Cinta Laura dan 8 Figur Publik Ini Berjiwa Sosial Peduli Pendidikan, Ada yang Dirikan Sekolah Gratis
Pixabay
Selebriti

Selain berkecimpung di dunia hiburan untuk menghibur publik melalui layar kaca, sejumlah artis ada yang mendedikasikan diri untuk membantu orang-orang di sekitarnya.

WowKeren - Pendidikan merupakan salah satu aspek penting untuk menemani proses tumbuh kembang seseorang sejak kecil. Tak mengherankan jika proses pembelajaran pun dibagi menjadi beberapa jenjang mulai dari pendidikan anak usia dini hingga bangku universitas. Namun sayangnya, tak semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk mengenyam pendidikan.

Keterbatasan ekonomi tak jarang menjadi penyebab sulitnya anak-anak mendapatkan akses ke pendidikan yang layak. Kondisi seperti inilah yang mendorong orang-orang baik di luar sana untuk tergerak hatinya membantu mereka yang tidak mampu tersebut. Tak sedikit pula artis Tanah Air yang memiliki jiwa sosial tinggi hingga aktif terlibat dalam kegiatan-kegiatan sosial semacam itu.


Selain berkecimpung di dunia hiburan untuk menghibur publik melalui layar kaca, para selebriti ada yang mendedikasikan diri untuk membantu orang-orang di sekitarnya. Beberapa dari mereka bahkan ada yang mendirikan yayasan khusus untuk mendukung gerakan sosial yang mereka lakukan. Yayasan tersebut juga berperan untuk memberikan bantuan dari penggalangan dana yang dilakukan.

Selain itu, tak jarang pula artis yang memiliki jiwa sosial tinggi sangat peduli dengan dunia pendidikan. Hal itu dibuktikan dengan dedikasi mereka untuk membangun sekolah yang disediakan untuk membantu anak-anak kurang mampu mengakses pendidikan. Tak hanya mematok biaya yang sangat terjangkau, bahkan sekolah yang didirikan artis ada yang sama sekali tidak mematok biaya alias gratis.

Untuk itu melalui artikel ini, tim WowKeren ingin mengajak pembaca sekalian untuk mengetahui artis mana saja yang selain memiliki jiwa sosial tinggi, juga sangat peduli terhadap pendidikan. Berikut ulasan lengkapnya.

(wk/zodi)

1. Cinta Laura


Cinta Laura
Instagram/claurakiehl

Nama Cinta Laura sudah tak asing lagi di dunia hiburan Tanah Air. Selain memiliki keahlian di dunia tarik suara, kemampuan Cinta berakting di depan kamera juga tak perlu diragukan. Namun di luar itu semua, Cinta rupanya juga memiliki kepedulian yang tinggi terhadap dunia pendidikan. Dia bersama dengan keluarga memiliki yayasan Soekarsono Peduli.

Yayasan ini dibuat untuk meningkatkan standar pendidikan khususnya di wilayah Cijeruk. Pada Agustus 2008 lalu, Cinta telah meresmikan sekolah gratisnya yang ke-11 di Bogor. Tekad Cinta untuk mendirikan sekolah gratis memang tak main-main. Ia bahkan rela menyisihkan puluhan juta rupiah setiap bulan demi kelancaran sekolahnya itu.

2. Yuni Shara


Yuni Shara
Instagram/yunishara36

Kepedulian Yuni Shara terhadap dunia pendidikan dapat dilihat pada sebuah sekolah yang telah dibangunnya di Kota Batu. Sekolah itu diberi nama PAUD Cahaya Permata Abadi dan memiliki fasilitas lengkap serta nyaman. Yuni pun tak ingin membebani orang tua yang ingin menyekolahkan anak mereka di sana.

Hal itu terbukti dari kebijakan yang hanya mengharuskan orang tua murid untuk membayar sekitar Rp3.500. Meski berbiaya sangat murah, namun Yuni tetap memastikan untuk memberi layanan pendidikan lengkap. Bahkan jika dilihat dari unggahan Instagram, PAUD ini kerap menunjukkan berbagai prestasi membanggakan yang dilakukan oleh murid-muridnya.

3. Melanie Subono


Melanie Subono
Instagram/melaniesubono

Melanie Subono telah dikenal sebagai musikus yang aktif terlibat dalam gerakan sosial. Tak hanya gerakan terkait isu lingkungan namun juga kemanusiaan. Melanie kerap mengajak orang-orang untuk peduli terhadap lingkungan sekitar. "Kita enggak tahu hidup kita sampai kapan. Selagi kita bisa, ya kita lakuin hal-hal baik, enggak harus dengan rencana besar, spontan saja," ungkapnya.

Melanie juga mengelola sebuah organisasi bernama Rumah Harapan, yang terinspirasi dari Oprah Winfrey. Rumah Harapan telah tersebar di seluruh Indonesia dan berhasil mendirikan lebih dari sepuluh sekolah non-formal. "Tahun ke-13 ini kami telah punya klinik, sekolah jalanan, dan rumah sakit yang tersebar dari Aceh sampai Papua," ujarnya pada 2020 lalu.

4. Dian Sastro


Dian Sastro
Instagram/therealdisastr

Dian Sastro memiliki yayasan non-profit yang didirikan sejak tahun 2009 bernama Yayasan Dian Satrowardoyo (YDS). Yayasan ini memiliki tiga fokus utama yakni berkontribusi pada bidang pendidikan, pemberdayaan perempuan, dan budaya Indonesia. Dalam bidang pendidikan, YDS telah menyalurkan bantuan seragam hingga beasiswa.

Kepeduliannya pada dunia pendidikan juga terlihat ketika Dian menggalang dana untuk membantu anak-anak melangsungkan pembelajaran jarak jauh. "Masih banyak anak-anak yang tidak bisa mengakses internet sehingga tidak dapat melakukan PJJ. Karena itu, melalui yayasan yang saya bangun, saya juga menggalang dana untuk membantu anak-anak yang kurang mampu," ungkapnya pada 2020 lalu.

5. Ruben - Sarwendah


Ruben - Sarwendah
Instagram/bxb_hngkng

Sukses sebagai presenter dan pengusaha, Ruben Onsu juga memiliki kepedulian yang tinggi dalam bidang pendidikan. Hal itu terbukti ketika dia dan sang istri, Sarwendah, membangun sekolah gratis yang diberi nama Tempat Belajar Bunda Sarwendah di Jawa Barat. Saat membangun sekolah tersebut, Ruben merasa merasa prihatin dengan kualitas pendidikan di Sukabumi.

"Salah satu yang membuat kami tergerak itu karena kita tahu adik-adik di sana masih banyak yang belum bisa membaca, menulis, itu yang buat kami sangat tersentuh," kata Ruben. Di mata Ruben pendidikan merupakan hal yang penting untuk membangun bangsa. Oleh sebab itu, ia mengajarkan kepada anaknya untuk selalu rajin belajar dan bersyukur.

6. Oki Setiana Dewi


Oki Setiana Dewi
Instagram/okisetianadewi

Oki Setiana Dewi tak hanya dikenal sebagai penceramah yang populer di Indonesia, namun juga memiliki kepedulian tinggi di bidang pendidikan. Hal itu terbukti dari langkahnya yang mendirikan sebuah yayasan pendidikan berbasis agama Islam. Pada tahun 2016, ia mendirikan sebuah pondok pesantren bernama Maskanul Huffadz.

Yayasan ini memiliki fokus untuk menyediakan tempat tinggal dan pendidikan dengan beasiswa penuh kepada remaja muslim dan muslimah yang berusia 18-24 tahun. Program beasiswa akan berlangsung selama satu tahun untuk menghafalkan Al-Qur’an dan kembali mengajarkannya setelah selesai program menghafal.

7. Alena Wu


Alena Wu
Instagram/alenawuofficial

Selain dikenal populer sebagai aktris sekaligus penyanyi, Alena Wu rupanya memiliki jiwa sosial yang tinggi. Kepeduliannya pada dunia pendidikan membuatnya tergugah untuk mendirikan sekolah bagi anak-anak yang kurang mampu bernama Alena Sahabat Anak di daerah Senen, Jakarta Pusat.

Alena pun mengaku bahwa gerakannya untuk membuat sekolah bagi anak kurang mampu tidaklah mudah. Saat awal-awal merintis sekolah tersebut, Alena harus dihadapkan pada staf yang korupsi. "Sekitar setahun berjalan itu ada satu orang dalam tim aku yang istilahnya korupsi. Itu benar-benar break my heart banget, ya ampun ternyata bikin charity tuh susah banget ya, untuk hal yang baik aja ko orang bisa begitu," katanya.

8. Grup Musik Wali


 Grup Musik Wali
Instagram/bandwaliofficial

Grup musik kondang Tanah Air, Wali, juga tak kalah memiliki kepedulian terhadap dunia pendidikan. Pada tahun 2013 silam, grup musik tersebut mendirikan sebuah sekolah gratis yang diperuntukkan bagi masyarakat kurang mampu. "Nama sekolahnya Salami School, waktu sekolahnya Senin dan Kamis. Alhamdulillah sudah berjalan dari Oktober (2013)," kata sang gitaris, Apoy.

Salami School tak hanya bergerak pada bidang pendidikan namun juga menyediakan sarana pengobatan gratis. Apoy berharap bahwa langkah ini mampu memberikan manfaat bagi warga sekitar. Tak hanya berupaya meningkatkan taraf hidup masyarakat, pembangunan sekolah itu pun dipastikan tidak memiliki unsur komersial apa pun.

9. Dik Doank


Dik Doank
Instagram/nadaa.senja

Aktor sekaligus pembawa acara Dik Doank membangun sekolah bagi anak-anak kurang mampu, yang diberi nama "Kandank Jurank Doank". Adapun awal mula Dik membangun sekolah ini berangkat dari keprihatinannya terhadap nasib pendidikan sebagian anak-anak Indonesia yang terpuruk. Sekolah yang dirintis pada tahun 1993 ini semakin berkembang.

Seiring dengan perkembangan itu, Dik pun membuka berbagai macam kelas seperti kelas gambar, menari, dan kelas alat musik serta bahasa secara gratis. Selain KJD, Dik juga mendirikan Yayasan Dik Doank pada tahun 2004. Yayasan ini menaungi sekolah yang memperkenalkan pendidikan dan mengembangkan bakat anak-anak.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait