6 Langkah Efektif untuk Mulai Berhenti Merokok
Health

Sudah punya tekad untuk berhenti merokok? Selanjutnya yuk ikuti 6 langkah ini.

WowKeren - Merokok merupakan salah satu kebiasaan yang tidak baik. Tak hanya merugikan diri sendiri, kegiatan ini juga berdampak buruk bagi orang lain sebagai perokok pasif.

Berhenti merokok memang sulit terutama bagi yang sudah kecanduan. Namun, menghilangkan kebiasaan tersebut tidak ada ruginya sama sekali. Malah kalian bisa merasakan berbagai macam manfaat.

Satu hal yang diperlukan bagi orang-orang yang ingin berhenti merokok adalah tekad kuat. Jika sudah memiliki tekad coba ikuti 6 langkah ini untuk menghilangkan kebiasaan tersebut.

(wk/nris)

1. Pilih Tanggal Kapan Rencana Akan Dimulai


Pilih Tanggal Kapan Rencana Akan Dimulai

Langkah yang bisa kalian ambil setelah memiliki tekad kuat adalah menentukan tanggal untuk rencana tersebut. Jangan tiba-tiba langsung menghentikan aktivitas merokok, pasalnya hal itu malah akan membuat kalian stres.

Sebaiknya tetapkan tanggal sekitar dua minggu ke depan. Selama waktu itu kalian bisa mulai mengurangi merokok. Selain itu, kalian bisa merencanakan hal-hal baik untuk membantu menghilangkan keinginan menghisap rokok.

2. Tentukan Metode yang Akan Kalian Gunakan


Tentukan Metode yang Akan Kalian Gunakan

Selama dua minggu sebelum tanggal yang ditentukan, memilih metode sangatlah penting. Jadi semua yang kalian lakukan dapat terstruktur. Tekad berhenti merokok pun tidak menjadi longgar.

Kalian bisa mencari tahu di internet atau berkonsultasi dengan dokter ahli tentang metode tersebut. Tentukan metode yang menurut kalian mudah dan sangat membantu keinginan kalian

3. Siapkan Kegiatan untuk Persiapan Menggantikan Aktivitas Merokok


Siapkan Kegiatan untuk Persiapan Menggantikan Aktivitas Merokok

Saat mulai berhenti merokok, kalian pasti merasakan yang namanya "lapar". Tentunya bukan makanan yang dimaksud di sini, tetapi keinginan untuk merokok. Apalagi tangan dan mulut telah tebiasa bergerak saat merokok.

Hal tersebut dapat digantikan dengan camilan. Namun, harus yang rendah kalori, ya. Seperti kismis, popcorn, permen dan masih banyak lagi. Atau cobalah melakukan kegiatan seperti berolahraga, bersih-bersih, yoga untuk mengendalikan dorongan merokok.

4. Hindari Pemicu Merokok


Hindari Pemicu Merokok

Berusaha untuk berhenti merokok akan sia-sia jika kalian tidak menghindari pemicunya. Mungkin kalian harus mengurangi intensitas berkumpul bersama teman-teman yang merokok. Singkirkan semua rokok dan asbak di rumah kalian.

Salah satu yang erat kaitannya dengan rokok adalah minuman seperti kopi dan alkohol. Jadi kalian juga harus menghindari meminum alkohol dan kopi saat mulai berhenti merokok.

5. Dapatkan Dukungan dari Sekitar


Dapatkan Dukungan dari Sekitar

Bantuan dan motivasi juga dibutuhkan saat kalian berhenti merokok. Beritahu orang-orang terdekat tentang rencana tersebut.

Mereka bisa membantu dengan tidak menawarkan rokok, mengingatkan jika tekad kalian goyah atau bahkan memilih tidak merokok di depan kalian. Dengan dukungan, kalian juga akan lebih bersemangat agar tujuan tersebut dapat tercapai.

6. Tidak Mengonsumsi Nikotin Sedikit Pun


Tidak Mengonsumsi Nikotin Sedikit Pun

Banyak metode yang dapat dilakukan untuk berhenti mengonsumsi rokok seperti tembakau kunyah, koyo nikotin dan masih banyak lagi. Namun sebaiknya kalian tidak mengonsumsi nikotin sedikit pun. Cara tersebut disebut dengan cold turkey.

Menggantikan nikotin bisa mengingatkan kalian dengan merokok. Mungkin kalian bisa menggantinya dengan cara sehat seperti mengonsumsi jus buah yang mengandung banyak vitamin.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait