Jangan Heran Jika Sering Sakit, Ini 10 Kebiasaan yang Rupanya Merusak Sistem Kekebalan Tubuh
Health

Rusaknya sistem kekebalan tubuh bisa jadi karena kebiasaan yang kalian lakukan. Simak di sini, yuk!

WowKeren - Sistem kekebalan tubuh merupakan suatu sistem yang kompleks melibatkan sel, jaringan dan organ untuk saling bekerja sama. Seperti namanya, sistem kekebalan tubuh tentu akan melindungi dan menjaga kesehatan dari segala macam penyakit. Maka dari itu, kita wajib ikut serta mempertahankan daya tahan tubuh tetap prima.

Jika sistem kekebalan tubuh menurun, berbagai penyakit dapat menyerang tubuh. Misalnya saat cuaca dingin, banyak orang yang akan terkena, flu, batuk atau sakit tenggorokan.


Tak hanya cuaca, terdapat 10 hal yang dapat merusak sistem kekebalan tubuh sehingga penyakit mudah menyerang. Apa saja, ya? Simak di bawah ini, yuk.

1. Duduk Terlalu Lama Alias Jarang Bergerak


Duduk Terlalu Lama Alias Jarang Bergerak

Siapa di antara kalian yang memiliki aktivitas yang tidak aktif? Hal ini bisa jadi salah satu yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun. Sebuah studi yang diterbitkan di American Journal of Preventive Mediciene, terlalu banyak duduk dan menghindari olahraga dapat memengaruhi kemampuan tubuh untuk melawan infeksi.

Selain itu, penelitian dari British Journal of Sports Medicine menyebutkan, infeksi saluran pernapasan atas berlangsung lebih lama 42% pada orang yang hanya berolahraga seminggu sekali dibandingkan yang melakukannya 5 kali dalam seminggu. Cukup 30 menit dalam sehari akan membuat kalian tetap sehat.

2. Waktu Tidur yang Kurang


Waktu Tidur yang Kurang

Tidur merupakan salah satu aktivitas yang sangat penting. Selain mengatasi rasa lelah dan mengistirahatkan otak, tidur juga memiliki manfaat tidak terduga seperti membuat seseorang lebih cepat belajar bahasa asing bahkan menurunkan berat badan.

Nah, ketika waktu tidur berkurang, maka kekebalan tubuh dapat ikut menurun. Seseorang yang durasi tidurnya kurang memiliki parameter kekebalan tubuh yang lebih rendah. Penyakit seperti flu, gangguan mood dan masalah ndapat menyerang kalian. Kurang tidur juga dapat meningkatkan hormon stres karena daya tahan tubuh menurun.

3. Mengabaikan Kebersihan Diri Sendiri


Mengabaikan Kebersihan Diri Sendiri

Kebiasaan buruk lainnya adalah mengabaikan kebersihan. Pasti cukup sulit menjaga kebersihan jika kalian sedang berada di tempat umum, terutama toilet. Jangan pernah lupa untuk mencuci tangan setelah kalian melakukan berbagai kegiatan meskipun tidak ingin makan.

Untuk tetap menjaga kebersihan tangan saat berada di luar, kalian dapat membawa hand sanitizer atau tisu basah. Kedua benda tersebut juga dapat kalian manfaatkan untuk membersihkan dudukan toilet umum, lho.

4. Merokok dapat Sebabkan Kekebalan Tubuh Menurun


Merokok dapat Sebabkan Kekebalan Tubuh Menurun

Semua orang sudah mengetahui bahwa merokok atau asap rokok memiliki efek yang berbahaya untuk tubuh. Salah satunya adalah menderita kanker paru-paru. Merokok rupanya juga dapat menyebabkan kekebalan tubuh menurun. Jika kalian merokok dan merasa sering sakit, jangan bertanya-tanya lagi apa penyebabnya, ya.

Kandungan nikotin di dalam rokok dapat meningkatkan produksi hormon korsitol dan mengurangi pembentukan antibodi sel B dan respon sel T dalam melawan infeksi tubuh. Hal ini tidak hanya berlaku bagi yang perokok biasa, tetap juga perokok elektrik atau vape dan semua yang mengandung nikotin. Ketahui bahaya vape selengkapnya di sini.

5. Alkohol Sebabkan Imunitas Menurun


Alkohol Sebabkan Imunitas Menurun

Alkohol telah menjadi gaya hidup yang tidak dapat dipisahkan dari sebagian orang. Untuk peminum alkohol, kalian wajib waspada. Pasalnya, kebiasaan mengonsumsi alkohol dalam jangka panjang dapat mengurangi fungsi sel darah putih yang bertugas melawan bakteri dan infeksi.

Mengonsumsi alkohol juga menghambat pembentukan sel darah merah dan putih baru. Minuman satu ini juga berkontribusi terhadap kerusakan organ berat dalam jangka panjang. Wah, jadi kalian sebaiknya mengurangi alkohol, ya.

6. Stres Mempengaruhi Kekebalan Tubuh Seseorang


Stres Mempengaruhi Kekebalan Tubuh Seseorang

Pernah mengalami stres dan jadi sakit-sakitan? Perlu kalian ketahui bahwa stres dapat menggiring otak memproduksi hormon kortisol yang mengganggu fungsi sel T dalam melawan infeksi. Tidak heran jika penyakit pikiran juga akan berpengaruh pada kondisi tubuh kalian.

Oleh karena itu, jaga tingkat stres agar tubuh juga tetap sehat. Coba hal-hal yang menyenangkan supaya tubuh rileks. Selain itu, kalian bisa mengurangi stres dengan menghirup aroma terapi, simak di sini atau dengan mengonsumsi 10 makanan ini.

7. Kesepian dan Kesedihan akan Menurunkan Imun Tubuh


Kesepian dan Kesedihan akan Menurunkan Imun Tubuh

Selain stress, perasaan sedih dan kesepian bisa merusak sistem kekebalan tubuh, lho. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Neuroimmunology, peningkatan kecemasan terkait dengan kesepian menyebabkan tekanan pada sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Rasa sedih seperti kehilangan orang-orang terkasih lantaran meninggal akan meningkatkan respon kortisol dan ketidakseimbangan kekebalan tubuh. Resiko terjangkit infeksi virus, seperti flu menjadi meningkat.

8. Kurang Makan Buah dan Sayur


Kurang Makan Buah dan Sayur

Gaya hidup dan pola makan juga jadi salam satu penyebab kekebalan tubuh seseorang menurun. The American Academy of Nutrition and Dietetics menjelaskan bahwa mengonsumsi makanan yang bergizi sangat penting untuk mempertahankan kekebalan tubuh. Junk food atau makanan cepat saji yang mengandung lemak jenuh dapat mengganggu daya tahan tubuh kalian.

Maka dari itu, kalian harus menambah konsumsi sayuran dan buah untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang kaya akan vitamin C dan E seperti kiwi, jeruk, apel, anggur merah, bawang, bayam dan lainnya. Mau tahu selengkapnya? Simak di sini.

9. Jarang Minum Air Putih


Jarang Minum Air Putih

Kebiasaan lainnya yang akan merusak sistem kekebalan tubuh ialah jarang minum air putih. Jika tubuh tidak mendapatkan asupan air putih yang cukup, maka kekebalannya akan menurun. Asupan air yang harus kalian jaga tiap hari adalah 8 hingga 10 gelas. Itu pun bervariasi dari kondisi geografis dan aktivitas per hari.

10. Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Manis


Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Manis

Bagi kalian pecinta makanan manis, mungkin ini adalah mimpi buruk. Gula halus sangat buruk untuk kesehatan. Para ahli menyarankan untuk mengonsumsi pemanis alami saja. Gula yang dimurnikan dapat membunuh kemampuan tubuh untuk melawan sel kuman dan gula juga mencegah vitamin C masuk ke sel darah putih sehingga imunitas menurun.

You can share this post!

Related Posts
Loading...