Anya Geraldine Profile
Anya Geraldine Profile Photo

Anya Geraldine

Profesi
Vlogger, model, aktris
Nama Asli
Nur Amalia Hayati
Tgl Lahir
Dec 15, 1995
Lahir di
Jakarta, Indonesia
Profesi
Vlogger, model, aktris
Populer
Mengunggah vlog bersama kekasihnya (2016)
Tempat Lahir
Jakarta, Indonesia
Kewarganegaraan
Indonesia
Kekasih
Okky Raditya (mantan), Bio One (aktor, mantan), Ovi Rangkuti
Populer Sejak
Mengunggah vlog bersama kekasihnya (2016)

Nur Amalina Hayati atau yang lebih dikenal dengan panggilan Anya Geraldine lahir di Jakarta pada 15 Desember 1995. Diketahui, Nur Amalina Hayati merupakan nama pemberian ibu Anya yang memang sangat religius. Sedangkan Anya Geraldine sendiri adalah nama yang ingin diberikan oleh sang ayah.

"Mamaku itu orangnya sebenarnya Islami banget, kak Desta. Religius," ungkap Anya kala menjadi bintang tamu program "Tonight Show" pada 2021. "Nah terus papaku itu pengin namanya itu Anya Geraldine. Mamaku maunya namanya Nur Amalina Hayati. Tapi waktu lagi lahiran tuh papaku enggak dateng, jadi mamaku (ngasih) namanya itu."

Sejak berusia 5 tahun, Anya kehilangan sosok ayah dan hanya tinggal bersama sang ibu lantaran kedua orangtuanya bercerai. Meski demikian, Anya tidak terlalu merasa kehilangan karena saat itu dirinya masih terlalu kecil untuk memahami situasi.

"Jadi yang aku inget tuh di otak aku cuma waktu itu papaku ada sampai aku kayak TK doang gitu. Terus kehilangannya cuma kayak, biasanya nganterin sekolah, ini enggak ada," bebernya.

Saat SD, Anya memiliki bentuk tubuh chubby. Namun tubuhnya menyusut saat SMP dan ia mulai berpacaran sejak usia 13 tahun. Anya menduga dirinya jadi sering berpacaran karena sudah kehilangan sosok ayah sedari kecil.

Hubungan asmara Anya bahkan sempat membuatnya kabur dari rumah. Di tahun 2014, kala ia masih berkuliah, Anya pernah kabur dari rumah karena sang ibu tidak merestuinya pacaran dengan seorang pria. Saat kabur selama sekitar satu minggu itu, Anya merasakan yang namanya hidup susah karena tidak memiliki uang.

"Kabur terus aku kayak, kalau enggak numpang makan di rumah temen… Kan enggak punya duit, kartu ATM diambil sama mama aku kan. Jadi aku kalau di kampus cuma beli ice tea 2.500, kalau enggak kalau lapar makan cilok 5.000 dapat 10 biji," jelasnya.

Setelah itu, Anya memulai kariernya di dunia hiburan sebagai seorang model. Ia sempat mengikuti kelas modelling di Kimmy Jayanti School dan pernah menjuarai ajang Gading Model Search pada tahun 2016. Selain menjadi model, Anya juga coba-coba menjadi seorang YouTuber.

"Sebelum jadi YouTuber aku model dulu. Waktu kuliah aku sambil sekolah model, sembari jadi model jadi YouTuber juga. Bener-bener iseng karena video yang aku upload juga aku rekam pake HP aku, itu iPhone pertama aku 6s warna pink," terang Anya dalam program Hello Story yang tayang di YouTube Channel MD Entertainment.

Kala itu, konten YouTube Anya hanya seputar aktivitas kesehariannya. Biasanya, ia akan mengambil video saat liburan dan mengunggahnya ke YouTube. Namun siapa sangka, konten Anya tersebut akan menarik banyak penonton. Alhasil, Anya juga bisa melebarkan sayapnya di platform Instagram. Dengan jumlah followers yang terus bertambah, Anya mulai menerima sejumlah endorsement hingga akhirnya ditawari untuk main film.

"Dari situ ada tawaran main film, horor waktu itu (film) pertama. Jadi awalnya tuh pas aku jadi selebgram, emang kerjaannya kan post endorse, kontenin hidup. Waktu itu banyak orang ngomong enggak punya bakat, blablabla. Akhirnya ada yang nawarin film. Kenapa aku berani, pengin nyoba keluar dari comfort zone nih, kira-kira bisa enggak? Abis itu aku nyoba main film, itu film horor itu tahun 2017," jelas Anya.

Film layar lebar pertama yang dibintangi oleh Anya berjudul "Tusuk Jelangkung di Lubang Buaya". Anya belakangan mengakui bahwa aktingnya di film tersebut masih sangat kaku. "Waktu itu awal-awal main film horror aku kaku banget, jelek banget. Terus aku ngerasa, ‘kayaknya gue emang enggak ada bakat akting’. Tapi besok-besokannya ditawari lagi, ditawari lagi, akhirnya belajar, belajar, belajar. Eh, sekarang malah lebih senengan akting," katanya.

Setelah itu, Anya kembali mengambil proyek akting lewat film "Yowis Ben 2" arahan Bayu Skak pada 2019. Di tahun yang sama, Anya juga membintangi film drama "Rembulan Tenggelam di Wajahmu" bersama Bio One, Arifin Putra, hingga Ari Irham.

Selain film, Anya juga sempat membintangi sejumlah web series. Web series pertama yang dibintangi Anya berjudul "Lady Giga" dan merupakan bagian dari promosi produk Smartfren. Di tahun 2020, Anya juga sempat membintangi serial "Pretty Little Liars" yang diadaptasi dari buku dan serial TV Amerika Serikat berjudul sama.

Meski telah membintangi berbagai genre film dan web series, Anya justru banyak dikenal sebagai karakter pelakor (pencuri laki orang). Menurutnya, hal ini terjadi karena film dan web series dimana ia memainkan karakter pelakor rilis dalam waktu yang berdekatan. Diketahui, Anya memerankan karakter wanita selingkuhan di film "Selesai" yang rilis pada Agustus 2021, dan kembali menjadi wanita pelakor di web series "Layangan Putus" yang tayang sejak November 2021.

"Sebetulnya ini kebetulan aja. Ini gara-gara yang dua proyek terakhir ini kombo. Jadi yang pertama selesai dulu tuh, keluar. Habis itu yang ini kan, yang ‘Layangan Putus’ yang series. Nah kebetulan aja kombo. Jadi ibaratnya dari 10, jadi cuma 2 (memerankan karakter pelakor). Sisanya tuh biasanya jahat/baik. Cuma kebetulan aja ini proyeknya lagi begitu," jelasnya.

Tak hanya dunia akting, Anya juga memilih untuk terjun ke dunia bisnis. Pada 2021 lalu, Anya mengenalkan produk kecantikan bernama A Girl. Produk tersebut menawarkan lipsauce yang berbahan dasar air. Selain bisnis kosmetik, Anya juga merambah dunia kuliner lewat Nasi Gila Bucin dan kedai Burger Bar.

Dari sisi kehidupan pribadi, Anya diketahui sempat menjalin hubungan asmara dengan sejumlah pria. Salah satu pria yang pernah menjadi kekasih Anya adalah Okky Raditya. Pada 2016 silam, Anya dan Okky sempat ramai menjadi buah bibir karena gaya pacaran mereka yang dinilai kurang layak dipublikasikan. Anya juga sempat disindir terlalu bucin karena menghadiahkan mobil mewah untuk Okky di hari ulang tahunnya. Namun, hubungan Anya dan Okky telah kandas pada tahun 2018 lalu.

Setelah putus dari Okky, Anya kemudian mulai menggandeng aktor Bio One. Awalnya, hubungan Anya dan Bio One sempat dituding settingan untuk mendongkrak nama mereka di dunia hiburan. Namun keduanya membantah hal tersebut dan mengaku mulai dekat berkat proyek "Pretty Little Liars". Sayangnya, percintaan Anya dan Bio One juga kandas di tengah jalan.

"(Putus) itu jalan Tuhan kali ya. Saya jadian sama dia dulu suka ya suka saja, ayo jadian. Ada masalah, putus, ya, putus. Terjadi begitu saja," katanya.

Selain itu, Anya juga sempat menjalin hubungan asmara dengan seorang pengusaha muda bernama Ovi Rangkuti. Diketahui, Ovi merupakan teman lama Anya yang kembali dekat dengannya. Anya pun tak segan membagikan momen mesranya dengan Ovi ke media sosial. Sayangnya, hubungan mereka berdua juga kandas di tengah jalan.

Kini, Anya tengah berpacaran dengan pria Medan bernama Nadif Zahirudin. Awalnya, Anya mengaku tidak ingin sesumbar soal hubungannya di media sosial dan pacaran diam-diam. Namun Anya kemudian mengaku tidak kuat menahan hasrat untuk memamerkan pacarnya di media sosial.

"Aku kemarin-kemarin sempat kayak backstreet gitu. Waktu awal-awal gitu, kayak ah enggak mau umbar-umbar pacaran banget ah," jelas Anya dalam video Tasya Farasya. "Terus lama-lama tidak kuat juga menahan rasa sayang ini, aku post deh."

Anya sendiri baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-27 pada 15 Desember 2022 bersama Nadif. Melalui unggahannya di Instagram, Anya membagikan momen dinner romantis bersama Nadif. Yang unik, dinner Anya dan Nadif dilakukan di dalam restoran ala gua dengan pencahayaan yang romantis.

Meski kini telah mengembangkan karier sebagai seorang aktris hingga pengusaha, Anya diketahui sempat terseret kontroversi. Di awal kemunculannya sebagai seorang influencer, Anya sempat membagikan momen mesra saat liburan bersama pacarnya kala itu, Okky Raditya. Namun video mesra Anya dan Okky ditanggapi negatif oleh Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Pihak KPAI memberikan teguran karena menilai Anya sebagai seorang influencer dapat mempengaruhi perilaku remaja yang menonton videonya.

Setelah mengikuti pertemuan tertutup dengan pihak KPAI, Anya menyampaikan permintaan maafnya. "Kedatangan kami dalam memenuhi undagan KPAI terkait konten yang diatur. Kami mengakui melakukan kelalaian, video yang berdurasi 5 menit 14 detik, kami sudah menghapus. Mungkin video itu diupload orang yang tidak bertanggung jawab," tutur Anya pada 2016 lalu.

Selain itu, Anya juga sempat dikritik karena mengunggah foto memegang tiang bambu bendera merah putih yang terkibar dengan robek pada 2018 lalu. Foto yang diambil di pinggir pantai tersebut mendapat hujatan dari netizen karena Anya dinilai tidak menghargai jasa para pahlawan. Bahkan ada netizen yang menyinggung pasal Undang-Undang Nomor 24 tahun 2009 yang melarang mengibarkan Bendera Negara yang rusak, robek, luntur, kusut, atau kusam.

Terlepas dari kontroversi yang sempat menyeretnya, Anya juga menggunakan platform-nya untuk melakukan kebaikan. Anya sempat berpartisipasi dalam VRIFEST Infina Virtual Reality Festival 2020, sebuah festival VR yang mempertemukan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dengan nano influencer. Deretan selebriti serta UMKM terdampak pandemi COVID-19 digandeng dalam acara tersebut untuk tetap semangat menghadapi situasi.

Meski dulu sempat disindir tak punya bakat, Anya kini sudah bisa membuktikan diri lewat karyanya di dunia akting. Di tahun 2022 saja, Anya sudah membintangi satu film dan dua web series. Namun ia mengaku masih harus banyak belajar soal dunia akting.

Filmografi

Film

  1. "Tusuk Jelangkung di Lubang Buaya" sebagai Mayang (2018)
  2. "Yowis Ben 2" sebagai Asih (2019)
  3. "Rembulan Tenggelam di Wajahmu" sebagai Fitri (2019)
  4. "Sabar Ini Ujian" sebagai Sherly (2020)
  5. "Serigala Langit" sebagai Nadya (2021)
  6. "Selesai" sebagai Anya (2021)
  7. "Yowis Ben 3" sebagai Asih (2021)
  8. "Yowis Ben Finale" sebagai Asih (2021)
  9. "Garis Waktu" sebagai Sanya (2022)

Web Series

  1. "Lady Giga" sebagai Anya (2019)
  2. "Pretty Little Liars" sebagai Yohanna (2020)
  3. "Julid oh Julid" sebagai Bu Karina (2020)
  4. "World of Dr Boyke" sebagai Suster Linda (2020)
  5. "Gimana Nanti, Nanti Gimana" sebagai Debi (2020)
  6. "Layangan Putus" sebagai Lydia (2021)
  7. "Aku Pasti Ada Untukmu" sebagai Steffy (2022)
  8. "The Sexy Doctor is Mine" sebagai Arini (2022)
  9. "Pretty Little Liars 2" sebagai Yohanna (2022)

Penghargaan

Festival Film Bandung

  1. 2022: Pemeran Pembantu Wanita Terpuji Serial Web (nominasi)

Insert Fashion Awards

  1. 2021: Fashionable Youth

Kiss Awards

  1. 2020: Pasangan Kiyut Terkiss (bersama Rizky Febian) (nominasi)

Trivia

  1. Sejak kecil sudah dipanggil Anya oleh nenek dan teman-temannya, tapi tetap dipanggil Nur saat absensi di kelas
  2. Bukan artis, cita-cita Anya di masa kecil adalah menjadi seorang pembalap atau guru
  3. Pernah hampir tidak naik kelas saat SMA karena sering bolos sekolah
  4. Lulus sebagai Sarjana Ilmu Komunikasi dengan nilai B dari Kalbis Institute pada 2021
  5. Terjun ke dunia akting karena tidak terima dihina tak berbakat oleh netizen
  6. Sempat sering sakit perut, kembung, hingga mual karena mengalami intoleransi laktosa
  7. Jarang mandi karena selalu beraktivitas dalam ruangan yang ber-AC
  8. Mengelola bisnis ternak lele dan bebek bersama teman-temannya
  9. Hobi olahraga, mulai dari bersepeda, naik kuda, hingga golf
  10. Kedua orangtuanya sudah lama bercerai, Anya sempat mengaku ingin punya ayah seperti Deddy Corbuzier
  11. Suka minum susu dengan botol dot bayi
  12. Pernah kepikiran untuk pensiun jadi artis
  13. Ibunda Anya sempat khawatir usai melihat adegan intim sang putri dengan aktor Reza Rahadian di series "Layangan Putus"
  14. Berjalan di atas runway New York Fashion Week 2022 untuk koleksi Erigo-X
  15. Buku kesayangannya sempat ketinggalan di pesawat dalam perjalanan pulang dari New York, Amerika Serikat ke Indonesia
  16. Boygroup Tiongkok WayV mengumumkan Anya sebagai pemenang Fashionable Youth di Insert Fashion Awards 2021