Dari Lee Seung Gi Hingga OMEGA X, 10 Artis Korea Ini Alami Konflik Dengan Oknum Agensi
Selebriti
Lee Seung Gi vs Agensi

Nama Lee Seung Gi baru-baru ini mencuat karena konfliknya dengan agensi yang telah lama menaunginya. Selain Lee Seung Gi, ternyata masih banyak artis Korea Selatan yang sempat memiliki konflik dengan agensi. Siapa saja?

WowKeren - Bagi beberapa orang, menjadi artis masih menjadi impian yang amat ingin dicapai. Pandangan kehidupan artis yang bergelimang cinta merupakan salah satu pemicunya. Meski menerima banyak cinta, tak banyak yang tahu jika para artis juga kerap mendapatkan banyak kritik hingga hujatan yang menyerang secara personal. Hal ini pun kerap terjadi pada artis-artis di Korea Selatan.

Untuk melindungi mental sang artis dari banyaknya kritik dan hujatan yang tak bertanggung jawab, agensi haruslah menjadi tameng utama. Pada beberapa agensi, artisnya akan dibatasi untuk terlalu aktif di media sosial. Langkah ini ditempuh agar sang artis bisa fokus pada aktivitasnya tanpa terpengaruh komentar-komentar yang mungkin tidak menyenangkan.


Meski langkah tersebut bisa dibilang ampuh untuk menjaga mental, namun ada kalanya sang artis juga ingin lebih aktif berinteraksi dengan para penggemar di media sosial. Akibatnya, komentar-komentar tak menyenangkan dari haters kadang tak sengaja dibaca. Jika sudah begini, beberapa agensi lantas langsung menindak tegas dengan menempuh jalur hukum. Hal ini dilakukan agar para haters jera dan berhenti memberikan komentar-komentar negatif.

Di sisi lain, alih-alih menjadi pelindung, ternyata ada beberapa agensi yang justru malah menyerang artisnya. Serangan ini kadang dilakukan salah satu oknum atau bahkan sang CEO agensi itu sendiri. Sampai-sampai, ada juga artis yang harus menempuh jalur hukum demi mendapatkan keadilan hingga memutuskan hengkang dari agensi.

Khusus pada artikel kali ini, tim WowKeren secara khusus akan merangkum sederet artis Korea Selatan yang sempat mengalami konflik pelik dengan agensinya. Siapa sajakah daftar artis-artis tersebut? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

(wk/yoan)

1. Lee Seung Gi


Lee Seung Gi
Instagram/leeseunggi.official

Artis Korea Selatan pertama yang masuk dalam daftar adalah Lee Seung Gi. Baru-baru ini, publik dihebohkan dengan dugaan bahwa Lee Seung Gi telah diperbudak Hook Entertainment selama 18 tahun bekerja. Sudah merilis 27 album sejak debut, penyanyi yang juga aktif sebagai aktor ini rupanya tidak menerima bayaran sepeser pun. Karena itulah, Lee Seung Gi pun disebut meminta laporan honor.

Tak hanya sampai di situ, konflik Lee Seung Gi dengan sang CEO ini pun kembali memanas usai Dispatch membeberkan rekaman audio. Dalam rekaman tersebut, sang CEO terdengar marah-marah sembari mengeluarkan makian dan ancaman pembunuhan pada Lee Seung Gi sesaat setelah sang aktor melalui managernya meminta laporan honor. Hingga kini, konflik Lee Seung Gi dengan agensi ini masih menjadi buah bibir yang paling ditunggu kelanjutannya.

2. Lisa BLACKPINK


Lisa BLACKPINK
Instagram/lalalalisa_m

Lisa BLACKPINK menjadi artis Korea Selatan selanjutnya yang masuk daftar. Pada 2020 lalu, beredar kabar bahwa ia telah ditipu sebesar 12 miliar oleh manajernya (sekarang mantan manajer). Ironisnya, sang manajer merupakan salah satu orang kepercayaan Lisa yang telah menemaninya sejak awal debut pada 2016 lalu.

Kabar ini lantas dikonfirmasi langsung oleh YG Entertainment. Disebutkan bahwa sang manajer menipu Lisa dengan alibi menggunakan uang untuk membantu menemukan real estat untuk berinvestasi. Pada kenyataannya, ia mengambil uang itu dan memakai untuk berjudi. Di akhir, YG mengungkapkan bahwa sang manajer telah resmi keluar dari perusahaan serta berjanji akan mengembalikan sebagian uang yang dicuri.

3. The East Light


The East Light
Instagram/theeastlight.official

Pada Oktober 2018 lalu, publik dihebohkan dengan kasus kekerasan yang dialami grup band yang salah satu anggotanya jebolan "Produce 101", The East Light. Dilaporkan bahwa The East Light telah menerima penganiayaan secara verbal dari Kim Chang Hwan, CEO agensi yang menaungi mereka pada saat itu. Tak hanya itu saja, para member juga disebut mengalami kekerasan fisik yang dilakukan oleh sang produser, Moon Young Il.

Kasus ini kemudian berkembang hingga sampai ke meja hijau. Setelah melalui proses yang rumit karena bantahan dari Kim Chang Hwan, penyelesaian kasus ini akhirnya mencapai titik terang di tahun 2020. Saat itu, Kim Chang Hwan mendapatkan hukuman delapan bulan penjara dan penangguhan dua tahun masa percobaan. Sedangkan Moon Young Il dijatuhkan hukuman satu tahun dan empat bulan penjara.

4. Chuu LOONA


Chuu LOONA

Pada Maret 2022 lalu, Chuu LOONA dikabarkan mengalami konflik dengan agensinya, Blockberry Creative. Hal ini ditengarai karena ia kedapatan tengah mengajukan gugatan untuk penangguhan kontrak eksklusif sejak Desember 2021 lalu. Sejak kabar ini beredar, senter kabar bahwa Chuu akan segera pindah agensi, meskipun hal ini lantas dibantah oleh pihak Blockberry Creative.

Di sisi lain, Blockberry Creative juga dicurigai menganiaya Chuu. Rumor ini muncul setelah master fansite Chuu mengungkapkan kekhawatiran. Setelah kabar konflik dengan agensi beredar, Chuu lantas diumumkan akan absen dari tour dunia LOONA serta tidak akan bergabung dalam single Jepang kedua "LUMINOUS". Hingga kini, belum ada kabar lebih lanjut mengenai konflik tersebut namun para penggemar selalu berharap Chuu akan selalu baik-baik saja.

5. B.A.P


B.A.P
Twitter/BapJapanstaff

B.A.P resmi debut dibawah naungan TS Entertainment pada 2012. Dua tahun setelah debutnya, para member B.A.P sempat memiliki konflik dengan agensi tersebut. Saat itu, Yongguk cs kompak menggugat agensi karena tidak adanya transparansi dokumen dan jumlah penjualan album. Karena itulah, para member merasa diperlakukan bak mesin dan tak pernah dipedulikan oleh agensi.

Meski sempat panas pada tahun 2014 lalu, konflik kemudian mereda di tahun berikutnya. Para member pun mengakui bahwa konflik tersebut terjadi karena masalah komunikasi. Setelah ketegangan dengan agensi mereda, B.A.P pun melanjutkan kembali aktivitas sebelum akhirnya sang leader, Yongguk memutuskan untuk tak memperpanjang kontrak dengan TS Entertainment di tahun 2018 lalu.

6. Kang Daniel


Kang Daniel
Instagram/daniel.k.here

Artis Korea Selatan lainnya yang sempat memiliki konflik adalah Kang Daniel. Populer berkat keikutsertaannya pada program "Produce 101", mantan member Wanna One ini berada di bawah naungan MMO Entertainment. Diketahui MMO Entertainment juga bekerja sama dengan LM Entertainment. Masalah kemudian bermula ketika Kang Daniel secara terang-terangan menyebutkan bahwa agensi tidak mau memberikan akun Instagram-nya. Karena itulah, mantan kekasih Jihyo TWICE ini pun sampai membuat akun Instagram baru.

Setelah melalui proses hukum yang cukup panjang, disebutkan bahwa masalah utama antara Kang Daniel dengan agensi lamanya ini adalah penjualan kontrak eksklusif. Selanjutnya, artis kelahiran tahun 1996 ini lantas membangun agensi sendiri, KONNECT Entertainment untuk mendukung aktivitas solonya.

7. Park Bom eks 2NE1


Park Bom eks 2NE1
Instagram/newharoobompark

Pada siaran langsung yang dilakukan Park Bom eks 2NE1 di tahun 2020 lalu, penggemar mendapati perlakuan tidak menyenangkan dari manajernya. Hal ini terjadi saat manajer Park Bom memasuki ruangan di mana sang penyanyi berada beberapa menit setelah siaran langsung. Pada saat itu, sang manajer terdengar marah karena sang artis tak segera mengangkat telepon.

Beberapa saat selanjutnya, Park Bom mendadak mengakhiri siaran langsungnya. Keadaan inilah yang memicu khawatir para penggemar tentang perlakuan para staf agensi kepada Park Bom. Para penggemar pun menuntut ucapan maaf dari agensi. Sayangnya, pihak agensi memilih bungkam soal insiden tersebut.

8. TRCNG


TRCNG
Instagram/trcng_official

Setelah B.A.P, TRCNG merupakan artis selanjutnya yang memiliki konflik dengan TS Entertainment. Pada 2019, dilaporkan bahwa staf agensi melakukan pelecehan seksual terhadap member TRCNG. Wooyeop dan Taeseon pun melaporkan hal ini pada kepolisian Seoul yang membuat keduanya harus keluar dari grup.

Selain pelecehan seksual, para member TRCNG juga mengalami beberapa kekerasan mental. Ditambah. Dispatch juga memberikan banyak bukti yang menyatakan bahwa TS Entertainment memperlakukan mereka secara tidak adil termasuk pembagian keuntungan. Dengan ragam konflik inilah, TRCNG akhirnya bubar pada Maret 2022 lalu.

9. OMEGA X


OMEGA X
Instagram/omegax_official

Pada Oktober 2022 lalu, publik dihebohkan dengan kabar tidak menyenangkan dari OMEGA X. Hal ini disebabkan lantaran seorang pengguna Twitter memosting audio rekaman yang diduga suara CEO agensi Spire Entertainment bernama Hwang Seong U (juga dikenal sebagai Peter Hwang) sedang berteriak dan menganiaya member OMEGA X.

Sehari setelah kabar ini terendus media, SBS News pun merilis cuplikan video di mana para anggota menerima perlakuan kasar di Los Angeles, Amerika Serikat. Kabar tersebut tentu saja membuat khawatir para fans. Hingga kini, proses hukum antara OMEGA X dengan Hwang Seong U masih terus berlanjut. Para penggemar pun berharap para anggota akan segera mendapatkan keadilan.

10. FANATICS


FANATICS

Pada September 2020 lalu, 4 member FANATICS, Via, Chaelin, Doi, dan Rayeon tengah mengobrol santai dengan penggemar melalui siaran live. Terlihat, mereka mengenakan rok pendek. Karena itulah, para member pun terlihat menutupi paha dengan selimut. Tak beberapa saat, staf pria pun memprotes hal tersebut. Disebutnya, para member tak boleh menutupi pahanya.

Tindakan staf ini pun membuat para fans meradang. Tak berapa lama agensi pun mengungkapkan permintaan maafnya. Lebih lanjut, agensi juga menegaskan bahwa staf yang bersangkutan akan ditindak sesuai dengan perbuatannya. Nah, itu tadi daftar artis-artis Korea Selatan yang sempat mengalami konflik dengan agensi. Semoga kejadian-kejadian tidak menyenangkan ini tidak terulang lagi, ya!

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait