Kim Kardashian Dituntut Bayar Denda Rp 19,2 M Usai Promosikan Kripto Lewat Instagram
ABC
Selebriti

Kim Kardashian didenda Rp 19,2 miliar usai mempromosikan aset kripto melalui laman Instagram pribadinya. Promosi yang dilakukan Kim itu disebut telah melanggar undang-undang periklanan.

WowKeren - Kabar kurang menyenangkan datang dari selebriti Amerika Kim Kardashian. Pasalnya, Kim baru saja diminta untuk membayar denda sebesar 1,26 juta USD atau setara dengan Rp 19,2 sekian miliar.

Denda itu harus dibayarkan Kim usai ia mempromosikan aset kripto milik EthereumMax melalui laman Instagram-nya. Securities and Exchange Commission kemudian mendapati pelanggaran dibalik promosi tersebut.SEC menyebut Kim tak mengungkapkan bahwa kripto yang ia promosikan hanyalah iklan.

Diketahui, Kim dibayar 250.000 USD atau setara Rp 3,8 miliar untuk mengiklankannya. Kim juga diduga tak memberikan keterangan jelas terkait keamanan atau fakta lebih dalam terkait kripto tersebut. Kegagalan Kim untuk memberi tahu masyarakat bahwa ia tengah mengiklankan kripto dinilai telah melanggar undang-undang periklanan.

"Undang-undang sekuritas federal jelas bahwa setiap selebriti atau individu lain yang mempromosikan keamanan aset kripto harus mengungkapkan sifat, sumber, dan jumlah kompensasi yang mereka terima sebagai imbalan atas promosi tersebut," kata Gurbir S. Grewal selaku direktur Divisi Penegakan SEC melalui siaran pers.


"Investor berhak mengetahui apakah publisitas sekuritas tidak bias, dan Ms. Kardashian gagal mengungkapkan informasi ini," lanjut Grewal.

Terkait tuntutan tersebut, Kim disebut tak melakukan penolakan. Tim hukum Kim mengungkap mantan istri Kanye West itu bersedia untuk membayar denda yang diminta.

Ibu empat anak itu juga setuju bekerja sama dengan tim SEC dalam upaya penyelidikan. Imbas kasus ini, Kim disebut dilarang untuk mempromosikan kripto selama tiga tahun kedepan.

"MS Kardashian senang telah menyelesaikan masalah ini dengan SEC. Kardashian sepenuhnya bekerja sama dengan SEC sejak awal dan dia tetap bersedia melakukan apa pun untuk membantu SEC dalam masalah ini. Dia ingin menyelesaikan masalah ini untuk menghindari perselisihan yang berlarut-larut," kata pengacara Kim terkait respons sang artis. "Kesepakatan yang dia capai dengan SEC memungkinkan dia untuk melakukan itu sehingga dia dapat bergerak maju dengan banyak kegiatan bisnisnya yang berbeda."

(wk/Sisi)

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait