Temani Masa Kecil, 8 Kenangan Pak Ogah 'Si Unyil' Sebelum Meninggal Dunia
Selebriti

Pengisi suara Pak Ogah 'Si Unyil', meninggal dunia pada Rabu (28/12) malam. Ia sempat stroke karena mengalami penyumbatan pembuluh darah di otak. Memulai karier sebagai seorang dubber, berikut kenangan Abdul Hamid sebelum tutup usia.

WowKeren - Kabar duka datang dari Abdul Hamid yang meninggal dunia pada Rabu (28/12) malam. Pengisi suara Pak Ogah "Si Unyil" tersebut sebelumnya sempat stroke lantaran mengalami penyumbatan pembuluh darah di otak.

Kabar tersebut awalnya dibagikan oleh akun @rumahharapanmelanie di Instagram yang merupakan milik Melanie Subono. Diketahui Melanie memang sering memberikan bantuan kepada mendiang Abdul Hamid. Melaine juga membantu menyiapkan ambulan untuk Abdul Hamid.

Sementara itu pria kelahiran 3 Desember 1948 ini dikenal sebagai pengisi suara dari karakter Pak Ogah di tayangan anak-anak, "Si Unyil" tahun 1981. Nama panggilan Pak Ogah pun lengket dengan sosok Abdul Hamid. Simak berikut potret Abdul Hamid yang penuh kenangan:

(wk/rosi)

1. Dubbing 'Laptop si Unyil'


Dubbing 'Laptop si Unyil'
YouTube/EDUTAINMENT TRANS7 OFFICI

Di tahun 2018, Abdul Hamid sempat kembali untuk menjadi pengisi suara "Laptop Si Unyil" di acara EDUTAINMENT TRANS7 OFFICIAL. Di sana, Tampak dalam video Abdul Hamid bekerja sama dengan bocah-bocah kecil. Pak Ogah memakai seragam hitam dan melakukan dubbing

2. Sosok Penuh Kenangan


Sosok Penuh Kenangan
Facebook/Eyang Ogah

Abdul Hamid merupakan sosok penuh kenangan yang membekas di hati penonton "Si Unyil". Ia tetap menjadi pengisi karakter Pak Ogah sampai tahun 2021 meski telah berpindah saluran televisi. Dulu di tahun 1981 "Si Unyil" tayang di TVRI. Kemudian di tahun 2007 "Laptop Si Unyil" tayang kembali di Trans TV.

3. Khas dengan Potongan Plontos


Khas dengan Potongan Plontos
Facebook/Eyang Ogah

Sejak dahulu Abdul Hamid identik dengan kepala plontos yang sesuai dengan karakter Pak Ogah. Sementara itu Abdul Hamid ternyata juga menjadi pengisi tiga suara selama di tayangan "Si Unyil" yakni Pak Ogah, Melanie, dan Penjahat.

4. Kondisi Finansial Kurang


Kondisi Finansial Kurang
YouTube/Selebrita Siang Trans7

Abdul Hamid menjalani hidup yang keras. Sang putra semata wayangnya menderita penyakit tumor. Abdul Hamid juga tinggal di rumah sederhana yang berada di Bilangan, Jatiasih, Bekasi. Abdul Hamid mengandalkan pendapatan dari "Laptop Si Unyil" dan bantuan teman-teman. Untuk bertahan hidup, Abdul Hamid makan ala kadarnya.

5. Dijenguk Baim Wong


Dijenguk Baim Wong
Instagram/baimwong

Baim Wong dan Paula Verhoeven sempat menjenguk Abdul Hamid di kediamannya pada Juni 2021 lalu. Mereka membawa dua makanan kesukaannya yakni melon dan roti lapis legit. Kala itu Abdul Hamid telah terbaring di rumah sakit dalam keadaan yang lemah. Baim Wong mengatakan bahwa Abdul Hamid bahagia dan berbincang ketika bertemu dirinya.

6. Riwayat Sakit


Riwayat Sakit
Instagram/pakogah_real

Abdul Hamid didiagnosa mengalami penyumbatan dan penggumpalan darah di otak. Ia menjalani prerawatan di rumah lantaran tak ingin lama-lama di rumah sakit. Pada November 2022, Abdul Hamid dilarikan ke rumah sakit karena mengalami stroke untuk kedua kali.

7. Kepedulian Sekitar


Kepedulian Sekitar
Instagram/pakogah_real

Sejak awal tahun 2022, kondisi kesehatan Pak Ogah sudah mulai menurun sehingga hanya bisa terbaring lemah. Di sisi lain, di banyak yang mengulurkan bantuan terhadap Abdul Hamid. Organisasi sosial menggalang dana untuk disalurkan kepada mendiang. Di sisi lain, Melanie Subono juga menyalurkan bantuan dari "Rumah Harapan Melanie" kepada Abdul Hamid.

8. Sempat Alami Susah Bicara


Sempat Alami Susah Bicara
YouTube/Melaney Ricardo

Selain Baim Wong, Melaney Ricardo juga sempat sambang Abdul Hamid. Kala itu sang istri membeberkan kondisi Abdul Hamid yang yang memburuk dan terlilit hutang karena pengobatan. Abdul Hamid sempat kehilangan fokus saat memakai kursi roda sehingga terjatuh dan terluka. Ia juga mengalami susah bicara kala itu. Melaney yang mendengarnya tak urung ikut merasa sedih.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait