Terbaru Adipati Dolken dan Sang Istri, 10 Artis Ini Gelar Acara 7 Bulanan Pakai Adat Jawa
Instagram
Selebriti

Sejumlah artis Tanah Air menggelar acara tujuh bulanan dengan menggunakan adat Jawa. Adapun hal itu dimaksudkan untuk mengharapkan keselamatan saat proses lahiran.

WowKeren - Menikah adalah hal yang sakral bagi sebagian besar orang. Tidak bisa untuk main-main, pernikahan akan dilakukan dengan persiapan yang matang jauh-jauh hari sebelumnya. Setelah menikah, pada umumnya pasangan akan menunggu datangnya kabar gembira mengenai kehadiran buah hati mereka.

Kelahiran buah hati disebut-sebut bisa melengkapi kebahagiaan pasangan yang berumah tangga. Oleh sebab itu, tak ayal jika saat sedang hamil akan ada banyak hal-hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga keselamatan sang buah hati dan ibu yang mengandungnya. Tentu saja, hal itu juga menjadi karunia yang harus disyukuri.


Saat memasuki usia kandungan tujuh bulan, biasanya akan diadakan syukuran. Acara ini bisa digelar sesuai adat masing-masing, salah satunya dengan menggunakan adat Jawa. Adapun tujuannya adalah agar janin dalam kandungan senantiasa memperoleh keselamatan.

Dalam upacara ini ada serangkaian proses yang dilakukan, terutama yang paling menonjol adalah tradisi siraman. Hal ini dilakukan sebagai simbol pembersihan diri bagi calon ibu. Selain siraman, ada juga tahapan-tahapan lain seperti memecahkan telur, kelapa, hingga sungkeman.

Berbicara mengenai tradisi tujuh bulanan mitoni, tak sedikit artis Tanah Air yang melakukannya. Acara tersebut digelar secara khidmat dan biasanya dihadiri oleh keluarga besar. Untuk itu melalui artikel ini, tim WowKeren ingin mengajak pembaca untuk mengetahui artis mana saja yang menggelar acara tujuh bulanan dengan menggunakan konsep adat Jawa. Berikut ulasan lengkapnya.

(wk/zodi)

1. Adipati Dolken dan Canti Tachril


Adipati Dolken dan Canti Tachril
Instagram/adipati

Adipati Dolken dan istrinya Canti Tachril saat ini tengah menunggu kelahiran anak pertama mereka. Saat ini, usia kehamilan Canti sudah memasuki tujuh bulan sehingga untuk merayakannya, Adipati menggelar acara tujuh bulanan pada Jumat (28/5). Untuk acara ini, mereka menggunakan adat Jawa. Momen bahagia itu sempat diunggah di akun Instagram.

Dalam postingan itu, terlihat Adipati dan sang istri tampak serasi mengenakan busana bernuansa kuning. Adipati mengenakan beskap berwarna kuning yang senada dengan kemben yang dikenakan Canti. Dalam acara itu, juga terungkap jenis kelamin calon buah hati mereka, yakni perempuan.

2. Raffi Ahmad dan Nagita Slavina


Raffi Ahmad dan Nagita Slavina
YouTube/Nada Dan Cinta Buat UJE

Saat mengandung Rafathar beberapa waktu lalu, pasangan Raffi Ahmad yakni Nagita Slavina menggelar acara tujuh bulanan yang cukup unik. Pasalnya, acara tersebut digelar dengan mengusung dua adat. Dalam acara yang digelar pada hari Minggu 14 Juni 2015 lalu, Nagita menggelar tujuh bulanan dengan adat Jawa mulai pagi sampai siang.

Sedangkan di malam hari, ia menggelar acara baby shower yang identik dengan budaya Barat. Dalam acara baby shower ini, biasanya para tamu undangan akan memberikan kado kepada calon ibu dan buah hati. Menariknya, Nagita tak menyangka akan dibuatkan acara seperti itu. Dia pun sampai menangis terharu.

3. Arumi Bachsin dan Emil Dardak


Arumi Bachsin dan Emil Dardak
YouTube/Net Entertainment News

Arumi Bachsin memang sudah jarang terlihat di layar kaca. Ia telah dipersunting oleh Emil Elestianto Dardak pada tahun 2013 lalu, yang kini menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur. Saat mengandung anak keduanya, Arumi menggelar acara tujuh bulanan di kediaman keluarga besar Emil di Trenggalek.

"Yang pasti seru acaranya, di sisi lain ini adalah untuk melestarikan adat Jawa yang sudah ada dan syarat makna filosofi," kata Arumi. Adapun untuk menggelar upacara itu juga memerlukan persiapan. Pasalnya, harinya harus disesuaikan dengan kesibukan mereka. "Karena kalau adat Jawa itu 'kan ada hitungan weton dan lain sebagainya," tambahnya.

4. Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah


Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah
Instagram/aurelie.hermansyah

Pasangan Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah juga memilih adat Jawa untuk menggelar syukuran tujuh bulanan usia kandungan. Hal itu mengingat Aurel sendiri merupakan orang Jawa. Prosesi tujuh bulanan menurut adat Jawa sendiri juga memiliki banyak rangkaian. "Kan banyak banget prosesi adat Jawa tuh. Ada sungkeman, ada apa ya tadi banyak banget emang," kata Aurel.

Sedangkan bagi Atta, itu merupakan hal baru mengingat dirinya bukan orang Jawa. "Deg-degannya mungkin karena ini yah takut salah. Soalnya adat-adat gitu ya, gimana nanti, (cuma kan) pertama kali juga," kata Atta. Sebab, ia mengaku selama ini kesepuluh adiknya tidak pernah menjalani tradisi semacam itu.

5. Vicky Shu dan Ade Imam


Vicky Shu dan Ade Imam
Instagram/vickyshu

Prosesi tujuh bulanan yang mengusung konsep adat Jawa juga dilakukan oleh penyanyi Vicky Shu. Dalam acara itu, Vicky meminta doa agar dirinya diberi kelancaran sampai dengan proses kelahiran. "Buat syarat aja sih sama doa ya, supaya sampai dengan nanti lahir anaknya sehat selamat, ibu dan anaknya," katanya saat menggelar acara itu tahun 2018 lalu.

Setiap rangkaian proses yang dilakukan dalam acara tersebut sarat akan makna. Namun yang jelas, penyanyi tersebut ingin melestarikan budaya yang mulai banyak dilupakan. "Karena 'kan banyak yang sudah mulai berpaling dari budaya, kebetulan suami dan keluarganya orang Solo jadi pakai adatnya adat Solo," tambahnya.

6. Anang Hermansyah dan Ashanty


Anang Hermansyah dan Ashanty
YouTube/Keluarga A5

Sebagai orang Jawa, Ashanty memilih untuk melakukan prosesi tujuh bulanan dengan menggunakan adat tersebut. Keinginannya itu pun didukung oleh sang suami, Anang Hermansyah. Menurut mereka, hal itu sekaligus untuk melestarikan budaya Jawa. "Karena ingatkan anak-anak nanti juga untuk melestarikan adat sebagai orang Jawa," ujarnya.

Untuk urusan dekorasi, Ashanty memercayakan hal itu pada temannya sendiri. Yang jelas, ia menginginkan dekorasi yang bisa memberikan kesan adem. "Aku bilang aku minta dekornya gimana ya pengennya bunga-bunga yang adem gitu. Akhirnya dia kasih tema winter," ujarnya. Konsepnya yang sangat indah bahkan membuat Aurel berpikir itu seperti acara akad nikahan.

7. Yasmine Wildblood dan Abi Yapto


Yasmine Wildblood dan Abi Yapto
Instagram/yaswildblood

Saat mengandung buah hati pertamanya dengan Abi Yapto beberapa waktu lalu, Yasmine Wildblood memilih adat Jawa untuk menggelar acara syukuran tujuh bulanan. Hal itu diketahui dari unggahan Yasmine sendiri yang tampak bahagia. Ia terlihat anggun mengenakan kain batik yang dibalut ronce melati di bagian bahunya.

Ia terlihat duduk di samping guci besar yang berisi air bunga yang siap digunakan untuk melangsungkan upacara siraman. Acara tersebut juga dihadiri oleh rekan sesama artis seperti Eva Anindita dan Maruli Tampubolon. Kini, pernikahan Yasmine telah dikaruniai tiga orang anak. Anak ketiga mereka lahir pada akhir Agustus lalu.

8. Baim Wong dan Paula Verhoeven


Baim Wong dan Paula Verhoeven
YouTube/Baim Paula

Baim Wong dan istrinya, Paula Vehoeven, juga mengusung adat Jawa ketika menggelar acara syukuran tujuh bulanan beberapa waktu lalu. Baim bersyukur acara itu dapat berjalan dengan lancar meskipun persiapan yang dilakukan lumayan cepat. Pasalnya, mereka berdua baru saja pulang dari umrah. Beruntung, ia memiliki tim yang solid sehingga cara itu bisa terwujud dengan baik.

Paula merasa senang melihat suasana maupun dekorasi yang kental dengan adat Jawa. "Alhamdulillah acara 7 bulanan/mitoni kemarin berjalan lancar, dekorasi, dan suasananya kental dengan adat Jawa, yang sesuai aku mau simpel, elegan, dan bermakna," ujarnya. Terkait gagasan mitoni, rupanya itu berasal dari pihak Paula.

9. Zaskia Gotik dan Sirajuddin Mahmud


Zaskia Gotik dan Sirajuddin Mahmud
Instagram/zaskia_gotix

Zaskia Gotik dan sang suami, Sirajuddin Mahmud, baru saja menyambut kelahiran anak kedua mereka pada September lalu. Zaskia melahirkan putri keduanya itu melalui persalinan normal. Sebelum itu, keduanya sempat menggelar acara tujuh bulanan yang berlangsung di Balikpapan. Acara yang digelar menggunakan adat Jawa itu dihadiri oleh keluarga besar.

"Alhamdulilah berjalan lancar acara 7 bulanan di Balikpapan, terimakasih untuk keluarga besar di Balikpapan yang hadir , dan terimakasih suport-nya," katanya melalui unggahan Instagram beberapa waktu lalu. Momen itu berlangsung khidmat dengan Zaskia Gotik didampingi oleh sang suami tercinta saat melakukan siraman.

10. Nabilla Gomes dan Muhammad Reza


Nabilla Gomes dan Muhammad Reza
Instagram/nabillagomes

Tak ketinggalan, penyanyi Nabilla Gomes juga menggelar acara tujuh bulanan dengan konsep adat Jawa. Adapun alasannya karena saat menikah dulu, dia dan sang suami, Muhammad Reza, juga menggunakan adat yang sama. "Kan waktu itu kami menikah pakai adat Jawa, jadi harus diteruskan adatnya," katanya. Beberapa rangkaian acara termasuk pengajian dan memecahkan kelapa.

Nabilla mengaku dirinya cukup khawatir jika memikirkan tentang persalinan. Sementara itu, Reza sebagai suami yang siap siaga telah menyiapkan rumah sakit sekaligus dokternya. Nabilla telah melahirkan bayi perempuan pada Maret lalu. Dalam unggahan Instagram miliknya, ia mengungkap rasa haru, bahagia, dan nervous, yang campur aduk menjadi satu.

Nah, itulah tadi sederet artis yang melakukan acara syukuran tujuh bulanan dengan menggunakan adat Jawa. Terlepas dari apa pun adat yang diusung, doa adalah faktor yang tak kalah penting untuk memohon kelancaran segalanya, termasuk untuk kelahiran buah hati.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait