Berkedok Self Reward, 7 Kegiatan Ini Justru Berisiko Kuras Dompetmu
Pexels/Robert Bogdan
SerbaSerbi

Ada banyak orang yang rela menghabiskan sejumlah uang dengan alasan self reward. Namun terkadang mereka hanya menjadikan self reward sebagai alasan dan berakhir menghambur-hamburkan uang.

WowKeren - Self reward atau bentuk apresiasi terhadap diri sendiri memang sangat diperlukan. Pasalnya, kita akan memanjakan diri sendiri karena telah bekerja keras untuk mencapai suatu tujuan.

Dari sisi psikologis, self reward dapat menghilangkan stres, penat hingga mendatangkan motivasi dan energi positif. Karena itulah setiap orang membutuhkan self reward untuk menjaga kesehatan mentalnya.


Namun self reward juga bisa menjadi bumerang bagi diri sendiri. Khususnya jika kita terlalu berlebihan dalam melakukannya hingga menjadi sangat konsumtif.

Anda pun tanpa sadar akan menghabiskan banyak uang dan berperilaku hedon. Pengeluaran jadi tak terkontrol dan pada akhirnya isi dompet Anda akan terkuras. Jika sudah demikian, kita akan sangat menyesal di kemudian hari.

Berkaitan dengan hal ini, kami telah merangkum beberapa kegiatan berkedok self reward yang bisa berakibat buruk jika dilakukan secara berlebihan. Apa saja itu? Yuk temukan jawabannya berikut ini:

(wk/eval)

1. Sering Beli Kopi Mahal


Sering Beli Kopi Mahal
Pexels/Chevanon Photography

Salah satu kebiasaan anak muda adalah mengawali harinya dengan minum secangkir kopi untuk mencegah kantuk. Hal ini sah-sah saja, namun jika terlalu sering membeli kopi mahal di kedai kopi ternama, dompet Anda akan terkuras secara perlahan.

Bagi para karyawan, membeli kopi seharga 15-30 ribuan mungkin tidak terlalu mahal. Namun pengeluaran Anda bisa membengkak jika membelinya setiap hari. Oleh sebab itu, tak ada salahnya untuk membuat kopi sendiri dari rumah atau membawa kopi instan yang bisa diseduh di kantor.

2. Sering Beli Makanan di Luar


Sering Beli Makanan di Luar
Pexels/Helena Lopes

Salah satu hal yang dilakukan dengan dalih self reward adalah terlalu sering beli makanan di luar. Ini juga berlaku untuk Anda yang kerap memesan makanan secara online. Kebiasaan ini bisa gawat jika tidak dikontrol karena berujung pada ludesnya uang di dompet.

Oleh sebab itu, mulai kurangi membeli atau memesan makanan di luar ya. Daripada menghabiskan banyak uang untuk itu, lebih baik masak sendiri di rumah. Karena selain terjamin kebersihannya, Anda juga bisa mengembangkan kemampuan memasak dan menghemat pengeluaran.

3. Langganan Banyak Platform Streaming


Langganan Banyak Platform Streaming
Pexels/Karolina Grabowska

Saat ini, platform streaming menjadi salah satu media self reward favorit anak muda. Banyak dari mereka melepas stres dengan menonton film atau serial yang disediakan berbagai platform streaming seperti Netflix, VIU, Disney Plus Hotstar, Vidio dan masih banyak lagi.

Biaya langganan setiap platform streaming mungkin cukup terjangkau. Namun ada banyak konsumen yang mendaftar untuk beberapa platform berbeda meski tidak terlalu membutuhkannya. Alhasil, Anda akan menghabiskan banyak uang hanya untuk membayar biaya langganan platform tersebut.

4. Terlalu Sering Nongkrong


Terlalu Sering Nongkrong
Pexels/Ksenia Chernaya

Kegiatan lain yang sangat digemari anak muda adalah nongkrong bareng teman. Jenisnya bisa sangat bervariasi seperti makan di restoran, minum di kafe hingga menonton film di bioskop terdekat. Kegiatan ini memang perlu dilakukan untuk melepas penat akibat rutinitas yang melelahkan.

Namun pengeluaran Anda akan membengkak jika terlalu sering nongkrong di luar. Oleh sebab itu, tak ada salahnya untuk menghabiskan waktu bersama teman di rumah, kos atau kontrakan. Kalian bisa membunuh waktu dengan melakukan berbagai permainan menyenangkan atau memasak bersama.

5. Punya Hobi Travelling


Punya Hobi Travelling
Pexels/Element5 Digital

Bentuk self reward lainnya yang sering dilakukan anak muda adalah traveling. Bepergian atau berlibur memang sangat menyenangkan karena bisa membuat hati dan pikiran menjadi lebih tenang. Kegiatan ini juga bisa menjadi sarana hiburan dan menciptakan memori indah yang bisa dikenang seumur hidup.

Namun traveling adalah kegiatan yang hampir tidak mengenal penghematan karena Anda tetap harus mengeluarkan banyak uang meski sudah merencanakan anggaran. Oleh sebab itu, kegiatan ini akan menjadi bumerang jika dilakukan terlalu sering dengan dalih self reward.

6. Terlalu Sering Belanja


Terlalu Sering Belanja
Pexels/Tim Douglas

Belanja memang dapat mendatangkan kepuasan tersendiri, sehingga aktivitas satu ini sering dijadikan sebagai bentuk self reward. Namun seperti sebelum-sebelumnya, sesuatu yang dilakukan secara berlebihan akan mendatangkan pengaruh buruk.

Terlalu sering belanja di mall akan membuat pengeluaran Anda membengkak karena harganya yang cenderung lebih mahal. Sama halnya dengan terlalu sering belanja online sebab harganya yang lebih terjangkau bisa membuat Anda kalap dan menghabiskan banyak uang saat shopping.

7. Asal Beli Tanpa Membandingkan Harga


Asal Beli Tanpa Membandingkan Harga
Pexels/cottonbro studio

Kegiatan berkedok self reward terakhir adalah asal membeli barang tanpa membandingkan harganya. Beberapa orang juga enggan memanfaatkan diskon dengan alasan "ingin membeli produk mahal sesekali".

Meski tidak salah, Anda akan merasa frustrasi jika menemukan produk berkualitas sama yang dijual dengan harga lebih murah. Penyesalan itu bisa bertahan cukup lama, sebab Anda bisa menggunakan selisih uangnya untuk hal lain.

Membahagiakan diri sendiri memang sangat penting. Namun jangan jadikan hal itu sebagai pembenaran untuk berperilaku konsumtif. Jadi, ayo hindari hedonisme yang berkedok self reward!

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait