Mikha Tambayong Takut Ayam, 10 Artis Ini Punya Fobia Unik
Instagram/miktambayong
Selebriti

Fobia ditandai oleh ketakutan yang menetap dan tidak rasional terhadap suatu objek atau situasi tertentu. Tak pandang bulu, deretan selebriti berikut ini juga mengalami ketakutan terhadap objek yang mana cukup unik.

WowKeren - Fobia merupakan kondisi keterbatasan karena dorongan kecemasan dan ketakutan akan sesuatu. Fobia ditandai oleh ketakutan yang menetap dan tidak rasional terhadap suatu objek atau situasi tertentu. Saat menghadapi fobia, fisik penderita biasanya gemetar, jantung berdebar-debar, terkadang disertai sesak nafas. Secara psikis, pengidap fobia juga akan merasakan cemas yang tak berdasar.

Biasanya pengidap fobia cenderung tahu bahwa ketakutannya tidak beralasan, tapi tidak bisa mengendalikannya dan lebih memilih menghindari objek atau situasi yang ditakuti itu. Hal tersebut yang menjadikan fobia dan ketakutan biasa berbeda jauh. Faktor penyebab fobia juga beragam yang mana bisa karena trauma, lingkungan hingga tingkat stres yang tidak diatasi dengan baik.


Seseorang disebut mengalami fobia apabila ketakutan yang dirasa tidak sebanding dengan situasi bahaya yang bisa terjadi karena objek atau situasi tertentu. Selanjutnya jika hal tersebut telah berlangsung lebih dari 6 bulan dan berdampak langsung pada kesehatan mental hingga kehidupan sehari-hari.

Di sisi lain, fobia juga banyak jenisnya. Diantaranya ada ketinggian, ruang, warna bahkan hingga makanan atau hewan. Fobia bisa menyerang siapapun tak terkecuali para artis Tanah Air. Deretan selebriti berikut ini memiliki ketakutan yang tak biasa. Melalui artikel ini, tim WowKeren mengajak pembaca sekalian untuk melihat artis yang memiliki fobia sehingga lebih peka terhadap sekitar. Simak berikut ini:

(wk/rosi)

1. Mikha Tambayong


Mikha Tambayong
Instagram/miktambayong

Mikha Tambayong memiliki ketakutan terhadap ayam. Bahkan istri Deva Mahenra ini sangat ketakutan hingga berteriak kala seekor ayam mendekat. Saat tampil di sesi "Mengenal Dekat" kanal YouTube MD Music, Mikha mengaku bahwa ayam menjadi fobianya yang nomor satu.

Karena ketakutan-nya terhadap ayam, Mikha selalu mengajukan syarat kepada tim produksi agar tidak syuting di tempat yang ada ayamnya. Yang gak kalah mengagetkan, Mikha bahkan sangat takut terhadap celengan yang berbentuk ayam.

2. Raffi Ahmad


Raffi Ahmad
Instagram/raffinagita1717

Ketakutan Raffi Ahmad terhadap buah rambutan juga gak kalah menjadi buah bibir. Suami Nagita Slavina ini takut rambutan karena geli dengan rambut yang melekat di kulit buah tersebut. Tak jarang Raffi Ahmad marah kala ada orang yang melemparkan rambutan ke arahnya.

Bahkan Nagita Slavina pun tak lolos dari amukan Raffi. Namun tampaknya ayah Rafathar ini akhirnya berdamai dengan rasa takutnya hingga berani memegang rambutan kala ngelawak di "Opera Van Java".

3. Anya Geraldine


Anya Geraldine
Instagram/anyageraldine

Anya Geraldine memiliki fobia terhadap hiu. Bintang "Layangan Putus" ini bahkan terngiang-ngiang ketika sedang berada di kolam renang. Hal tersebut Anya ceritakan sendiri lewat unggahan Instagramnya saat menerima tantangan dari Baim Wong untuk menyelam di laut pulau Neptune pada 21 Maret 2020 lalu.

Di sana, Anya berusaha menaklukan fobianya tersebut dengan menerima tantangan dari Baim Wong dan Red Bull. Awalnya Anya enggan menerima hingga akhirnya ia pun memberanikan diri. Mungkin sebagian orang menyukai laut namun tidak dengan para penghuninya, salah satunya ialah hiu.

4. Pongki Barata


Pongki Barata
Instagram/pongki_barata

Trauma menjadi salah satu faktor yang membuat orang mengalami fobia pada benda tertentu. Hal ini dialami oleh Pongki Barata yang ketakutan terhadap pisang. Saking takutnya, vokalis Jikustik ini bahkan enggan sekedar melihat tampilan buah pisang.

Usut punya usut, Pongki memiliki trauma terhadap buah pisang karena teman masa kecilnya sering menyebut buah berbentuk bulan sabit itu seperti pocong. Ingatan tersebut begitu membekas kepada Pongki hingga ia tak mau makan buah pisang. Bahkan makanan yang terdapat campuran buah pisang pun ia enggan.

5. Ananda Omesh


Ananda Omesh
Instagram/omeshomesh

Fobia nasi kotak mungkin terdengar sangat asing, namun Ananda Omesh benar mengalaminya. Hal ini cukup mengejutkan terutama sebagai selebriti, Omesh tentunya sering menerima nasi kotak saat berada di lokasi syuting. Namun Omesh akan ketakutan kepada nasi kotak yang berwarna putih.

Fobia Omesh ini ternyata dikarenakan sang komedian terlalu sering memakan nasi yang berada di dalam kotak putih saat dikarantina selama 1 bulan kala Pandemi COVID-19. Bahkan dalam 3 kali sehari ia akan mendapatkan jatah makan nasi kotak. Nah, aroma khas saat nasi kotak dibuka yang membuat Omesh tidak tahan.

6. Prilly Latuconsina


Prilly Latuconsina
Instagram/prillylatuconsina96

Kucing merupakan hewan yang lucu, namun berbeda bagi Prilly Latuconsina. Aktris cantik kelahiran 15 Oktober 1996 ini mengaku sendiri jika dirinya sangat fobia dengan kucing sejak kecil. Selain kucing, bebek yang terlihat lucu juga menjadi ketakutan Prilly. Bahkan kedua binatang tersebut menurut prilly lebih seram dari hantu.

Hal tersebut ia sampaikan sendiri lewat Instagram pribadinya kala membintangi film "Danur". Demi film "Danur", Prilly Latuconsina mencoba menaklukan sebuah challenge di mana dirinya harus memegang seekor bebek.

7. Arafah Rianti


Arafah Rianti
Instagram/arafahrianti

Bagi orang lain, jengkol merupakan kudapan yang nikmat, namun tidak dengan Arafah Rianti. Komedian jebolan "Stand Up Comedy" tersebut mengaku fobia terhadap jengkol atau olahan yang ada jengkolnya. Saking takutnya, Arafah pernah pingsan saat diminta makan jengkol di acara "Brownis". Arafah menjadi bintang tamu dan di bagikan sebuah kado yang maan isinya jengkol. Ia menjerit kemudian memberikan langsung kepada bintang tamu lainnya.

8. Audi Marissa


Audi Marissa
Instagram/audimarissa

Artis yang punya fobia buah lainnya adalah Audi Marissa. Ia bahkan tak jarang hanya bisa menangis dan terdiam kala berada di tengah orang-orang yang memakan durian. Audi Marissa ternyata memiliki fobia terhadap buah yang memiliki bau khas ini. Audi Marissa sangat tidak tahan dengan baunya hingga langsung muntah. Melihat tekstur buah durian, Audi Marissa juga takut jika durinya akan melukainya.

9. Desta


Desta
Instagram/desta80s

Desta rupanya fobia dengan pepaya karena waktu kecil dipaksa makan buah tersebut. Saat kecil, Desta dipaksa untuk makan buah yang berbentuk lonjong serta memiliki rasa yang manis tersebut. Saat mencium baunya, Desta bahkan bisa langsung mual. Sama seperti Pongky yang takut terhadap pisang karena pengalaman masa kecilnya yang tak menyenangkan dengan buah tersebut, Desta juga mengalami hal yang sama. Hingga saat ini pun, Desta masih fobia dengan buah pepaya.

10. Iko Uwais


Iko Uwais
Instagram/iko.uwais

Iko Uwais dikenal sebagai aktor laga yang hebat dan kariernya bahkan tembus Hollywood. Namun aktor ini rupanya memiliki fobia terhadap sesuatu yang bahkan tidak terduga sama sekali, yakni kerupuk. Menurut bintang film "The Raid" ini, remah-remah kerupuk bisa membuatnya gatal-gatal jika menempel di kulit. Bagi beberapa orang, kerupuk merupakan kudapan yang enak terutama jika dikombinasikan dengan sambal dan nasi. Namun Iko Uwais memiliki fobia tersendiri terhadap kerupuk.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait