Lee Seung Gi Tak Digaji Sebagai Penyanyi Sejak Debut, Begini 10 Potret Perjalanan Kariernya
Naver
Selebriti

Hook Entertainment kembali menjadi sorotan publik. Pasalnya, agensi tersebut dilaporkan tidak membayar gaji Lee Seung Gi sebagai penyanyi selama 18 tahun.

WowKeren - Pada 18 November lalu, Lee Seung Gi meminta Hook Entertainment terkait kejelasan bayarannya sebagai selebriti di agensi itu. Sang artis diduga merasa ada masalah dengan gajinya. Apalagi Hook Entertainment sempat digerebek oleh pihak berwajib. Aksi Lee Seung Gi ini membuat dugaan sang artis diperbudak Hook Entertainment mencuat ke permukaan.

Hal tersebut bermula dari artikel yang dirilis Dispatch pada Senin (21/11) kemarin. Gaji Lee Seung Gi sebagai penyanyi sejak debut dikabarkan tak dibayar oleh Hook Entertainment. Padahal ia telah merilis sederet lagu hits dari 27 album selama 18 tahun terakhir. Dispatch pun mengungkapkan kalau Lee Seung Gi telah menjadi contoh "budak modern" karena ulah agensi.


Pasalnya, Lee Seung Gi seharusnya mendapatkan 60 persen dari hasil penjualan album dalam periode tahun 2009-2016. Selebriti kondang ini juga dijanjikan menerima 70 persen penjualan pada 2017 hingga 2022. Namun, gaji sebesar 5,8 miliar won (sekitar Rp67,2 miliar) itu kabarnya tak pernah sampai ke tangan Lee Seung Gi.

Terlepas dari itu, Lee Seung Gi mengawali kariernya di industri hiburan Korea Selatan sebagai penyanyi. Ia kini sukses melebarkan sayap sebagai aktor maupun pembawa acara. Lantas, seperti apa perjalanan kariernya? Yuk intip!

(wk/raud)

1. Debut Tahun 2004


Debut Tahun 2004
Naver/YouTube/TV-People

Lee Seung Gi resmi debut penyanyi pada tahun 2004. Ia debut di usia terbilang muda, yakni 17 tahun. Lee Seung Gi langsung menjadi topik hangat ketik debut dengan merilis lagu "Because You're My Girl".

Lagu tersebut mengantarkan Lee Seung Gi sebagai penyanyi balad populer. Pasalnya, ia digadang-gadang menciptakan sindrom "menyukai wanita yang lebih tua" di Korea Selatan. Lee Seung Gi juga berhasil membawa pulang piala Best Newcomer" dalam berbagai acara penghargaan musik pada tahun 2004, seperti Seoul Music Awards, SBS Music Awards, hingga MBC Best 10 Singers Music Festival.

2. Dijuluki Nation's Little Brother


Dijuluki Nation's Little Brother
sports.hankooki

Popularitas meroket dan memiliki citra baik membuat Lee Seung Gi dijuluki sebagai Nation's Little Brother di Korea. Tak mengejutkan jika ia merupakan salah satu selebriti yang paling diminati dan populer untuk model iklan komersial serta endosemen. Lee Seung Gi juga konsisten menempati peringkat atas dalam survei endorsemen bulanan Asosiasi Pengiklan Korea.

3. Penyanyi Lagu FIFA 2010


Penyanyi Lagu FIFA 2010
Naver

Artis kelahiran tahun 1987 ini menjadi penyanyi untuk Piala Dunia FIFA 2010. Tak sendiri, Lee Seung Gi dipasangkan dengan mantan atlet peseluncur indah kondang, Kim Yuna. Lagu untuk Piala Dunia FIFA 2010 ini ternyata merupakan versi duet dari lagunya bertajuk"Smile Boy" yang dirilis pada tahun 2007 silam.

4. Lebarkan Sayap Ke Akting


Lebarkan Sayap Ke Akting
SBS/Instagram/leeseunggi.official

Lee Seung Gi resmi melebarkan sayap sebagai aktor pada tahun 2006. Tiga tahun kemudian, ia resmi menjadi pemeran utama dalam drama "Brilliant Legacy" dan beradu akting dengan Han Hyo Joo. Drama ini mengantarkan Lee Seung Gi meraih banyak penghargaan bergengsi.

Setahun berlalu, Lee Seung Gi masih mempertahankan eksistensinya sebagai aktor melalui drama "My Girlfriend Is a Nine-Tailed Fox". Ia juga meninggalkan kesan mendalam di hati pemirsa berkat akting hebatnya dalam drama "Mouse".

5. Eksistensi di Dunia Variety Show


Eksistensi di Dunia Variety Show
SBS

Pelantun lagu "Words That Are Hard To Say" ini juga memiliki reputasi baik di dunia variety show. Eksistensi Lee Seung Gi dalam variety show terjadi sejak tahun 2007 ketika ia menjadi member tetap di "1 Night 2 Days" musim pertama.

Ia kemudian menuai apresiasi ketika menunjukkan pesona husband material dalam acara merawat anak "Little Forest" pada tahun 2019. Lee Seung Gi pun menjadi member tetap di "Master in the House" sejak tahun 2017.

6. Pembawa Obor Olimpiade 2012


Pembawa Obor Olimpiade 2012
eknews

Lee Seung Gi kembali menorehkan prestasi luar biasa. Ia menjadi salah satu pembawa obor dalam Olimpiade Musim Panas London 2012 Torch Relay. Usut punya usut, Lee Seung Gi dipilih oleh perusahaan Samsung.

7. Jalani Wamil


Jalani Wamil
ytn/sportsworldi

Lahir dan besar di Korea Selatan membuat Lee Seung Gi tak mangkir dari tugas negara. Ia berangkat menjalani wajib militer pada 1 Februari 2016 sebagai tentara aktif di Pusat Pelatihan Perekrutan Tentara Nonsan di Chungcheongnam-do. Lee Seung Gi dilaporkan menjadi anggota pasukan khusus dalam Brigade Pasukan Khusus ke-13 bernama Black Panther, Komando Perang Khusus Tentara Republik Korea.

8. MC di 'Producer 48'


MC di 'Producer 48'
iMBC

Setahun setelah menyelesaikan wamilnya, Lee Seung Gi didapuk sebagai MC untuk program survival "Produce 48" (cikal bakal IZ*ONE). Ia mengaku merasa tersentuh dengan kerja keras para PD dari program tersebut karena terus menawarinya sebagai presenter.

9. Keluar-Masuk Hook Entertainment


Keluar-Masuk Hook Entertainment
Naver Post/Hook Entertainment

Penyanyi "Aren't We Friends" tersebut rupanya sempat keluar-masuk Hook Entertainment pada tahun 2021 lalu. Hook Entertainment awalnya mengumumkan bahwa Lee Seung Gi memilih hengkang setelah 17 tahun. Lee Seung Gi diungkapkan akan membuat agensinya sendiri.

Namun, Lee Seung Gi memutuskan untuk kembali ke Hook Entertainment setelah 10 hari pengumuman keluar agensi. Hook Entertainment mengungkapkan bahwa Lee Seung Gi memutuskan untuk bekerja sama sebagai mitra dari agensi yang ia dirikan, Human Made.

10. Tak Digaji Sebagai Penyanyi Sejak Debut


Tak Digaji Sebagai Penyanyi Sejak Debut
JTBC

Pada tahun 2022 ini, Lee Seung Gi secara mengejutkan tak mendapatkan gajinya sebagai penyanyi semenjak debut. Hal tersebut membuat sang artis tak mengetahui pasti jumlah penghasilannya selama menjadi penyanyi. Di sisi lain, CEO Hook Entertainment sudah menyampaikan permintaan maaf atas eksploitasi terhadap Lee Seung Gi.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait