Ingin Hidup Nyaman di Masa Tua? Yuk Siapkan Tabungan Pensiun dengan 8 Tips Ini
Pexels/Andrea Piacquadio
SerbaSerbi

Dalam artikel kali ini, tim redaksi WowKeren akan memberikan beberapa tips mempersiapkan tabungan pensiun. Langsung saja yuk simak informasi lengkapnya berikut ini.

WowKeren - Memiliki masa tua yang sejahtera adalah mimpi banyak orang. Anda pun pasti berharap dapat hidup dengan nyaman saat pensiun nantinya. Apalagi, jika masa muda Anda dipenuhi dengan berbagai perjuangan dan kesulitan hidup.

Sayangnya, tidak semua orang bisa hidup dengan baik saat tua. Banyak dari mereka yang harus menghadapi masalah finansial saat kondisi kesehatannya sudah semakin menurun. Hal ini menjadi semakin miris jika sanak saudaranya tak menaruh perhatian sedikit pun.


Karena alasan itu, penting untuk menyiapkan kebutuhan pensiun sejak dini. Sebagian orang mungkin mengabaikan hal ini karena berpikir bahwa masa pensiun mereka masih lama. Namun semakin lama menundanya, maka semakin sulit bagi Anda untuk mencapai kehidupan sejahtera di hari tua.

Terkadang waktu berjalan lebih cepat daripada yang Anda pikirkan. Selain itu, Anda akan selalu memiliki alasan untuk tidak menyisihkan tabungan pensiun misal untuk membeli mobil baru atau membayar utang. Pola ini akan terus terjadi sampai waktu pensiun itu datang dan Anda tidak memiliki banyak tabungan untuk hidup dengan nyaman.

Oleh sebab itu, tim redaksi WowKeren telah merangkum beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk menyiapkan tabungan pensiun. Langsung saja yuk simak informasi lengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Tentukan Waktu Pensiun


Tentukan Waktu Pensiun
Pexels/SHVETS production

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan waktu pensiun termasuk berapa lama lagi Anda akan bekerja. Hal ini perlu dilakukan untuk menentukan besaran dana pensiun yang Anda butuhkan di masa depan.

Penghitungan ini juga harus mempertimbangkan rata-rata angka harapan hidup orang Indonesia yakni 73,5 tahun. Sehingga jika ingin pensiun di usia 50 tahun, Anda harus mengumpulkan tabungan hari tua yang bisa memenuhi kebutuhan hidup selama 23,5 tahun.

2. Rajin Menabung


Rajin Menabung
Pexels/Joslyn Pickens

Menyiapkan tabungan pensiun tidaklah mudah karena Anda harus mengumpulkan banyak uang untuk biaya hidup di masa depan. Oleh sebab itu, cara terbaik untuk mempersiapkannya adalah dengan rajin menabung yang dimulai dari sekarang.

Agar tabungan hari tua tidak tercampur dengan dana lain, Anda harus menyimpannya di rekening pensiun. Membuka rekening pensiun mungkin sedikit menakutkan karena uangnya tidak akan tersedia sampai waktu pensiun tiba. Namun sisi positifnya adalah dana Anda akan bertambah dengan cepat dan Anda tak harus memikirkan masalah finansial di hari tua.

3. Buat Anggaran yang Jelas


Buat Anggaran yang Jelas
Pexels/Karolina Grabowska

Menabung dana pensiun tidak serumit yang Anda bayangkan sebab bagian tersulitnya adalah "memulai". Dengan perencanaan yang tepat, Anda bisa hidup dengan nyaman di masa tua. Oleh sebab itu, salah satu cara terbaik untuk mempersiapkannya adalah dengan membuat anggaran yang jelas.

Jika Anda merasa kebingungan saat menyusun anggaran, cobalah untuk menambah pengeluaran saat ini dengan angka inflasi yang mungkin terjadi setelah pensiun. Umumnya, seseorang perlu menyisihkan 7-10 persen dari penghasilannya untuk tabungan pensiun. Namun jika jumlah tersebut terasa memberatkan, Anda bisa memulainya sedikit demi sedikit.

4. Investasikan Aset dengan Tepat


Investasikan Aset dengan Tepat
Pexels/RODNAE Productions

Setelah mengetahui besaran dana pensiun yang dibutuhkan, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menentukan strategi investasi yang tepat. Tabungan pensiun baru akan terpakai dalam beberapa tahun ke depan, sehingga Anda perlu melakukan investasi yang bersifat jangka panjang.

Di antara jenis investasi jangka panjang adalah saham, reksa dana saham, reksa dana campuran, properti (rumah, tanah, apartemen, ruko yang disewakan) dan juga emas. Hindari investasi jangka pendek untuk tabungan pensiun karena bisa menggagalkan rencana Anda.

5. Pertimbangkan Inflasi


Pertimbangkan Inflasi
Pexels/Alesia Kozik

Anda juga harus mempertimbangkan kemungkinan inflasi ketika menyiapkan tabungan pensiun. Pasalnya, inflasi dan kenaikan harga dapat mengurangi daya beli di masa pensiun nantinya.

Untuk menyiasatinya, Anda bisa kembali ke poin 4 yakni menginvestasikan aset secara tepat. Namun Anda juga harus mempertimbangkan berbagai risiko yang mungkin akan muncul sebelum menggunakan dana pensiun untuk investasi.

6. Kendalikan Pengeluaran dan Utang


Kendalikan Pengeluaran dan Utang
Pexels/Karolina Grabowska

Beberapa pola buruk seperti pengeluaran berlebihan dan utang untuk kebutuhan tidak penting bisa merusak rencana Anda hidup dengan nyaman di masa tua. Oleh sebab itu, Anda juga harus bisa mengendalikan pengeluaran dan utang ketika menyiapkan tabungan pensiun.

Mulai terapkan perilaku hidup hemat dan kurangi pengeluaran tidak perlu, terutama yang sifatnya tidak mendesak. Selain itu, tekan penggunaan kartu kredit dan kurangi utang karena hal itu hanya akan menguras penghasilan Anda.

7. Beli Asuransi Perawatan Jangka Panjang


Beli Asuransi Perawatan Jangka Panjang
Pexels/Mikhail Nilov

Anda juga harus mempertimbangkan kondisi kesehatan yang akan menurun di masa tua nanti. Jadi, selain menyiapkan tabungan pensiun, Anda juga perlu membeli asuransi perawatan jangka panjang. Meski kerap diabaikan, biaya kesehatan sering menjadi beban keuangan di hari tua.

Bentuk asuransi khusus ini biasanya mencakup biaya perawatan kesehatan yang melampaui masa tinggal di rumah sakit pada umumnya. Oleh sebab itu, Anda akan mendapat beragam keuntungan jika memilikinya.

8. Cari Penghasilan Tambahan


Cari Penghasilan Tambahan
Pexels/Vlada Karpovich

Untuk banyak orang, menyiapkan tabungan pensiun bukan hal yang mudah dilakukan karena minimnya penghasilan mereka. Oleh sebab itu, jika Anda benar-benar ingin "mengamankan" masa tua, sebaiknya mulai cari penghasilan tambahan.

Manfaatkan keahlian yang Anda miliki untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Misalnya jika pandai menulis, Anda bisa melamar sebagai freelancer media online atau membuat tulisan di blog. Jika pandai menjual barang, Anda bisa menjadi reseller atau dropshipper. Bila memiliki passion sebagai makeup artist, Anda bisa melakukan pekerjaan ini saat memiliki waktu luang.

Impian menjalani hidup dengan nyaman di masa tua akan terwujud jika kita memiliki rencana dan strategi yang jelas. Selamat menyiapkan tabungan pensiun, dan semoga artikel di atas bermanfaat!

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru