Ciri-Ciri Generasi Sandwich
Pexels/Ron Lach
SerbaSerbi

Istilah generasi sandwich jadi semakin populer karena kian melekat pada kaum milenial dan Gen Z. Lantas, istilah apakah itu serta bagaimana ciri-ciri dan dampaknya?

WowKeren - Terdapat tiga ciri berbeda dari generasi sandwich yang akan kita bahas dalam artikel kali ini. Hal itu tergantung dari rentang usia dan jumlah tanggungan setiap orang. Untuk lebih jelasnya, yuk simak keterangannya berikut ini:

a. The Traditional Sandwich Generation

Ciri-ciri generasi sandwich yang masuk dalam kategori ini adalah orang dewasa berusia 40-50 tahun. Mereka harus menanggung kebutuhan finansial diri sendiri, anak-anak serta orangtuanya yang sudah berusia lanjut.

Memang sulit melepaskan diri dari generasi sandwich. Namun Anda bisa memutus rantai tradisional generasi sandwich dengan cara memanfaatkan potongan dari Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP), membekali anak dengan pendidikan finansial serta menyiapkan dana pensiun.

b. The Club Sandwich Generation

Ciri kedua ini terbilang lebih sengsara dari yang pertama. Pasalnya, generasi ini berisikan orang dewasa dengan rentang usia 30-60 tahun yang diapit banyak anggota keluarga. Mulai dari orangtua, anak, cucu hingga kakek dan nenek.

Dengan banyaknya tanggungan yang dimiliki, mereka berisiko lebih menderita secara fisik maupun emosional. Mereka juga berisiko mengalami berbagai masalah seperti depresi, sulit mengelola pekerjaan hingga tak bisa memikirkan diri sendiri.

c. The Open Faced Sandwich Generation

Kategori ini sedikit berbeda dengan dua lainnya karena tidak dikhususkan untuk usia tertentu. Terlepas dari relasinya, setiap orang yang terlibat dalam pengasuhan lansia akan masuk dalam kategori ini. Hal ini juga berlaku bagi mereka yang belum menikah.

Kaum milenial dan Gen Z juga bisa masuk dalam ciri ketiga ini. Pasalnya, ada banyak anak muda berusia 20 hingga 30-an yang sudah menjadi tulang punggung keluarga untuk menghidupi orangtua maupun saudara-saudaranya. Mereka pun tak bisa menikmati masa mudanya dengan baik karena dipusingkan dengan masalah ekonomi keluarga.

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru