10 Tips Booking Hotel dengan Harga Murah di Musim Liburan, Budget Enggak Bakal Bengkak!
Travel

Merencanakan liburan di high season seperti ini tentu membuat semua harga tiket transportasi dan hotel naik. Waduh, budget liburan bisa membengkak, nih. Yuk simak di sini cara mendapatkan hotel murah!

WowKeren - Saat ini telah memasuki minggu terakhir bulan Ramadhan. Idul Fitri 1440 H tinggal hitungan hari. Apa kalian sudah bersiap mudik? atau tengah mempersiapkan liburan?

Merencanakan liburan di high season seperti ini tentu membuat semua harga tiket transportasi dan hotel naik. Waduh, budget liburan bisa membengkak, nih.

Namun, kalian tak perlu khawatir. Terdapat 10 tips yang dapat kalian lakukan untuk mendapat harga murah saat booking hotel, lho. Mau tahu apa saja? Ayo simak di sini.

(wk/nris)

1. Bandingkan Harga Hotel di Berbagai Situs Booking


Bandingkan Harga Hotel di Berbagai Situs Booking

Salah satu cara untuk memesan hotel yang paling banyak digemari adalah dengan menggunakan situs layanan reservasi hotel online. Dengan hanya memasukkan nama kota yang dituju, maka akan muncul beragam pilihan hotel yang ada. Dari harga yang rendah hingga tinggi. Mereka juga akan menyertakan fasilitas apa yang didapatkan.

Nah, setiap situs biasanya menawarkan satu kamar hotel yang sama dengan harga yang berbeda. Maka dari itu, sebaiknya jangan terpaku pada satu situs saja. Coba buka situs lainnya hingga kalian mendapatkan harga yang paling murah.

2. Paket Penerbangan dan Hotel Biasanya Lebih Murah


Paket Penerbangan dan Hotel Biasanya Lebih Murah

Beberapa situs pemesanan online biasanya menyediakan paket penerbangan dan hotel sekaligus. Paket ini juga biasanya ditawarkan oleh maskapai penerbangan, lho. Nah, kalian akan menghemat banyak uang dan mendapat hotel yang lebih murah meskipun high season.

Selain itu, kerja sama seperti ini juga biasanya melibatkan perusahaan persewaan mobil atau transportasi lainnya. Paket ini akan membantu kalian melakukan perjalanan ke tempat yang dituju.

3. Pesan Hotel untuk Backpacker


Pesan Hotel untuk Backpacker

Saat high season, hampir semua kamar hotel mengalami kenaikan harga. Nah, jika sudah melihat-lihat namun tetap tidak sesuai budget, kalian dapat memesan kamar khusus backpaker. Pasalnya, kamar tersebut memiliki harga yang lebih murah.

Kamar backpacker biasanya berbentuk seperti asrama. Ada beberapa ranjang bertingkat di dalamnya. Kalian juga harus rela untuk berbagi ruang dan kamar mandi dengan wisatawan lainnya, ya.

4. Carilah Homestay Dibandingkan Hotel


Carilah Homestay Dibandingkan Hotel

Tempat menginap saat liburan memang penting, namun kalian enggak perlu memaksakannya jika budget tak cukup. Jika harga hotel melambung tinggi, kalian dapat memutuskan untuk bemalam di homestay, hostel atau sejenisnya.

Meski fasilitas yang ditawarkan tidak semewah hotel bintang 2, kini telah banyak homestay atau hostel yang nyaman untuk menjadi tempat singgah selama liburan. Perlu kalian ingat bahwa tempat tinggal selama liburan hanya digunakan untuk istirahat, jadi enggak perlu yang mewah banget, kan? Kecuali jika kalian berniat melakukan staycation.

5. Jangan Pilih Hotel yang Dekat dengan Tempat Wisata


Jangan Pilih Hotel yang Dekat dengan Tempat Wisata

Tips selanjutnya adalah memilih lokasi hotel yang tepat. Umumnya, hotel yang dekat dengan area wisata akan memiliki harga yang lebih tinggi. Apalagi hotel tersebut memiliki peminat yang tinggi. Siapa yang tidak ingin bermalam di hotel yang dekat dengan area wisata?

Nah, carilah hotel yang agak jauh dari area wisata. Harganya tentu akan lebih murah. Kalian juga dapat menyiasati jarak yang ditempuh ke area wisata dengan menyewa kendaraan bersama keluarga atau teman-teman.

6. Pesan Hotel Bisnis saat Liburan


Pesan Hotel Bisnis saat Liburan

Tips selanjutnya adalah memesan hotel bisnis. Saat weekend atau musim liburan, hotel seperti ini akan lebih murah, lho. Hotel bisnis tidak didesain untuk rekreasi, namun memang untuk beristirahat sambil tetap bekerja. Fasilitasnya mungkin juga tidak semewah hotel lainnya. Seperti kolam renang yang lebih kecil.

7. Pesan Online saat Dini Hari


Pesan Online saat Dini Hari

Tahukah kalian bahwa harga kamar hotel atau tiket pesawat di situs online biasanya lebih murah saat dini atau pagi hari? Trik ini sangat direkomendasikan bagi yang ingin liburan di saat high season seperti ini. Bisa dapat harga lebih murah puluhan hingga ratusan ribu lumayan banget, kan?

8. Gunakan Voucher Diskon Hotel


Gunakan Voucher Diskon Hotel

Sering kali hotel membagikan voucher atau kupon potongan harga untuk memberikan reward pada pelanggan setianya. Nah, kupon tersebut bisa kalian manfaatkan pada musim liburan seperti ini. Selain itu, banyak situs layanan pemesanan hotel juga memberikan kupon serupa, lho.

9. Gunakan Diskon Kartu Kredit untuk Memesan Hotel


Gunakan Diskon Kartu Kredit untuk Memesan Hotel

Kartu kredit juga dapat memberikan kemudahan untuk mengakses hotel dengan harga yang cukup ramah di kantong. Kalian dapat menggunakan penawaran diskon khusus yang banyak diberikan oleh kartu kredit yang bekerja sama dengan hotel besar.

Potongan yang diberikan juga cukup besar, bahkan hingga 30 persen dari rate normal. Oh ya, program potongan kartu kredit ini juga banyak ditawarkan oleh situs layanan pemesanan hotel, lho.

10. Gunakan Loyalty Program dari Hotel, Flight atau Travel Agent


Gunakan Loyalty Program dari Hotel, Flight atau Travel Agent

Apa kalian termasuk yang setiap pada satu hotel saja? Nah, kalian dapat menggunakan hal ini untuk mendapatkan kamar dengan harga yang jauh lebih murah. Banyak hotel yang memberikan penawaran khusus bagi para pelanggan mereka. Kalian juga dapat memiliki kesempatan untuk mengakses layanan kamar terbatas dengan jumlah dana yang cukup murah.

Nah, sudah mendapat hotel yang murah? Kini simak aplikasi yang dapat membantu kalian saat traveling di sini. Simak pula tip mengatasi mabuk darat maupun laut saat mudik di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru