabung dalam barisan untuk melihat peti mati adalah Tracy Dobson dari Hertfordshire, tepat di utara London. "Saya merasa seperti saya harus datang dan memberikan penghormatan terakhir saya kepada ratu agung kami, dia telah melakukan banyak hal untuk kami dan hanya sedikit terima kasih dari orang-orang," ujar Dobson dalam keterangannya, dilihat Senin (19/9).

Pada hari pemakaman Ratu Elizabeth II juga dinyatakan sebagai hari libur umum untuk menghormati Sang Ratu. Nantinya, pemakamannya akan disiarkan langsung ke lebih dari 200 negara dan teritori di seluruh dunia dan ditayangkan kepada orang banyak di taman dan ruang publik di seluruh Inggris.

Petugas polisi dari seluruh negeri pun disebut akan bertugas sebagai bagian dari operasi kepolisian satu hari terbesar dalam sejarah London. Untuk pemakaman Ratu Elizabeth II sendiri, diketahui bahwa peti matinya nanti akan dibawa dari Westminster Hall, di seberang jalan menuju Westminster Abbey, dengan kereta meriam kerajaan yang ditarik oleh 142 pelaut Royal Navy. Kereta ini yang sama digunakan untuk membawa peti mati mendiang raja Edward VII, George V dan George VI, dan Churchill.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait