Indonesia Punya 8 Jenis Kopi dengan Cita Rasa Unik, Sudah Mendunia!
Take Five Coffee Bar
Kuliner

Indonesia memiliki banyak jenis kopi di tiap daerahnya. Kopi tersebut memiliki cita rasa yang unik yang telah diakui oleh penikmat kopi di dunia. Apa saja, ya kira-kira?

WowKeren - Siapa di antara kalian yang menyukai kopi? Kopi merupakan minuman yang kini telah menjadi gaya hidup. Ketika berkumpul dengan teman-teman sehabis bekerja, kopi menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk melepas penat.

Kopi sendiri memiliki banyak manfaat yang sangat besar. Dilansir dari Science Alert, penelitian terbaru ini mengambil data dari 498.134 orang yang secara sukarela mendaftar pada data genetika Biobank di Inggris. Mereka lalu mencatat kematian selama 10 tahun terakhir ini.

Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa mengonsumsi delapan atau lebih cangkir kopi sehari memiliki resiko meninggal 14 persen lebih rendah. Sementara mereka yang meminum enam hingga tujuh cangkir sehari resikonya dipotong 16 persen.


Penelitian tersebut menurut Lottfield dapat menjadi jaminan kepada peminum kopi. Namun, penelitian ini bersifat observasi. Artinya, tidak dapat membuktikan bahwa kopi menyebabkan orang hidup lebih lama.

Bicara soal kopi, apa kalian tahu Indonesia memiliki berbagai jenis kopi yang berbeda tiap masing-masing daerah. Beberapa diantaranya juga sudah dipasarkan ke dunia dan cukup populer, lho.

Mau tahu apa saja? Ayo simak di sini!

(wk/nris)

1. Kopi Aceh Gayo dengan Rasa Khas


Kopi Aceh Gayo dengan Rasa Khas

Kopi pertama yang menjadi salah satu kopi arabika terbaik di dunia adalah kopi Aceh Gayo. Kopi ini memiliki cita rasa khas, yakni rasa pahit yang tidak tertinggal di lidah serta tingkat keasaman yang rendah. Aroma dari kopi Aceh Gayo juga sangat tajam dan nikmat.

Tak hanya itu, kopi Aceh Gayo juga disajikan dengan cara tradisional yang kas. Kopi ini tidak diseduh, melainkan direbus dengan air dalam panci hingga mendidih. Kemudian kopi dituang ke dalam gelas berisi susu dan gula.

2. Kopi Toraja yang Banyak Diekspor ke Jepang dan Amerika


Kopi Toraja yang Banyak Diekspor ke Jepang dan Amerika

Selanjutnya adalah kopi Toraja. Dari namanya, kalian pasti sudah tahu kopi ini berasal dari daerah mana, kan? Perlu kalian tahu bahwa beberapa negara menjadi tujuan utama ekspor kopi ini adalah Jepang dan Amerika karena karakteristiknya yang unik sesuai dengan kebiasaan minum kopi di sana.

Kopi Toraja memiliki rasa yang unik dan khas dengan rasa unsur tanah saat diminum. Namun, sensasi rasa pahit di dalam kopi ini hilang sesaat ketika diminum pertama kalian sehingga tidak meninggalkan rasa pahit. Penasaran mencoba minum kopi Toraja?

3. Kopi Bali Kintamani dengan Cita Rasa Buah-Buahan


Kopi Bali Kintamani dengan Cita Rasa Buah-Buahan

Kopi Kintamani merupakan salah satu dari tiga jenis kopi di Indonesia yang mendapat sertifikat Indikasi Geografis Unik, dikenal dengan nama Indikasi Geografis. Kopi ini tumbuh di dataran tinggi yang sejuk dengan tumpang sari bersama tanaman lain, seperti jeruk dan sayuran.

Hal tersebut yang membuat kopi Kintamani memiliki rasa unik, yaitu buah-buahan yang asam dan segar. Kopi ini juga memiliki cita rasa yang lembut dan tidak berat serta diolah melalui proses basah. Kopi ini menjadi salah satu yang populer di Jepang, Eropa dan beberapa negara Arab.

4. Kopi Flores Bajawa yang Banyak Diincar Penikmat Kopi


Kopi Flores Bajawa yang Banyak Diincar Penikmat Kopi

Kopi selanjutnya adalah kopi Flores Bajawa. Tanaman kopi ini tumbuh di daratan Flores yang bergelombang, banyak gunung berapi aktif dan tidak aktif. Abu dari gunung berapi tersebut yang menciptakan tanah Andosols yang subur dan ideal untuk pertumbuhan kopi organik.

Kopi Flores Bajawa memiliki kekentalan yang cukup pekat, namun tingkat keasamannya rendah. Kopi ini punya rasa dominan cokelat dan vanili dengan after taste yang sedikit nutty. Negara tujuan sebagian besar ekspor kosmoditas kopi Flores Bajawa adalah Amerika.

5. Kopi Luwak yang Unik Banget


Kopi Luwak yang Unik Banget

Nah, kopi selanjutnya adalah kopi Luwak. Kopi ini amat erat kaitannya dengan sejarah produksi kopi di Indonesia. Kopi ini berasal dari biji kopi yang diambil dari sisa kotoran luwak atau musang kelapa. Cita rasanya akan berbeda setelah dimakan dan melewati saluran pencernaan luwak tadi.

Kopi Luwak sudah sangat terkenal sejak zaman penjajahan, lho. Bahkan hingga saat ini, kopi tersebut menjadi salah satu yang termahal di dunia. Siapa diantara kalian yang sudah pernah mencoba kopi mahal dari Indonesia ini?

6. Kopi Java Ijen Raung Khas Bondowoso


Kopi Java Ijen Raung Khas Bondowoso

Banyak orang yang mungkin tidak mengetahui kopi Java Ijen Raung. Kopi satu ini memiliki ciri khas unik yakni rasa sedikit pedas dengan aroma bunga hutan. Tingkat asalnya terbilang sedang, tapi cenderung ke asam Jawa daripada citrus.

Kopi Java Ijen Raung pertama kali diekspor pada 2011, kemudian popularitasnya di luar negeri semakin meroket. Hingga pada 2016, Indonesia berhasil mengekspor 43 kontainer atau setara dengan 858,91 ton kopi Java Ijen Raung.

7. Kopi Lanang dari Bayuwangi


Kopi Lanang dari Bayuwangi

Kopi lamang merupakan kopi yang dapat tumbuh di suhu 20-30 derajat celcius pada ketinggian 1800 mdpl. Kopi ini dinamakan Lanang lantaran bentuk biji kopi yang tunggal, bulat dan tidak terbelah seperti biji kopi pada umumnya.

Aroma dan rasa kopi lebih kuat dibandingkan dengan kopi biasa karena mengandung banyak senyawa Tribulus Terrestris yang merupakan suplemen herbal populer yang mampu meningkatkan kadar testoteron, gairah seks dan dehydroepiandrosterone (DHEA). Kopi ini kemudian dianggap dapat mampu meningkatkan vitalitas pria.

8. Kopi Papua Wamena dengan Cita Rasa yang Ringan


Kopi Papua Wamena dengan Cita Rasa yang Ringan

Kopi Wamena tumbuh pada ketinggian 1.500 mdpl dengan suhu 20 derajat celcius. Hal ini membuat kopi tersebut memiliki cita rasa ringan dengan kandungan keharuman yang tajam.

Tak hanya itu, kopi Wamena memiliki tingkat keasaman yang rencah, karena letak geografisnya dan struktur tanah yang mendukung untuk pertumbuhan. Salah satu hal yang istimewa dari kopi ini adalah penanamannya yang secara organik tanpa bahan kimia apapun.

Tak hanya jenis kopinya yang beragam, cara penyajian kopi di Indonesia juga unik banget, lho. Simak di sini, ya.

You can share this post!

Related Posts