Kenal Dekat: Refal Hady, Aktor Tampan Pemeran Mas Bian yang Pernah Jadi Agen Asuransi
Instagram/refalhady
Selebriti

Yuk, kenalan lebih dekat dengan aktor tampan pemeran karakter Mas Bian di film dan serial 'Wedding Agreement'. Mulai dari perjalanan karier hingga hubungan asmaranya.

WowKeren - Aktor tampan Refal Hady sukses mencuri hati banyak penonton lewat perannya sebagai Mas Bian di serial "Wedding Agreement: The Series" pada 2022. Dengan wajah tampan dan image cool serta maskulin, Refal bahkan berhasil masuk dalam nominasi 100 Most Handsome Faces 2022 versi TC Candler.

Popularitas melejit berkat karakter Mas Bian, Refal ternyata sudah aktif di dunia akting sejak 2016. Ia bahkan mengaku kerap ikut casting sejak sebelum kuliah hingga jatuh sakit. Pengalaman ini membuat orangtua Refal sempat melarangnya ikut casting lagi dan terjun ke dunia hiburan. Namun berkat kegigihannya, Refal mampu meraih cita-citanya sebagai seorang aktor.


Meski kini telah meraih kesuksesan, Refal harus melalui jalan panjang hingga bisa terjun ke dunia akting. Sebelum terkenal seperti sekarang, Refal ternyata pernah bekerja kantoran sebagai agen asuransi. Ia bahkan sempat menawarkan produk asuransi kepada Indra Bekti di sela-sela proses syuting.

Selain prestasinya, kehidupan pribadi Refal juga banyak disorot oleh publik. Banyak yang penasaran tentang siapa kekasih Refal. Tak hanya itu, Refal bahkan sempat dijodoh-jodohkan dengan artis cantik Indonesia.

Penasaran siapa artis cantik yang dijodoh-jodohkan dengan Refal? Ingin tahu lebih banyak soal kisah Refal merintis karier di dunia hiburan? Cari tahu jawabannya lewat ulasan profil dan perjalanan kariernya berikut ini!

(wk/Bert)

1. Profil Umum


Profil Umum
Instagram/refalhady

Nama Selebriti: Refal Hady

Nama Asli: Reza Fahlevi Alhady

Tanggal Lahir: 24 Oktober 1993

Tempat Lahir: Jakarta

Tinggi Badan: 175 cm

Gender: Pria

Zodiak: Scorpio

Kewarganegaraan: Indonesia

Pekerjaan: Aktor

Warna Rambut: Hitam

Warna Mata: Hitam

Pendidikan:

  1. Universitas Bina Nusantara

Terkenal sejak: Berperan sebagai Galih di film "Galih dan Ratna" (2017)

Akun Media Sosial Resmi:

  1. Instagram: refalhady
  2. Twitter: refalhady
  3. TikTok: refaaalhady

2. Filmografi


Filmografi
Instagram/refalhady/indahpermatas

Film

  1. "Galih dan Ratna" sebagai Galih Rakasiwi (2017)
  2. "Critical Eleven" sebagai Harris Risjad (2017)
  3. "Kinetik" sebagai Karim (2017)
  4. "Susah Sinyal" sebagai Abe (2017)
  5. "Dilan 1990" sebagai Kang Adi (2018)
  6. "#TemanTapiMenikah" sebagai Rifnu (2018)
  7. "Orang Kaya Baru" sebagai Banyu (2019)
  8. "Antologi Rasa" sebagai Ruly Walantaga (2019)
  9. "Dilan 1991" sebagai Kang Adi (2019)
  10. "Wedding Agreement" sebagai Biantara Wicaksana (2019)
  11. "Aku dan Mesin Waktu" sebagai Rama (2021)
  12. "Tarian Lengger Maut" sebagai dr. Jati Arya Permana (2021)
  13. "A Perfect Fit" sebagai Rio (2021)
  14. "Pesan di Balik Awan" sebagai Awan (2021)
  15. "Langit Kala Senja" sebagai Langit (2021)
  16. "Perempuan Bergaun Merah" sebagai Putra (2022)
  17. "Bismillah Kunikahi Suamimu" sebagai Erel (2023)

Sinetron

  1. "Drama Queen" sebagai Jerry (2016)
  2. "Catatan Harianku" sebagai Pandu/Gantar (2021)
  3. "Pernikahan Palsu" sebagai Refal (2022)

Web Series

  1. "Teman, Kawan, Sahabat" sebagai Tama (2017)
  2. "Kenapa Belum Nikah?" sebagai Ivan (2018)
  3. "The Trilogy of Senses" sebagai Seto (2019)
  4. "Perfect Love" sebagai Bagir (2020)
  5. "Wedding Agreement the Series" sebagai Biantara Wicaksana (2022)
  6. "Daniel & Nicolette" sebagai Sean Martadinata (2022)
  7. "Aku Pasti Ada Untukmu" sebagai Tinton (2022)

FTV

  1. "Anakku Ditelantarkan Bapak Kandungnya" (2017)
  2. "Kutunggu Cinta 1000 Hari" (2017)
  3. "Cintaku Nyangkut di Warkop" (2017)
  4. "Sisterhood Kasmaran" (2017)
  5. "Malin Kundang, Cinta Secangkir Kopi" (2017)

3. Penghargaan


Penghargaan
Instagram/iwantirta_batik

Asian Academy Creative Awards

  1. 2022: Best Actor in a Leading Role (nominasi)

Festival Film Bandung

  1. 2022: Pemeran Utama Pria Terpuji Serial Web

Indonesian Movie Actors Awards

  1. 2018: Pendatang Baru Terbaik (nominasi), Pendatang Baru Terfavorit (nominasi)

Infotainment Awards

  1. 2022: Most Charming Male Celebrity (nominasi), Artis Paling Socmed (nominasi)

Piala Maya

  1. 2017: Aktor Pendatang Baru Terpilih (nominasi)

4. Trivia


Trivia
Instagram/refalhady
  1. Pernah bercita-cita menjadi seorang pilot
  2. Anak bontot, Refal memiliki perbedaan usia 18 tahun dari kakak pertamanya
  3. Di usia 5 tahun, Refal sudah memiliki keponakan pertama
  4. Pernah dijodohkan oleh orangtua namun tak berhasil
  5. Sempat merasa dirinya tak ganteng
  6. Pernah bekerja di sebuah perusahaan asuransi bersama ibunda sang mantan
  7. Pernah menawarkan produk asuransi pada Indra Bekti saat sedang syuting
  8. Deg-degan saat harus berperan sebagai kekasih Raline Shah di film “Orang Kaya Baru”
  9. Ingin mencoba memerankan karakter yang konyol
  10. Masuk nominasi 100 Most Handsome Faces 2022 versi TC Candler
  11. Jefri Nichol hingga Bryan Domani sudah mengakui kegantengan Refal Hady
  12. Memiliki hobi travelling dan bermain game
  13. Love language Refal adalah act of service dan quality time
  14. Ngefans dengan aktris cantik Raihaanun
  15. Teliti mencari pasangan karena hanya mau menikah sekali seumur hidup

5. Riwayat Hidup


Riwayat Hidup
Instagram/refalhady

Reza Fahlevi Alhady atau yang lebih dikenal dengan nama Refal Hady lahir di Jakarta pada 24 Oktober 1993. Ia merupakan anak bungsu dari tujuh bersaudara dan memiliki darah Arab dari pihak ayah.

Menurut Refal, keluarga kakek dari pihak ayahnya hijrah dari Madinah ke Irak lalu ke Yaman. "Jadi kakek gue hampir setengah hidupnya di Yaman dulu, baru ke Indonesia. Di Indonesia baru nyiarin agama lagi sampai bokap gue tinggal di sini," beber Refal dalam wawancara di kanal YouTube Folkative beberapa waktu lalu.

Refal tumbuh di tengah keluarga pengusaha. Namun Refal yang menyukai tantangan justru memilih untuk terjun ke dunia entertainment. Untuk mengejar impiannya, Refal sudah sibuk ikut casting sebelum masuk kuliah. Namun ia justru jatuh sakit sehingga orangtuanya khawatir dan melarang Refal untuk melanjutkan casting.

"Sebelum gua kuliah, sempet casting-casting tuh sampe tipes dua kali. Capek deh itu," beber Refal. "Abis itu enggak dibolehin sama keluarga gua, fokus kuliah aja."

Saat kuliah, Refal mengambil jurusan yang tak jauh-jauh dari dunia entertainment, yakni jurusan Broadcasting Universitas Bina Nusantara. Saat masih menjadi mahasiswa, Refal sempat magang di sebuah stasiun televisi swasta dan kemudian ditawari menjadi presenter di salah satu programnya.

Rupanya, posisi Refal sebagai presenter acara televisi membuka pintu ke dunia entertainment. Ia berhasil debut akting lewat sitkom "Drama Queen" yang tayang di NET TV pada 2016.

Setelah bergabung dengan manajemen artis, Refal lantas dikenalkan manajernya pada casting director dan pengarah peran bernama Sanca Khatulistiwa. Kala itu, Sanca mengabarkan ada audisi film "Galih dan Ratna" dan meminta Refal untuk berpartisipasi. Pada 2017, Refal resmi debut di layar lebar lewat "Galih dan Ratna" sebagai pemeran utama.

Berkat peran tersebut, Refal mendapat nominasi dari ajang Piala Maya 2017 dan Indonesian Movie Actors Awards 2018. Setelah itu, Refal membintangi berbagai judul film hits seperti "Dilan 1990", "Susah Sinyal", hingga "Antologi Rasa". Namun film "Wedding Agreement" yang rilis pada 2019 paling mencuri perhatian.

Dalam "Wedding Agreement", Refal beradu akting dengan aktris cantik Indah Permatasari. Chemistry manis Refal dan Indah membuat keduanya kembali dipercaya memerankan karakter yang sama di serial "Wedding Agreement: The Series" pada 2022.

Serial itu berhasil membuat popularitas Refal meroket. Refal mengaku dirinya jadi kerap disapa sebagai "Mas Bian" yang merupakan nama panggilannya di serial tersebut.

"Banyak sih macam-macam. (Di tempat umum) Ya dipanggilnya sudah jadi Mas Bian saja sekarang, sudah enggak ada Refal," beber Refal. "Refal siapa ya? Kayaknya enggak ada deh (Refal), jadi ya sudah yang ada Mas Bian saja sebenarnya."

Dengan popularitas yang tinggi, "Wedding Agreement: The Series" musim kedua kembali menggandeng Refal serta Indah dan dijadwalkan tayang tahun ini. Musim kedua akan mengambil setting 3 tahun setelah ending musim pertama, dimana karakter Bian dan Tari menghadapi masalah baru dalam rumah tangganya. Aktor Amerika Yoshi Sudarso juga akan bergabung di musim kedua ini.

Berkat “Wedding Agreement: The Series", Refal juga sukses menyabet piala Pemeran Utama Pria Terpuji Serial Web di ajang Festival Film Bandung 2022. Refal bahkan menjadi pemenang nasional Indonesia di ajang Asian Academy Creative Awards 2022 untuk kategori Best Actor in a Leading Role.

Setelah sukses dengan "Wedding Agreement: The Series", Refal membintangi web series lain seperti “Daniel & Nicolette” serta “Aku Pasti Ada Untukmu”. Selain itu, Refal juga tampil di film horror “Perempuan Bergaun Merah” pada 2022 dan film “Bismillah Kunikahi Suamimu” pada 2023.

Tak hanya berakting, Refal juga sempat menunjukkan kemampuan modelling-nya dengan melenggang di atas catwalk New York Fashion Week 2022. Refal bersama selebriti lain seperti Raffi Ahmad, Angga Yunanda, hingga Anya Geraldine tampil sebagai model Erigo X di NYFW 2022. Wajah tampan Refal bahkan masuk dalam akun Instagram resmi NYFW.

Di sisi lain, kehidupan pribadi Refal turut mendapat banyak sorotan mengingat ia kini menjadi salah satu sosok idaman wanita. Pada akhir 2022 lalu, Refal sempat mengaku dirinya memiliki sekitar tujuh orang mantan kekasih. Adapun tujuh orang mantan tersebut belum termasuk para wanita yang sempat dekat namun tidak sampai jadian dengan Refal.

"Haduh, mantan pacar.... sekitar tujuh doang," ungkap Refal kala menjadi bintang tamu acara "Foursome" yang diunggah ke kanal YouTube Cosmopolitan Indonesia. Meski demikian, Refal tidak mengungkapkan siapa saja ketujuh mantan pacar tersebut.

Refal sendiri sempat mempublikasikan hubungan asmaranya dengan wanita bernama Violet Desiree pada 2018 lalu. Kala itu, sang aktor tak segan membagikan foto mesranya bersama Violet hingga membuat banyak penggemar patah hati. Namun hubungan asmara mereka agaknya tak berjalan mulus lantaran Refal sudah tak pernah membagikan momen bersama Violet lagi.

Setelah itu, Refal diduga menjomblo alias tak punya pacar. Namun pada pertengahan 2022, Refal tiba-tiba mengunggah fotonya bersama seorang wanita dengan latar Cappadocia, Turki. Bintang film “Critical Eleven” itu bahkan menuliskan caption, “Kangen... kangen liburan sambil masak-masak” sehingga wanita yang bersamanya diduga adalah kekasih barunya. Diketahui, wanita yang berpose bersama Refal itu bernama Audrie Gisellia. Refal dan Audrie rupanya hanya menjadi model promosi sebuah merek penyedap rasa belaka.

Sementara itu, Refal ternyata juga sempat dijodoh-jodohkan netizen dengan Enzy Storia. Keduanya ramai dijodoh-jodohkan usai tampil dalam podcast di kanal YouTube KUY Entertainment. Saat itu, Refal sempat menyebut dirinya menyukai wanita blasteran hingga membuat Enzy salah tingkah alias salting.

Dijodoh-jodohkan oleh netizen, Refal rupanya tak terlalu ambil pusing. “Enggak masalah kalau dijodoh-jodohin begitu,” tutur Refal pada 2022. Namun hubungan Refal dan Enzy tidak berkembang menjadi lebih dari teman mengingat sang aktris ternyata menjalin hubungan LDR dan akhirnya menikah dengan Maulana Kasetra alias Molen pada 20 Mei 2023.

Selama hampir 7 tahun berkarier di dunia akting, Refal menjadi sosok aktor yang minim kontroversi. Meski demikian, nama Refal sempat terseret dalam konflik Indah Permatasari dan ibunya yang bernama Nursyah. Sebagai informasi, Nursyah belum merestui pernikahan Indah dengan Arie Kriting. Belakangan, Nursyah mengaku lebih setuju putrinya menikah dengan Refal yang menjadi lawan main Indah di “Wedding Agreement”.

”Semoga jadi Indah Permatasari sama Refal Hady. Meskipun enggak ada uang tapi kan ganteng. Terus juga kelihatan dia sopan anaknya. Enggak pakai jampi-jampi lah pokoknya,” ujar Nursyah dalam salah satu sesi live-nya.

Alasan Nursyah memilih Refal justru malah terkesan meremehkan aktor tampan tersebut. Banyak netizen yang kemudian membela Refal dan menyentil Nursyah. Refal sendiri diketahui memiliki rumah mewah berkonsep homie dan sempat disorot karena memiliki kulkas dengan harga hampir Rp60 juta.

Hingga kini, Refal masih terus aktif di dunia akting. Proyek film terbaru Refal yang berjudul "Ketika Berhenti di Sini" rencananya akan tayang tahun ini. Berbeda dari proyek-proyek sebelumnya, Refal akan memerankan karakter anak SMA di film arahan Umay Shahab tersebut. Penasaran dengan penampilan Refal sebagai anak SMA? Cari tahu kabar terbaru Refal Hady lewat laman profilnya berikut ini ya!

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait