Ketahui Etika Berada di MRT, Jangan Lakukan 15 Hal Ini Ketika Naik Transportasi Umum
jakartamrt.co.id
SerbaSerbi

Banyak pengguna MRT yang tidak mengindahkan tata tertib yang berlaku. Beberapa potret perilaku pengguna sempat viral di media sosial. Ayo ketahui etikanya di sini!

WowKeren - Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta Fase I Lebak Bulus-Bundaran HI telah resmi beroperasi pada Minggu (24/3). Pemerintah pun memberi kesempatan untuk publik mencoba moda transportasi baru di Jakarta ini secara gratis.

Sayangnya, banyak pengguna MRT yang tidak mengindahkan tata tertib yang berlaku. Beberapa potret perilaku pengguna sempat viral di media sosial. Mulai dari bergantungan di dalam lorong hingga berdiri di atas kursi.


Perilaku tersebut tentu sangat mengecewakan berbagai pihak. Salah satunya Menhub Budi Karya Sumadi. Ia menilai perlu adanya evaluasi, terutama mengenai perilaku masyarakat. Boleh dibilang, MRT ini adalah budaya baru sehingga perlu adanya penyesuaian dari budaya masyarakat selama ini.

"Kita evaluasi, yang pertama adalah lifestyle dari masyarakat," kata Menhub Budi Karya Sumadi di sela-sela peresmian MRT Jakarta, Minggu (24/3). "Jadi memang ini kami melihat ada masyarakat yang kurang tertib lah ya, makan di stasiun, gelantungan, itu viral ya."

Nah, sebagai warna negara Indonesia yang baik, kita harus sama-sama menjaga fasilitas transportasi yang disediakan pemerintah. Jangan sampai ada perilaku tidak sopan dan merusak yang kita lakukan.

Dilansir dari akun Instagram resmi PT MRT Jakarta, WowKeren merangkum 15 hal yang tidak boleh dilakukan saat berada di MRT. Intip di bawah ini, yuk!

1. Jangan Mengobrol Keras di Dalam MRT


Jangan Mengobrol Keras di Dalam MRT
Instagram/mrtjkt

Etika pertama di dalam MRT adalah menjaga suara obrolan kalian. Lantaran MRT merupakan transportasi publik, sebaiknya jangan mengobrol terlalu keras. Cukup berbisik dengan teman di samping.

2. Jangan Makan dan Minum di Dalam MRT


Jangan Makan dan Minum di Dalam MRT
Instagram/mrtjkt

MRT merupakan fasilitas publik yang perlu dijaga kebersihannya. Maka dari itu, kalian tidak boleh makan dan minum di dalamnya untuk mencegah makanan atau minuman tersebut tumpah.

3. Tidak Mendengkur saat Tidur di MRT


Tidak Mendengkur saat Tidur di MRT
Instagram/mrtjkt

Hal satu ini mungkin sulit untuk dikontrol. Namun, kalian tidak boleh mendengkur saat tidur. Gunakan masker juga agar tidak mengganggu orang lain.

4. Jangan Menggangu Privasi Penumpang MRT Lain


Jangan Menggangu Privasi Penumpang MRT Lain
Instagram/mrtjkt

Setiap orang tidak ingin privasinya terganggu. Nah, jadi jangan kepo terhadap apa yang orang lain lakukan kan, ya.

5. Jangan Berdandan Berlebihan di MRT


Jangan Berdandan Berlebihan di MRT
Instagram/mrtjkt

Jika ingin berdandan, lakukanlah sebelum naik atau turun dari MRT. Jangan mengganggu orang lain dengan aktivitas berlebihan kalian.

6. Jangan Mendengarkan Musik Tanpa Headset


Jangan Mendengarkan Musik Tanpa Headset
Instagram/mrtjkt

Kalian juga tidak boleh mendengarkan musik di dalam MRT kecuali menggunakan headset. Mendengarkan musik tanpa headset tentu akan mengganggu orang lain.

7. Tidak Batuk, Bersin atau Bersendawa Tanpa Masker


Tidak Batuk, Bersin atau Bersendawa Tanpa Masker
Instagram/mrtjkt

Etika selanjutnya adalah tidak batuk, bersin atau bersendawa tanpa menutup mulut. Perlu kalian tahu bahwa virus dari batuk dan bersin mudah menular pada orang lain. Maka dari itu, gunakan masker jika sedang sakit, ya.

8. Jangan Menelpon dengan Suara Keras


Jangan Menelpon dengan Suara Keras
Instagram/mrtjkt

Sama seperti sebelumnya, kalian juga tidak boleh berbincang via telfon dengan suara keras. Lakukan dengan berbisik sambil memalingkan wajah.

9. Jangan Membuang Sampah Sembarangan!


Jangan Membuang Sampah Sembarangan!
Instagram/mrtjkt

Satu hal yang penting adalah menjaga kebersihan. Jika ingin membuang tisu atau apapun, simpan ke dalam tas atau saku terlebih dahulu, ya. Kemudian buang ke tempat sampah jika sudah sampai di lokasi tujuan.

10. Tidak Mengunyah Permen atau Permen Karet dengan Kencang


Tidak Mengunyah Permen atau Permen Karet dengan Kencang
Instagram/mrtjkt

Sebagian orang tidak menyukai suara makanan yang dikunyah. Kalian harus menjaga hal tersebut dengan tidak mengunyah permen atau permen karet dengan keras. Sebaiknya, lakukan hal tersebut setelah turun dari MRT.

11. Jangan Bersandar di Pintu Kereta


Jangan Bersandar di Pintu Kereta
Instagram/mrtjkt

Nah, untuk menjaga keamanan, penumpang MRT dilarang bersandar di pintu kereta. Perilaku tersebut sangat membahayakan, lho.

12. Jangan Berdiri di Depan Pintu Kereta


Jangan Berdiri di Depan Pintu Kereta
Instagram/mrtjkt

Selain itu, jangan berdiri di depan pintu kereta lantaran dapat menghalangi pengguna lain untuk masuk atau keluar. Berdirilah di area depan kursi.

13. Perhatikan Barang Bawaan Kalian


Perhatikan Barang Bawaan Kalian
Instagram/mrtjkt

Barang bawaan adalah tanggung jawab masing-masing pengguna. Jangan sampai barang bawaan merugikan orang lain, ya. Selain itu, jangan sampai terjepit oleh pintu.

14. Jangan Berdiri di Lorong Kereta


Jangan Berdiri di Lorong Kereta
Instagram/mrtjkt

Lorong yang memisahkan gerbong MRT juga bukan tempat untuk berdiri, ya. Berdiri di tempat-tempat yang seharusnya.

15. Jangan Memainkan Interkom Darurat


Jangan Memainkan Interkom Darurat
Instagram/mrtjkt

Nah, jangan sampai usil memainkan interkom darurat, ya. Jadilah pengguna MRT yang baik untuk menjaga ketertiiban.

Tak hanya di MRT, kalian juga harus menerapkan etika ini di transportasi umum lainnya, ya. Jaga fasilitas yang dibangun oleh negara.

You can share this post!

Related Posts
Loading...