Terapkan Sekarang, Ini 8 Tips Jalani Frugal Living Demi Kesejahteraan Finansial
Pexels/Alexander Mils
SerbaSerbi

Dalam artikel kali ini, tim redaksi WowKeren akan memberikan tips menjalani frugal living, gaya hidup hemat yang bisa membuat kita cepat kaya. Bagaimana triknya?

WowKeren - Frugal living dianggap sebagai salah satu cara terbaik untuk menghemat keuangan di tengah kesulitan finansial. Pasalnya, konsep ini juga mengajarkan kita untuk meminimalisir pengeluaran tidak penting dan memperbanyak tabungan pribadi.

Karena alasan itu, frugal living disebut-sebut dapat membantu seseorang mencapai kesejahteraan finansial. Jika dilakukan secara konstan untuk jangka waktu yang lama, konsep ini juga bisa membuat kita cepat kaya.


Terkadang tidak mudah untuk menjalani gaya hidup hemat. Apalagi jika kita terbiasa dengan perilaku konsumtif dan kerap menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak penting. Karena itulah tak sedikit orang yang menyerah saat mulai menerapkan konsep ini.

Di sisi lain, mereka yang bertahan sampai akhir juga merasakan berbagai keuntungannya. Seperti memiliki banyak tabungan, meminimalisir stres akibat masalah keuangan, jadi lebih mandiri dan masih banyak lagi. Nah jika Anda ingin merasakan keuntungan serupa, sebaiknya ikuti tips menjalani gaya hidup frugal living berikut ini!

(wk/eval)

1. Catat Pengeluaran


Catat Pengeluaran
Pexels/Karolina Grabowska

Langkah pertama untuk memulai frugal living adalah dengan melacak pengeluaran. Anda bisa menggunakan aplikasi pengelola keuangan, mencatatnya di jurnal atau membuat tabel khusus di spreadsheet.

Setelah mencatat pengeluaran, mulai putuskan apa yang harus Anda lakukan selanjutnya. Jika memang harus mengubah anggaran, sebaiknya tetap prioritaskan kebutuhan pokok atau yang bersifat penting. Kesampingkan dulu keinginan untuk membeli barang-barang yang tidak bermanfaat.

2. Hemat Biaya Makan


Hemat Biaya Makan
Pexels/Kamaji Ogino

Salah satu hal yang bersifat krusial adalah biaya untuk makan sehari-hari sebab kerap mengacaukan anggaran yang telah kita susun sejak jauh-jauh hari. Oleh sebab itu, sebaiknya kontrol biaya makan dengan sebaik mungkin dengan mematuhi budget yang telah Anda tetapkan.

Alih-alih membeli makanan di luar, mulai sekarang biasakan untuk memasak sendiri di rumah. Cara ini tak hanya dapat menghemat pengeluaran, sebab Anda juga bisa memastikan kebersihan makanan tersebut. Keterampilan memasak Anda pun akan banyak berkembang.

3. Jual Barang yang Tak Dibutuhkan


Jual Barang yang Tak Dibutuhkan
Pexels/cottonbro

Menjual barang yang tidak dibutuhkan adalah trik lain yang bisa Anda lakukan saat menjalani frugal living. Ini adalah salah satu cara efektif untuk menambah pemasukan, terlebih jika barang-barang tersebut memiliki nilai jual yang tinggi.

Selain itu, menjual barang yang tak lagi digunakan juga bisa membantu Anda merapikan rumah. Pasalnya, barang-barang tersebut biasanya hanya memenuhi ruangan dan membuat rumah jadi berantakan.

4. Manfaatkan Diskon


Manfaatkan Diskon
Pexels/Karolina Grabowska

Memanfaatkan diskon dan promo saat berbelanja juga bisa membantu Anda untuk berhemat. Namun ingat, jangan sampai kalap karena tergoda harga murah hingga menghabiskan banyak uang untuk membeli barang-barang yang tidak begitu penting.

Belilah barang yang benar-benar Anda perlukan seperti bahan makanan dan berbagai kebutuhan sehari-hari lainnya. Jika dapat memanfaatkan diskonan dengan bijak, Anda bisa menghemat banyak uang saat berbelanja.

5. Rencanakan Keuangan Masa Depan


Rencanakan Keuangan Masa Depan
Pexels/Pixabay

Orang-orang yang menganut konsep frugal living akan berpikir jauh ke depan. Mereka bahkan kerap merencanakan keuangan hingga beberapa tahun ke depan agar bisa "mengamankan" dirinya di hari tua.

Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan menabung dan berinvestasi. Sisihkan sedikit uang dari gaji Anda ke rekening khusus sebagai tabungan pensiun, dana darurat atau investasi. Anda bisa menambah jumlahnya jika kebutuhan mulai berkurang atau ketika pemasukan bertambah.

6. Kurangi Pengeluaran Tak Perlu


Kurangi Pengeluaran Tak Perlu
Pexels/Jack Sparrow

Mengurangi pengeluaran yang tidak perlu adalah cara terpenting untuk mewujudkan frugal living. Hemat berbagai pengeluaran rumah tangga dan lakukan pekerjaan sederhana sendiri sebelum memutuskan memanggil tukang.

Selain itu, sortir biaya langganan platform streaming yang Anda gunakan. Sebaiknya pilih satu platform yang paling sering Anda gunakan dan hentikan layanan lainnya. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah kita membuang-buang uang.

7. Cerdik dalam Memilih Moda Transportasi


Cerdik dalam Memilih Moda Transportasi
Pexels/Elviss Railijs Bitans

Anda juga harus cerdik dalam memilih moda transportasi jika ingin menghemat pengeluaran. Daripada menggunakan taksi, sebaiknya pilih alat transportasi umum lain seperti kereta, angkot atau bus karena biayanya lebih murah.

Selain itu, Anda juga bisa berjalan atau bersepeda untuk bermobilisasi dalam jarak dekat. Cara ini tak hanya dapat menghemat pengeluaran, namun juga memungkinkan Anda untuk berolahraga dan menikmati suasana sekitar.

8. Jalan-Jalan Hemat


Jalan-Jalan Hemat
Pexels/veerasak Piyawatanakul

Meski sedang berhemat, Anda tetap bisa bersenang-senang sambil menikmati liburan menyenangkan. Salah satu caranya adalah dengan mengunjungi tempat wisata gratis tiket masuk yang ada di sekitar tempat tinggal Anda.

Anda juga bisa melakukan kencan malam di dalam rumah dengan orang tersayang. Kalian bisa menonton film bersama, bermain game atau sekadar berbincang akrab dengan satu sama lain. Bila menginginkan kesan yang lebih romantis, Anda bisa piknik di halaman rumah atau di tempat terbuka lainnya sambil menikmati makanan sehat buatan sendiri.

Nah itu dia delapan tips frugal living yang bisa Anda terapkan mulai dari sekarang. Jika tak bisa melakukannya sekaligus, Anda bisa memulainya dari yang termudah lebih dulu. Bagaimana? Apa Anda sudah siap jadi orang frugal?

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait