Langgar 6 Pantangan Ini, Siklus Menstruasi Cewek Bisa Terancam 'Macet', Jangan Dilakukan Deh
SerbaSerbi

Biar siklus menstruasi kalian bisa lancar dan aktivitas nggak terganggu, sebaiknya jangan langgar 6 hal ini deh

WowKeren - Cewek terutama yang sudah dewasa tentu akan mengalami siklus menstruasi yang terjadi setiap bulannya. Kalau sedang mengalami siklus ini, mereka jadi sensitif dan merasa tak nyaman saat beraktivitas. Apalagi kalau menstruasinya nggaak lancar alias agak "macet".

Kalau macet begini kalian pasti jadi moody, badan pegal-peggal, perut keram hingga lemas seharian. Nah, biar siklus menstruasi kalian bisa lancar dan aktivitas nggak terganggu, sebaiknya jangan langgar 6 pantangan ini deh. Kalau nggak, menstruasimu bisa terganggu lho.

1. Jaga Kebersihan Pembalut

Saat menstruasi, cewek memang jadi cenderung malas dan mageran. Tapi ingat ya itu adalah pantangan utama yang nggak boleh kamu lakukan. Apalagi sampai malas mengganti pembalut. Meski pembalut mahal sekalipun, kamu wajib untuk menggantinya tak kurang dari 3 kali sehari.

kamu juga perlu meneliti sebelum membeli pembalut yang akan kamu gunakan. Usahakan adar pembalut itu memiliki bantalan yang nyaman dan dilengkapi sirkulasi udara. Jangan pula menggunakan pembalut sekali pakai bekas meskipun sudah dicuci bersih.

2. Jaga Kebersihan Celana Dalam

Sama dengan pembalut, kamu juga nggak boleh malas-malas mengganti celana dalam. Setidaknya kalian perlu menggantinya 2 kali sehari. Pilihlah celana dalam dari bahan yang bisa menyerap keringat agar tak membuat area di sekitarnya lembab. Tujuannya agar ada sirkulasi udara dan mencegah tumbuhnya bakteri penyebab iritasi.

3. Jangan Makan Cokelat, Kafein Atau Soda

Banyak cewek yang salah kaprah mengenai yang satu ini. Saat suasana hati mereka yak enak, mereka akan makan cokelat atau minum kopi untuk menenangkan diri. Saat perut kram karena menstruasi yang tak lancar, mereka akan minum soda. Tapi hal itu ternyata adalah sesuatu yang salah.

Faktanya, cokelat dan soda justru dapat memicu iritasi dan memperberat rasa nyeri. Sementara makanan atau minuman berkafein dapat mempersempit pembuluh darah sehingga haid menjadi tidak lancar. Banyak mengonsumsi air putih dan buah-buahan adalah pilihan yang tepat buat kamu.


4. Tetap Jaga Kebersihan Meski Banyak Pantangan

Ingat ya, menjaga kebersihan adalah hal yang paling utama saat menstruasi. Banyak yang meyakini kalau menstruasi tidak boleh mencuci rambut, memotong kuku ataupun memotong rambut. Tapi hal itu nggak boleh menghalangi kamu buat menjaga kebersihan kok.

Soalnya kalau kamu membiarkan badanmu kotor saat menstruasi, tubuh akan rentan terinfeksi bakteri, aneka virus maupun kuman. Apalagi saat menstruasi tubuh cewek memang sangat sensitif. Jadi tetap perhatikan kebersihan ya biar bulananmu tetap lancar dan nyaman.

5. Dilarang Berhubungan Seks di Masa Menstruasi

Nah, buat kamu yang sudah menikah, sebaiknya jangan melakukan hubungan seks saat menstruasi. Apalagi pada saat awal periode menstruasi. Hal ini nggak boleh dilanggar demi menjaga pasangan agar tak mengalami penyakit atau infeksi kelamin yang muncul akibat bakteri. Begitu pula dengan kamu yang memang sangat rentan terhadap penyakit.

6. Tetap Olahraga, Tapi yang Ringan Saja

Untuk menjaga kebugaran tubuh, cewek juga nggak boleh malas-malasan saat menstruasi. Lakukan aktivitas sehari-hari seperti biasa, termasuk berolahraga meski kadang nyeri menyiksa.

Tetaplah olahraga secara rutin, namun pilih yang ringan-ringan saja ya. Misalnya saja senam ataupun yoga yang menenangkan. Dengan berolahraga, maka aliran darah akan tetap lancar dan menghindari rasa sakit yang menyiksa saat menstruasi.

Itulah beberapa tips yang perlu kamu lakukan saat menstruasi. Jangan sampai kamu bermalas-malasan dan mengabaikan kebersihan ya. Nah, kalau ada pantangan yang biasa kamu lakukan, sebaiknya segera hentikan biar menstruasimu nggak terganggu.

(wk/)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru