Intip 10 Jenis Pekerjaan Minim Stres Dengan Gaji Tinggi, Cocok Buat Anak Muda Yang Gampang Emosi
Rawpixel
SerbaSerbi

Cari tahu 10 jenis pekerjaan yang disebut minim memicu stres dengan bayaran tinggi. Pekerjaan seperti ini dinilai cocok untuk anak muda yang gampang naik darah dan sering baper.

WowKeren - Bekerja di tempat bergengsi dengan gaji tinggi tentu adalah impian banyak orang. Namun, semakin mentereng jabatan atau gaji yang dimiliki biasanya makin tinggi pula beban kerja yang harus ditompang.

Beratnya beban kerja tak jarang membuat banyak pegawai merasa stres. Banyak di antara pekerja merasa tak memiliki work life balance yakni ketidakseimbangan antara dunia kerja dan kehidupan sehari-hari. Alhasil, mereka kerap uring-uringan dan mudah emosi.

Kasus seperti ini banyak ditemui di kalangan anak muda yang memiliki kesabaran setipis tisu. Ujung-ujungnya, mereka merasa tertekan dan memutuskan untuk resign. Menurut survei global, sekitar 40% Gen Z (usia 19-24) dan 24% generasi milenial (usia 28-39) kerap meninggalkan pekerjaan mereka dalam waktu dua tahun.


Dari survei tersebut, persoalan Gen Z dan milenial nyaris sama yakni lelah karena lingkungan kerja. Menurut psikolog Dr. Natalie Baumgartner, anak muda menyukai lingkungan kerja yang memiliki fleksibilitas tinggi.

"Dengan mencari apa yang hilang dalam peran mereka saat ini, generasi muda berharap menemukan budaya dan fleksibilitas yang lebih baik, yang menurut mereka dapat membantu meringankan kondisi kelelahan mereka saat ini," kata Dr. Natalie.

Karena itu, WowKeren merekomendasikan 10 jenis pekerjaan yang disurvei minim menyebabkan stres. Pekerjaan ini disebut cocok untuk anak muda yang gampang emosi dan lelah. Penasaran apa saja? Yuk, cari tahu di ulasan berikut ini.

(wk/Sisi)

1. Petani, Peternak & Segala Posisi Di Bidang Pertanian


Petani, Peternak & Segala Posisi Di Bidang Pertanian
Pxhere

Segala jenis pekerjaan di bidang pertanian atau peternakan dikatakan minim memicu stres. Tak harus menjadi pemilik ternak atau pengelola pertanian, Anda bisa mencari beberapa posisi di perusahaan yang berjalan di bidang tersebut.

Salah satu faktor penyebab pekerjaan ini minim memicu stres karena Anda akan sering berada di alam yang asri. Menurut Insider, profesi di bidang pertanian atau peternak bisa menghasilkan gaji tahunan rata-rata 78.440 USD atau setara dengan Rp 1,1 miliar.

2. Business Analyst


Business Analyst
Pxhere

Sekilas dari namanya terlihat rumit, namun profesi ini adalah salah satu jenis pekerjaan yang banyak diminati anak muda. Seorang analis biasanya bertugas mencatat data bisnis, keuangan dan ekonomi untuk dilaporkan ke eksekutif atau pemangku kepentingan.

Seorang analis kemudian akan merekomendasikan tindakan yang relevan untuk diambil atas nama bisnis. CNBC melaporkan gaji tahunan seorang analis bisa mencapai 100.910 USD atau setara dengan Rp 1,5 miliar.

3. Fotografer


Fotografer
Pexels

Bila ditekuni dengan baik, fotografer bisa menjadi profesi yang sangat menjanjikan. Profesi ini juga cocok untuk anak muda yang suka kebebasan dan berkreasi sesuka hati. Pekerjaan ini bahkan tak membutuhkan gelar tinggi. Anda hanya perlu memiliki skill dan keahlian yang mumpuni demi menyenangkan hati klien.

Fotografer digolongkan sebagai salah satu pekerjaan dengan tingkat stres yang rendah. Profesi ini juga diteliti bisa meningkatkan emosi positif dalam diri seseorang. Diperkirakan seorang fotografer profesional bisa meraup gaji sebesar 51,946 USD atau setara Rp 780 juta setiap tahunnya.

4. Dokter Gigi


Dokter Gigi
Pexels

Profesi dokter gigi atau ahli kesehatan gigi adalah jenis pekerjaan yang sangat menguntungkan. Seorang dokter gigi bertugas memeriksa, mengevaluasi dan memperbaiki masalah dalam gigi. Sudah jadi rahasia umum bahwa perawatan gigi memakan biaya yang cukup mahal.

Pekerjaan ini dinilai minim menimbulkan stres karena dokter hanya berfokus pada klien mereka. Mereka tak mengurus hal-hal lain selain masalah gigi pasien. Pekerjaan ini memiliki rata-rata gaji pertahun 81.016 USD atau setara dengan Rp 1,2 miliar.

5. Ahli Gizi


Ahli Gizi
Pixabay

Pekerjaan yang berbau medis dan kesehatan selain dokter gigi adalah ahli gizi. Profesi ini biasanya dibutuhkan oleh banyak perusahaan yang berjalan di bidang makanan atau minuman. Ahli gizi juga sering dicari untuk membantu seseorang atau keluarga dalam menjalankan hidup sehat.

Profesi ahli gizi diperkirakan akan meningkat sekitar 7% di tahun 2031. Profesi ini dinilai memiliki tingkat stres yang rendah karena ahli gizi hanya fokus pada makanan, vitamin, dan mineral yang layak dikonsumsi oleh tubuh manusia. Profesi ini memiliki gaji rata-rata 61.650 USD atau setara Rp 920 setiap tahunnya.

6. Dosen


Dosen
Pexels

CareerCast menyebut dosen atau profesor di sebuah universitas sebagai pekerjaan yang memiliki tekanan rendah. Hanya saja, pekerjaan ini memerlukan syarat pendidikan yang cukup tinggi yakni Ph.D atau gelar setara doktor.

Tentu tugas utama dosen adalah memberi ilmu dan mengajar anak didik mereka. Profesi ini diperkirakan memiliki gaji rata-rata tahunan sebesar 79.640 USD atau setara dengan Rp 1,2 miliar.

7. Penerjemah Bahasa Asing


Penerjemah Bahasa Asing
Pixabay

Penerjemah bahasa asing juga dikategorikan sebagai salah satu pekerjaan dengan tingkat stres yang rendah. Pasalnya, seseorang yang menekuni profesi ini hanya mengandalkan kemampuan berbahasa asing yang mereka miliki.

Bila ditekuni secara profesional, penerjemah bahasa bisa sangat menjanjikan untuk masa mendatang. Banyak perusahaan swasta maupun pemerintah membutuhkan seorang penerjemah untuk meningkatkan kerja sama dengan banyak perusahaan asing.

8. Seniman/Publik Figur


Seniman/Publik Figur
Pexels

Pekerja seni atau publik figur masuk dalam kategori pekerjaan dengan tingkat stres yang rendah. Banyak publik figur yang merantau ke Ibu Kota kini menjadi artis besar dengan bayaran fantastis.

Beberapa di antara mereka bahkan bekerja sesuai jam yang mereka tentukan sendiri. Artis atau publik figur sering tersenyum demi menghibur banyak orang. Secara tak langsung hal itu membuat mereka ikut merasakan emosi bahagia.

9. Ahli Matematika


Ahli Matematika
Pexels

Percaya atau tidak, guru atau ahli matematika ternyata diteliti sebagai pekerjaan dengan tingkat stres minim. Meski sering berkutat dengan angka, guru atau ahli matematika hanya perlu berbagi ilmu dan memastikan anak didik paham terhadap penjelasan mereka.

Matematika adalah ilmu yang pasti sehingga profesi ini hanya perlu mengulangi hal-hal yang sudah ada sejak lama. Tingkat stres pekerjaan ini dinilai 4 dari angka 10 dengan gaji rata-rata 93.000 USD atau setara Rp 1,3 miliar setiap tahunnya tergantung jam terbang setiap orang.

10. YouTuber/Konten Kreator


YouTuber/Konten Kreator
Pexels

Terakhir, ada YouTuber atau konten kreator. Profesi semacam ini saat ini tengah digeluti oleh banyak anak muda. Selain karena jam kerja yang fleksibel dan tak mengikat, penghasilan dari YouTube bisa sangat menjanjikan bergantung dari banyaknya likes dan views yang diterima.

Untuk menjadi YouTuber atau konten kreator modal yang dibutuhkan juga terbilang irit. Pasalnya, Anda hanya perlu menyiapkan kamera, komputer atau laptop yang layak dan beberapa barang elektronik pendukung lainnya.

Bagaimana tertarik dengan jenis-jenis pekerjaan di atas? Sebetulnya, segala pekerjaan mempunyai risiko dan keuntungan masing-masing bergantung seperti apa seseorang menyikapinya. Kendati begitu, semoga sobat WowKeren bisa menemukan pekerjaan impian ya. Sampai jumpa di next artikel, see you!

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait