Hachii.. 7 Fakta Menarik  Tentang Bersin Ini Nggak Banyak yang Tahu, Tapi Nomer 6 Mengejutkan
SerbaSerbi

Benar nggak sih kalau saat bersin kita bisa memuncratkan air jauh bersin hingga 30 kaki atau 9 meter? Simak ulasannya berikut ini.

WowKeren - Bersin memang menjadi salah satu respon tubuh yang bisa terjadi kapan dan di mana saja. Meskipun terkesan sepele, tapi bersin susah dikendalikan bahkan dihentikan. Bahkan 7 fakta menarik seputar bersin pun jarang diketahui.

Ternyata, saat bersin kita bisa memuncratkan air jauh bersin hingga 30 kaki atau 9 meter. Makanya, kalian bisa bersin meski sebelumnya belum ada gejala sebelumnya. Penasaran kan dengan fakta lengkapnya? Berikut ulasannya.

1. Mata Tertutup Saat Bersin

Hachii.. Kalian pasti bingung kenapa saat bersin mata kita jadi otomatis atau reflek terpejam. Ternyata hal itu memang harus dilakukan. Kalau nggak memejamkan mata, bisa jadi fatal lho.

Kalau kamu nggak memejamkan mata, bisa jadi bola mata bisa keluar akibat kencangnya tekanan udara saat bersin. Selain itu, reflek ini juga berguna untuk melindungi mata dari partikel apapun yang keluar dari hidung dan mulut saat bersin.

2. Bisa Berbahaya untuk Gendang Telinga

Nggak menyangka, ternyata bersin yang terlalu keras bisa membahayakan gendang telinga lho. Soalnya bersin bisa meningkatkan tekanan darah di bagian mata. Bahkan kejadian ini sudah pernah terjadi dalam beberapa kasus.

3. Bersin Bisa Menyebarkan Banyak Kuman

Nggak cuma kekuatan bersin yang nggak bisa kita kontrol, ternyata ada fakta mengejutkan yang lain. Dalam sekali bersin, seseorang bisa melontarkan sekitar 40 ribu butir air yang berisi ratusan ribu kuman.

Makanya bersin yang ditahan akan memaksa bakteria kembali masuk ke dalam rongga hidung dan telinga. Hal itu telah diungkapkan oleh John Pan, MD, Ketua Pusat Pengobatan Integratif di George Washington University Medical Center dalam sebuah penelitiannya.

4. Cahaya Matahari Jadi Pemicunya


Beberapa ada yang sudah tahu. Tapi nggak sedikut juga yang belum tahu kalau bersin bisa dipicu sama cahaya dan sinar matahari yang menyilaukan. Bahkan hal ini sudah mempengaruhi 10 hingga 35 persen populasi dunia.

5. Bersin Hingga Dua Kali Sehari

Bersin bukan berarti kalian terserang flu. Bahkan seseorang bisa bersin lebih dari sekali dalam sehari. Dilansir dari Everyday Health, normalnya orang bersin hingga dua kali sehari.

Hal ini terjadi karena partikel yang terperangkap dalam saluran pernapasan tak bisa begitu saja dikeluarkan. Makanya kalian bisa bersin tanpa sebab dan nggak terjadi dalam sekali bersin.

6. Nggak Perlu Menahan Bersin di Depan Orang Lain

Ketika sedang bersin, biasanya kamu berusaha untuk mengendalikan dan menutupinya. Tapi ternyata mengontrol bersin juga berbahaya untuk dirimu sendiri.

Bahkan kalau bersin yang terlalu kencang itu ditahan, bisa-bisa kamu mengalami retak tulang rusuk. Selain itu, kamu juga bisa mengalami pecahan pembuluh nadi di bagian kepala dan leher. Ngeri banget deh.

7. Kamu Nggak Akan Bersin Saat Tidur

Di saat tidur, tubuh kita dalam kondisi istirahat. Begitu pula dengan syaraf di sekitar hidung anak lumpuh untuk sementara waktu. Makanya kamu nggak bersin saat tidur.

Meski sebenarnya selaput lendir di hidung membengkak ketika kita tidur, tapi itu nggak membuat kita bersin. Padahal hal itu bisa membuat kita lebih sensitif terhadap partikel debu.

Itulah beberapa fakta menarik tentang bersin yang perlu kamu ketahui. Jadi mulai sekarang jangan coba-coba untuk menahannya ya. Kalau nggak, hal fatal bisa terjadi.

(wk/)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru