6 Aplikasi Android Penghitung Kalori yang Ampuh Sukseskan Diet
iStock
Tekno

Manfaatkan kecanggihan teknologi untuk bantu diet penurunan berat badanmu agar sukses besar dengan pilihan aplikasi ini.

WowKeren - Memiliki berat badan yang ideal selalu menjadi hal yang didamba-dambakan manusia, terutama kaum hawa. Punya tubuh sehat dan langsing masih menjadi standar kecantikan yang banyak menjadi impian. Tak heran jika berbagai metode diet penurunan berat badan digembar-gemborkan dengan iming-iming sukses besar.

Kendati demikian, tak sedikit yang mengalami gatot alias gagal total. Hal itu disebabkan karena salahnya pemilihan metode hingga kurangnya kontrol terhadap asupan kalori. Ya, perihal kalori memang menjadi salah satu hal terpenting dalam masalah penurunan berat badan ini.


Memanfaatkan teknologi, kamu tak perlu lagi bersusah payah menghitung dan mengendalikan kalori secara manual, lho. Semuanya bisa kamu kendalikan cukup dari ponsel saja. Beberapa aplikasi di Android menyuguhkan fasilitas berupa aplikasi untuk membantumu menghitung kalori. Bukan cuma itu, beberapa aplikasi yang layak banget diunduh ini juga menyajikan beberapa informasi lain yang terkait dengan dietmu.

Aplikasi macam apa saja sih yang bisa digunakan oleh ponsel berbasis Android ini untuk membantu diet penurunan berat badan? Yuk, simak rekomendasinya sebagai berikut.

(wk/silm)

1. Aplikasi 'Lose It!' untuk Bantu Hitung Kalori dan Kontrol Berat Badan


Aplikasi 'Lose It!' untuk Bantu Hitung Kalori dan Kontrol Berat Badan

Aplikasi Android pertama yang bisa kamu unduh untuk membantu menurunkan berat badan adalah aplikas "Lose It?". Kamu bisa menemukan link unduhan aplikasi ini secara mudah di Google Play Store. Jika kamu berniat untuk diet dengan mengontrol masukan kalori sekaligus memantau berat badan, aplikasi ini pas untuk kamu unduh.

Aplikasi ini akan membantumu untuk menganalisis berat dan usiamu untuk menentukan diet yang tepat untuk diterapkan. "Lose It!" juga makan membantu mengatur seberapa banyak kalori yang kamu butuhkan untuk menurunkan berat badan hingga ideal.

Salah satu hal yang membuat "Lose It!" berbeda dari aplikasi penurunan berat badan lainnya adalah karena adanya "Snap It". Fitur tersebut memungkinkan kamu untuk melacak asupan makanan dan ukuran porsi hanya dengan mengambil foto makanan yang akan kamu konsumsi.

Jika memasang "Lose It!" di ponsel, kamu juga bisa menyelaraskannya dengan aplikasi penurunan berat badan yang lain. Sayang, aplikasi ini juga memiliki kekurangan. Aplikasi ini tidak bisa melacak jumlah vitamin dan mineral yang kamu konsumsi. Akan tetapi, tidak ada salahnya mencoba untuk menyukseskan diet dengan mengunduh aplikasi ini untuk membantumu senantiasa berada di jalur diet yang sehat.

2. 'Weight Watchers' Bantu Program Penurunan Berat Badan dengan 'Poin'


'Weight Watchers' Bantu Program Penurunan Berat Badan dengan 'Poin'

Aplikasi kedua yang bisa diunduh pengguna Android untuk membantu diet adalah "Weight Watchers". Aplikasi ini akan membantu penggunanya untuk mengurangi asupan kalori mereka dengan menetapkan "poin" untuk makanan berdasarkan kandungan kalori, lemak jenuh, dan juga kandungan gula.

Setiap penggunanya akan diberi sejumlah "poin" tertentu untuk tujuan dalam diet mereka. Selain mengunduh aplikasinya, kamu juga bisa berpartisipasi dalam komunitas untuk berbagi mengenai perkembangan dietmu.

Aplikasi ini juga membantumu untuk membuat pilihan sehat saat makan di luar. "Weight Watchers" menyediakan beberapa pilihan sehat hingga daftar beberapa hidangan restoran yang bisa kamu pilih saat berdiet. Selain itu, adanya grafik perjalanan diet juga bisa membuatmu memantau seberapa sukses program diet yang sudah dijalankan.

3. 'MyFitnesPal' Jadi Aplikasi Pengukur Kalori yang Populer


'MyFitnesPal' Jadi Aplikasi Pengukur Kalori yang Populer

Masih ada lagi aplikasi Android yang akan membantumu sukses menurunkan berat badan. Aplikasi tersebut bernama "MyFitnesPal". Aplikasi ini bisa kamu unduh dan dapatkan secara gratis di Google Playstore.

Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi penghitung kalori yang pling populer saat ini. "MyFitnesPal" bisa melacak berat badan sekaligus menghitung asupan kalori harian yang direkomendasikan. Aplikasi ini juga berisi buku harian daftar makanan yang disusun dengan sangat baik.

Lewat aplikasi ini, kamu bisa tahu berapa jumlah kalori yang sudah kamu makan dalam sehari. Selain itu, aplikasi ini juga bisa membantumu menunjukkan sisa asupan yang disarankan sekaligus jumlah kalori yang dibakar dengan berolahraga.

Akan tetapi, aplikasi ini juga memiliki sejumlah kekurangan. Oleh karena sejumlah besar data makanan diunggah oleh para pengguna, kemungkinan data kalorinya mungkin tidak sepenuhnya akurat. Selain itu, jika jumlah porsi makananmu lebih kecil ataupun lebih besar, kamu kemungkinan juga akan sulit mengedit jumlah kalorinya.

4. Aplikasi 'Cron-O-Meter' Bantu Tentukan Asupan Kalori yang Sesuai


Aplikasi 'Cron-O-Meter' Bantu Tentukan Asupan Kalori yang Sesuai

Ingin memantau jumlah asupan kalori yang kamu konsumsi sehari dengan mudah? Kamu bisa mencoba mengunduh dan memasang aplikasi "Cron-O-Meter" dalam ponsel Android milikmu. Aplikasi ini akan membantumu menentukan jumlah asupan kalori yang sesuai dengan kebutuhanmu. Aplikasi ini juga akan mempermudah memantau program diet, olahraga, dan juga berat badanmu.

Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah bisa menyesuaikan kebutuhan diet beradasarkan kondisi tubuhmu. Untuk wanita hamil atau menyusui, profil aplikasi bisa disesuaikan berdasarkan kebutuhan kalori yang lebih tinggi. Jika kamu mengikuti program diet khusus, seperti diet rendak jalori, diet rendah lemak, dan sebagainya, kamu juga bisa mengubah preferensi kalori yang disarankan.

Aplikasi ini sangat berguna juga untuk melacak mikronutrien seperti vitamin dan juga mineral. "Cron-O-Meter" sangat mudah digunakan dengan menyediakan data seperti presentase lemak tubuh hingga data dan aktivitas tidur.

5. 'FatSecret', Aplikasi Penghitung Kalori dengan Fitur Menarik


'FatSecret', Aplikasi Penghitung Kalori dengan Fitur Menarik

Butuh aplikasi berbasis Android gratis untuk membantu menyukseskan dietmu? Cobalah mengunduh aplikasi pengukur kalori bernama "FatSecret". Aplikasi ini menyediakan database nutrisi, resep sehat, catatan olahraga, dan juga berat badan dalam bentuk jurnal. Adanya fitur pemindai kode batang juga akan memudahkanmu untuk melacak kandungan kalori yang ada dalam makanan kemasan.

"FatSecret" menawarkan tampilan ringkasan bulanan yang memberikan total kalori yang dikonsumsi setiap hari dan total rata-rata untuk setiap bulan. Fitur ini akan mempermudah penggunanya untuk melacak kemajuan diet dari awal hingga akhir.

Aplikasi ini juga memudahkan penggunanya untuk saling terhubung satu sama lain. Adanya fasilitas obrolan komunitas akan membuat aplikasi ini semakin menarik. Terlebih, ada pula fitur "tantangan", di mana antar pengguna dapat membuat dan berpartisipasi dalam tantangan diet dalam kelompok tertutup.

6. 'SparkPeople: Calorie Counter & Diet Tracker' dengan Fitur Penghitung Kalori yang Lengkap


'SparkPeople: Calorie Counter & Diet Tracker' dengan Fitur Penghitung Kalori yang Lengkap

"SparkPeople: Calorie Counter & Diet Tracker" merupakan aplikasi penghitung kalori berfitur lengkap. Aplikasi ini mampu melacak nutrisi, aktivitas diet, sasaran diet, hingga kemajuan diet. Kamu bisa melihat daftar total kalori, karbohidrat, lemak dan protein yang kamu makan setiap saat dengan mudah lewat bantuan aplikasi ini.

Database nutrisi dalam aplikasi ini sangat besar, tercatat hingga 3 juta item makanan. Kamu juga akan mendapatkan sebuah video demo untuk melakukan beberapa gerakan mudah menurunkan berat badan.

Sistem poin juga berlaku pada aplikasi ini. Jika kamu mencapai target diet, kamu akan mengumpulkan beberapa poin untuk dijadikan motivasi pribadi. Aplikasi berbasis Android ini bisa kamu dapatkan gratis di Google Playstore.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait