Diisukan Dekat dengan Larissa Chou, Ini Fakta Menarik Pembalap Rio Haryanto yang Jarang Diketahui
Instagram/larissachou/rharyantoracing
Selebriti
Isu Kedekatan Rio Haryanto dan Larissa Chou

Sosok Rio Haryanto sendiri merupakan figur publik yang cukup populer. Ia merupakan seorang pembalap profesional bahkan pernah mewakili Indonesia di ajang bergengsi F1.

WowKeren - Kabar kedekatan yang melibatkan nama artis Tanah Air selalu sukses membuat publik merasa penasaran. Terutama jika menyangkut nama populer, seperti yang saat ini tengah ramai menjadi perbincangan yakni Rio Haryanto dan Larissa Chou. Baru-baru ini keduanya diisukan tengah dekat.

Isu tersebut muncul pertama kali setelah sahabat mendiang Ustaz Arifin Ilham, Hanny Kristianto, tiba-tiba membocorkan kabar bahwa Larissa Chou akan segera menikah. Mantan istri Muhammad Alvin Faiz tersebut diduga akan menikah dengan pembalap Rio Haryanto. Tak pelak kabar ini pun dengan cepat menjadi pembicaraan publik.

Namun kekinian, Hanny justru membuat klarifikasi untuk meluruskan kabar yang beredar. Melalui unggahan di media sosialnya, ia menegaskan bahwa dirinya sama sekali tidak pernah menyebut bahwa pria yang dimaksud adalah Rio Haryanto.


Sementara itu, bantahan justru datang dari pihak Rio Haryanto. Rio Haryanto segera menepis kabar ini dan mengatakan bahwa berita itu tidaklah benar. Adapun Larissa Chou, manajernya sempat buka suara dengan mengatakan bahwa Larissa Chou dan Rio Haryanto memang sempat dikenalkan namun keduanya belum pernah bertemu secara langsung.

Namun, terlepas dari kabar tersebut, sosok Rio Haryanto sendiri merupakan figur publik yang cukup populer. Ia merupakan seorang pembalap profesional bahkan pernah mewakili Indonesia di ajang bergengsi F1. Namun di luar itu, ada banyak fakta terkait Rio Haryanto yang juga tak kalah menarik untuk diketahui.

Untuk itu melalui artikel ini, tim WowKeren ingin mengajak para pembaca sekalian untuk melihat lebih jauh fakta menarik apa saja dari Rio Haryanto yang belum banyak diketahui. Berikut ulasan lengkapnya.

(wk/zodi)

1. Pembalap Pertama RI yang Berlaga di Ajang F1


Pembalap Pertama RI yang Berlaga di Ajang F1
Instagram/rharyantoracing

Rio Haryanto menjadi pembalap Indonesia pertama yang berhasil tembus untuk berkiprah di ajang bergengsi F1. Pada Februari 2016, Manor Racing selaku tim balap F1, resmi mengumumkan Rio sebagai pembalapnya untuk musim 2016 untuk mendampingi Pascal Wehrlein.

F1 merupakan ajang balap mobil paling bergengsi di dunia sehingga tak ayal jika prestasi Rio ini patut dibanggakan. Dia melakukan debutnya di F1 di Australian Grand Prix pada Maret 2016, yang tampil di posisi 19. Lalu pada bulan berikutnya, Rio tampil di Sirkuit Internasional Bahrain dengan finish di posisi 17.

2. Mengawali Kariernya pada Balap Gokart


 Mengawali Kariernya pada Balap Gokart
Instagram/rharyantoracing

Sebelum sukses mengharumkan nama Indonesia untuk berlaga di ajang balap F1, Rio telah mengawali kariernya pada skala yang lebih kecil yakni di balap gokart pada tahun 2002. Dalam balapan itu, dia menang sebagai Juara Nasional Gokart kelas kadet. Karier Rio pun semakin melejit seiring berjalannya waktu.

Rio pernah menjuarai Formula BMW Pasifik musim 2009. Dia juga pernah mendapat kesempatan untuk tampil di Formula BMW Eropa sebagai pembalap tamu di seri Monza. Di Benua Eropa, Rio memulai kariernya dengan berlaga di Seri GP3. Dia juga membalap di seri GP2 pertama kali pada tahun 2012.

3. Mengikuti Jejak Ayahnya Sebagai Pembalap


Mengikuti Jejak Ayahnya Sebagai Pembalap
Instagram/rharyantoracing

Rupanya, jiwa pembalap sudah diwarisi oleh Rio dari sang ayah. Dia merupakan putra bungsu dari empat bersaudara pasangan Sinyo Haryanto dan Indah Pennywati. Sang ayah, pernah aktif di dunia balap sampai tahun 2003. Begitu pula dengan kakaknya, mereka juga pernah berkecimpung di dunia balap.

Ayah Rio kemudian beralih menjadi seorang pengusaha, yang mana jejak itu juga akhirnya diikuti oleh Rio. Ayah Rio memiliki usaha percetakan buku tulis dengan merek Kiky. Sedangkan pengenalan Rio kepada dunia otomotif sudah dimulai sejak dia masih kecil.

4. Gemar Melakukan Aktivitas Air


Gemar Melakukan Aktivitas Air
Instagram/rharyantoracing

Rio Haryanto juga diketahui kerap melakukan aktivitas olahraga air. Hal itu diketahui dari sejumlah postingan di akun Instagram miliknya yang mengunggah aktivitas tersebut. Dalam salah satu unggahannya, terlihat Rio tengah menikmati waktu santainya di Lombok. Di unggahan terpisah, ia tampak tengah duduk di atas kapal bersiap untuk melakukan aktivitas diving.

Bukan hanya diving, dalam salah satu unggahan foto lawasnya, tampak Rio tengah menikmati pasir pantai dengan beralaskan papan selancar. Melalui keterangan di unggahan tersebut, Rio Haryanto sedang berada di salah satu pantai yang ada di Pacitan, Jawa Timur.

5. Gemar Bermain Golf


Gemar Bermain Golf
Instagram/rharyantoracing

Selain jago menyetir mobilnya di sirkuit, Rio Haryanto rupanya juga gemar bermain golf. Rio Haryanto mengakui bahwa di tengah kesibukannya, dia kerap bermain golf saat beristirahat dari pertandingan. Selain melakukannya sebagai hiburan, golf menurutnya menawarkan kenikmatan tersendiri.

Rio sendiri mulai menyukai golf sejak akhir 2012. "Ada keasyikannya. Saya main golf lebih untuk refreshing," ujar Rio. Sampai sekarang, Rio Haryanto tampaknya juga masih menyukai olahraga itu. Hal tersebut terlihat dari unggahan Instagram-nya baru-baru ini. Dalam foto tersebut, tampak Rio Haryanto tengah melakukan kegiatan golf bersama rekan-rekannya.

6. Sepuluh Tahun Jadi Pembalap Mobil


Sepuluh Tahun Jadi Pembalap Mobil
Instagram/rharyantoracing

Rio memulai kariernya sebagai pembalap profesional pada tahun 2010 di benua Eropa dengan berlaga di GP3 Series bersama tim Marussia Manor Racing. Dia berhasil memenangkan balapan di Istanbul dan menduduki posisi 5 di akhir klasmen. Rio sempat absen dari dunia balap internasional hingga kemudian kembali melaju di sirkuit lewat T2 Motorsport.

Bersama tim kolaborasi Singapura dan Indonesia tersebut, Rio berkompetisi di ajang Blancpain GT World Challenge Asia. Selain itu, Rio juga pernah membalap di seri Asian Le Mans Series musim 2019/2020. Bersama David Tjipto dan Christian Colombo, tim T2 Motorsports berhasil menyelesaikan balapan di posisi empat.

7. Menjadi Pengusaha Sejak 2017


Menjadi Pengusaha Sejak 2017
Instagram/rharyantoracing

Memiliki karier yang cemerlang di bidang balap mobil, rupanya Rio Haryanto ingin beralih ke bidang bisnis. Pria kelahiran Solo 22 Januari 1993 ini mulai terjun ke dunia bisnis pada awal 2017 sebagai seorang pengusaha. Ia melanjutkan usaha percetakan ayahnya. Tak hanya itu, Rio Haryanto yang merupakan anak bungsu dari empat bersaudara ini juga mengembangkan bisnis kuliner.

Dia diketahui memiliki dua resto. Yang pertama adalah Restoran Grandis Barn yang dirintisnya pada 2019 lalu lalu dan yang kedua adalah resto dengan konsep kebun jati yang tak jauh dari tempat usaha pertama. "Latar belakang membuka restoran baru karena berkaca dari Grandis sehingga membuat lebih besar lagi," ucapnya beberapa waktu lalu.

8. Menyukai Wanita yang Cerdas


Menyukai Wanita yang Cerdas
Instagram/rharyantoracing

Sebelumnya, Rio Haryanto juga sempat berbicara mengenai spek pasangan idaman. Boleh dibilang, Rio bukanlah pria yang neko-neko. Pasalnya dalam pengakuannya beberapa waktu lalu, dia menyukai seorang wanita yang pengertian dan cerdas. Rio Haryanto sendiri tak begitu terbuka mengenai kehidupan asmaranya.

Beberapa waktu lalu, Rio pernah mengaku bahwa dirinya sudah memiliki pasangan. Namun meski enggan secara gamblang menyebut siapa wanita yang beruntung itu, dia mengatakan yang jelas wanita tersebut adalah sosok yang intelektual. "Sudah (tertawa). Dia yang pasti intelektual, saya suka wanita yang intelektual," ujarnya.

9. Pernah Diisukan dekat dengan Yuki Kato


Pernah Diisukan dekat dengan Yuki Kato
Instagram/rharyantoracing/yukikt

Tengah ramai diisukan dekat dengan Larissa Chou, tak heran jika perjalanan Rio Haryanto kembali mencuat ke publik. Dia bahkan pernah dikabarkan dekat dengan artis Tanah Air Yuki Kato. Hal itu terjadi ketika Yuki terciduk mengunggah foto Rio di akun Instagram pada tahun 2019 lalu.

Namun, kabar ini dengan segera ditepis oleh Yuki Kato. Dia mengatakan bahwa akun Instagram miliknya sedang dibajak. Lebih lanjut, ia mengakui bahwa dirinya dan Rio Haryanto memang berteman. "Wah, best friend, sahabatan. Halo, sobat. Kayaknya kita di dunia kayak gini saling kenal satu sama lain ya," ucapnya beberapa waktu lalu.

10. Bukan ke Mal, Kerap Diajak Main ke Sirkuit Saat Masih Kecil


Bukan ke Mal, Kerap Diajak Main ke Sirkuit Saat Masih Kecil
Instagram/rharyantoracing

Saat berbincang dengan Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah II dalam video yang diunggah oleh akun YouTube, Rio Haryanto mengakui bahwa orang tuanya memang telah membiasakan Rio dengan dunia balap sejak kecil. Berbeda dengan anak-anak pada umumnya, Rio Haryanto tidak diajak pergi ke mal untuk menghabiskan waktu.

Dalam pengakuannya, Rio mengatakan bahwa hampir setiap akhir pekan, orang tuanya kerap mengajaknya ke sirkuit untuk latihan. "Mungkin hampir setiap Sabtu-Minggu saya selalu diajak main ke sirkuit mungkin kalau anak muda mainnya ke mal kalau saya malah ada di sirkuit untuk latihan," ujarnya.

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait