'The Glory' Jadi Trending, 9 Serial Drakor Thriller Ini Terinspirasi dari Kisah Nyata
Netflix/Official SBS
TV

Beberapa serial drama thriller Korea Selatan memiliki jalan cerita yang terinspirasi dari peristiwa yang terjadi di dunia nyata, seperti kasus pembunuhan yang tak kunjung terungkap.

WowKeren - Serial drama memang memiliki kelebihan tersendiri di mata para penggemarnya. Berbeda dengan cerita dalam film yang dikemas secara singkat dan padat, serial drama cenderung lebih banyak membeberkan cerita secara detail. Jika dibandingkan dengan film yang ceritanya dapat diselesaikan dalam sekali tayang, serial drama membutuhkan kesabaran lebih bagi para penontonnya karena untuk bisa menemui akhir cerita maka perlu menontonnya sampai episode terakhir.

Meski begitu, hal ini bukan masalah bagi mereka yang menyukainya. Seperti drama asal Korea Selatan yang banyak sekali penggemarnya di Indonesia. Banyaknya judul yang ada seolah membuat drama Korea tidak akan pernah habis untuk ditonton. Betapa tidak, genre yang disajikan pun juga bermacam-macam. Oleh sebab itu, tak ayal jika opsi cerita yang ditawarkan juga bervariasi. Seperti misalnya genre thriller.


Berbicara mengenai drama thriller Korea Selatan, tak sedikit dari jalan ceritanya yang rupanya diangkat dari kisah nyata. Tentu saja, hal ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para penikmat drama tersebut. Berbeda dengan cerita fiksi, dengan menyadari bahwa cerita menegangkan yang diangkat ke layar kaca ternyata berasal dari peristiwa di dunia nyata, bukan tidak mungkin hal itu akan semakin menambah ketegangan dan keseruan jalan ceritanya.

Untuk itu melalui artikel ini, tim WowKeren ingin mengajak pembaca sekalian untuk melihat rekomendasi drama Korea bergenre thriller yang diangkat dari kisah nyata. Yuk, simak selengkapnya berikut ini!

(wk/zodi)

1. The Glory


The Glory
Netflix Korea

"The Glory" tengah ramai menjadi pembicaraan. Drama yang dibintangi oleh Song Hye Kyo ini sukses mendulang popularitas yang mendunia sejak dirilis pada akhir Desember lalu. Bahkan di Korea sendiri, "The Glory" sukses menduduki peringkat #1 dalam 10 seri Teratas Netflix Korea.

Tak hanya itu, akting Song Hye Kyo di drama ini sukses mendapat pujian dari Forbes. Diangkat dari kisah nyata, drama ini menceritakan seorang perempuan yang mengalami kekerasan saat remaja. Ia pun berencana membalas dendam kepada orang-orang yang telah menindasnya.

2. Taxi Driver


Taxi Driver
Official SBS

Diangkat dari kisah nyata, "Taxi Driver" terinspirasi oleh kejahatan mengerikan yang pernah terjadi di Korea. Drama ini dibintangi oleh Lee Je Hoon dan tayang perdana di SBS TV sejak 9 April 2021 lalu. Lee Je Hoon berperan sebagai Kim Do Ki, yang hidupnya berubah drastis usai ibunya dibunuh oleh pembunuh berantai.

Ia kemudian menjadi sopir taksi mewah untuk sebuah perusahaan Rainbow Taxi Company. Tak seperti perusahaan biasa, Rainbow Taxi Company menawarkan layanan kepada kliennya untuk membalaskan dendam mereka. Berkat alur cerita yang menarik, serial ini banyak mendapat pujian dari pemirsa.

3. Signal


Signal
Official tvN

Serial drama "Signal" menampilkan kasus kriminal yang terinspirasi dari peristiwa yang pernah terjadi di Hwaseong, Gyeonggi selama enam tahun. Serial drama ini dibintangi oleh Lee Je Hoon, Kim Hye Soo, dan Choo Jin Woong. Bagi kamu yang suka dengan cerita yang memiliki unsur time slip bisa menonton drama ini.

Pasalnya, serial ini bercerita mengenai pembongkaran kejahatan lintas waktu. Tayang dalam 6 episode, drama ini menampilkan aksi kerja sama detektif di zaman dulu dan sekarang untuk memecahkan kasus pembunuhan lewat walkie-talkie. Lee Je Hoon mengalami peristiwa traumatis ketika temannya diculik dan ditemukan tewas namun pelakunya tak kunjung ditangkap sampai ia dewasa.

4. Life On Mars


Life On Mars
Official OCN

Satu lagi serial drama Korea bergenre thriller yang menghadirkan jalan cerita mengungkap kejahatan lintas waktu, "Life on Mars". Tayang pada tahun 2018, cerita dalam drama ini mengangkat kasus pembunuhan yang masih belum terungkap. Jung Kyoung Ho dalam film ini memerankan sosok detektif yang terlempar ke tahun 1998 untuk menyelidiki kasus pembunuhan cat kuku.

Kasus itu sendiri adalah tragedi yang terjadi di Korea, tepatnya di Kota Pocheon, pada tahun 2004 lalu, ketika pelaku akan menandai korban yang dibunuh dengan cat kuku warna merah. Berbekal pengetahuan dari masa depan, karakter Jung Kyung Ho berhasil mengerucutkan bukti-bukti yang mengarah pada pelaku kejahatan tersebut.

5. Mouse


Mouse
Official tvN

Kasus pembunuhan mengerikan banyak diangkat ke dalam cerita film maupun drama. Seperti kasus pembunuhan di sekolah dasar yang terjadi pada tahun 2017 lalu di Incheon, yang menginspirasi sutradara Choi Joon Bae untuk mengadaptasinya menjadi bagian dari cerita drama korea "Mouse".

Serial drama ini menceritakan pembunuhan berantai yang dilakukan oleh seorang psikopat. Dalam serial ini Lee Seung Gi memerankan seorang petugas polisi bernama Jeong Ba-reum yang hidupnya berubah ketika dia bertemu dengan seorang pembunuh berantai psikopat. Ia pun berniat menggali kebenaran di balik pembunuh yang merupakan seorang psikopat.

6. Gabdong: The Serial Killer


Gabdong: The Serial Killer
Official tvN

Kisah pembunuhan berantai yang terjadi di Hwaseong menyisakan tragedi mendalam bagi keluarga para korban. Kengerian tragedi tersebut banyak diangkat dalam kisah serial drama, seperti "Gabdong: The Serial Killer". Cerita bermula ketika 20 tahun yang lalu, ayah Moo Yeom (Yoon Sang-Hyun) didakwa sebagai tersangka kasus pembunuhan berantai "Gap Dong".

Tak kuat menahan intimidasi para detektif yang menginvestigasi, ayah Moo-Yeom pun bunuh diri. Seiring berjalannya waktu, kasus pembunuhan itu pun dinyatakan kadaluwarsa. Namun, justru muncul serangkaian pembunuhan baru yang serupa. Moo Yeom kemudian bekerja sama dengan para detektif tersebut untuk menemukan pelaku sebenarnya dan membersihkan nama ayahnya.

7. Tunnel


Tunnel
Official OCN

"Tunnel" bercerita mengenai seorang detektif bernama Park Gwang Ho yang diperankan oleh Choi Jin Hyuk, yang tengah berusaha menangkap pelaku pembunuhan berantai yang terjadi pada tahun 1986. Namun di tengah pengejarannya, ia tiba-tiba terlempar ke tahun 2017 setelah masuk ke sebuah terowongan.

Di masa depan, ia pun berusaha memecahkan kasus tersebut yang belum pernah terungkap pembunuhnya. Adapun kasus dalam serial drama tersebut benar-benar terjadi di wilayah Hwaseong, Provinsi Gyeonggi di rentang tahun 1986-1991. Namun, pelaku baru bisa tertangkap tiga dekade kemudian.

8. Through the Darkness


Through the Darkness
Official SBS

Serial drama "Through The Darkness" sukses membuat penonton terkesima lewat berbagai kasus yang disuguhkan dalam cerita. Usut punya usut, beberapa dari kasus tersebut rupanya diambil dari kejadian nyata. Salah satunya seperti kasus pembunuhan berantai Hwaseong, yang digadang-gadang sebagai kasus pembunuhan berantai tersadis di Korea.

Lalu, ada lagi kasus pembunuhan The Raincoat Killer yang dilakukan oleh Yoo Young Chul. Kisah Yoo Young Chul menjadi salah satu kisah kriminal paling terkenal di Korea Selatan. Serial drama ini sendiri bercerita mengenai pengalaman nyata profiler di Korea Selatan dalam mengungkap kasus pembunuhan berantai.

9. Extracurricullar


Extracurricullar
Netflix Korea

Siapa sangka jika cerita dalam serial drama "Extracurricular" ternyata berasal dari pengalaman pribadi sang penulisnya, Jin Han-sae. Waktu masih menempuh pendidikan di sekolah menengah di Selandia Baru, ia melihat seorang anak yang menjual rokok kepada teman-temannya. Ia pun sempat merenung betapa berbedanya dunia mereka walau sama-sama anak SMA.

"Saya tidak menyadari beratnya kejahatan yang dia lakukan hanya untuk tujuan menghasilkan uang," kata Jin dalam interview. Lalu ia pun terdorong untuk menulis naskah "Extracurricular" pada musim gugur tahun 2018. Itu dia lakukan setelah membaca artikel berita tentang beberapa remaja yang terjebak dalam kejahatan terorganisir.

Nah, itulah tadi 10 rekomendasi drama Korea bergenre horor yang diambil dari kisah nyata. Di layar kaca saja menegangkan, maka bisa dibayangkan bagaimana mengerikannya peristiwa itu saat terjadi di dunia nyata, bukan?

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru