Suntuk dengan Rutinitas Harian? Kunjungi 8 Air Terjun di Jawa Barat Ini Untuk Segarkan Pikiran
Travel

Jawa Barat memiliki banyak air terjun yang terkenal dengan keindahannya. Karena itu, selain dapat menyegarkan pikiran, orang-orang biasanya menjadikan beberapa air terjun di Jawa Barat ini sebagai spot foto yang instagramable.

WowKeren - Saat bosan dengan rutinitas harian, kebanyakan kita akan pergi berlibur. Dan salah satu destinasi liburan yang banyak dipilih adalah wisata air yang beragam jenisnya, salah satunya adalah air terjun.

Air terjun di Indonesia sendiri sangat banyak hingga tak terhitung jumlahnya. Seperti beberapa air terjun yang terletak di Jawa Barat yang biasa dikenal dengan sebutan curug.


Jawa Barat sendiri memang terkenal dengan keindahan alamnya. Karena itulah, air terjun di bumi Pasundan ini juga kerap jadi incaran wisatawan karena keindahan yang ditawarkannya. Sehingga selain untuk menyegarkan pikiran, beberapa air terjun di Jawa Barat juga kerap dijadikan spot foto yang instagramable.

Nah mau tahu air terjun mana saja di Jawa Barat yang menyuguhkan pemandangan super indah? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Kunjungi Curug Mala di Garut Untuk Menyegarkan Pikiran di Kala Penat Menghampiri


Kunjungi Curug Mala di Garut Untuk Menyegarkan Pikiran di Kala Penat Menghampiri

Garut memiliki air terjun dengan pemandangan luar biasa indah yang bernama Curug Mala atau Curug Cikawung. Air terjun ini terletak di Kecamatan Cisewu, Garut, Jawa Barat. Jika diartikan dalam bahasa Sunda Curug Mala artinya ialah berbelok, karena air terjun ini mengaliri sungai Cikawung.

Sayangnya, Curug Mala tergolong sebagai air terjun musiman karena hanya muncul saat musim hujan tiba dan aliran airnya hanya akan dialiri air saat hujan turun saja. Meski demikian, Curug Mala memiliki keindahan yang luar biasa karena bentuknya yang berundak-undak dan tidak terlalu tinggi. Selain itu, udara di sekitar air terjun ini juga sangat sejuk, sehingga sangat cocok untuk mengusir penat dan pikiran stres.

2. Curug Awang, Air Terjun yang Disebut sebagai Niagara Mini Versi Sukabumi


Curug Awang, Air Terjun yang Disebut sebagai Niagara Mini Versi Sukabumi

Air terjun di Jawa Barat berikutnya yang menyuguhkan pemandangan super indah adalah Curug Awang. Air terjun ini sendiri terletak di Desa Taman Jaya, Ciletuh, Sukabumi, Jawa Barat. Air terjun ini memiliki ketinggian hingga 40 meter dengan lebar 60 meter serta kedalaman hingga 8 meter. Sayangnya, warna air di air terjun ini cukup keruh, sehingga pengunjung sebaiknya tidak berenang.

Meski demikian, pengunjung tetap dapat menikmati keindahannya dengan duduk santai di bebatuan besar yang ada di sekitarnya. Selain dari bawah, keindahan Curug Awang juga bisa dinikmati dari atas dengan cara menaiki bukit yang ada di sekitarnya. Dan karena panorama alamnya yang super indah, ada banyak orang yang menyebut Curug Awang sebagai Niagara mini versi Sukabumi.

3. Curug Lontar, Air Terjun Super Indah yang Tidak Pernah Surut Meski Kemarau Tiba


Curug Lontar, Air Terjun Super Indah yang Tidak Pernah Surut Meski Kemarau Tiba

Curug Lontar adalah sebuah air terjun yang terletak di Desa Kracak, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor. Air terjun dengan debit air yang cukup deras ini memiliki ketinggian sekitar 37 meter. Sayangnya air terjun ini masih sepi pengunjung, karena jarang diperkenalkan oleh pemerintah setempat.

Meski demikian, Curug Lontar memiliki sejumlah pesona yang sangat menarik. Menurut warga setempat, air Curug Lontar tidak pernah surut meskipun musim kemarau tiba. Karena itulah kemudian air terjun ini dijadikan sebagai sumber air untuk PLTA Kracak. Selain itu, pemandangan di sekitar air terjun ini masih sangat asri dan sejuk serta dikelilingi oleh pohon yang rimbun.

4. Curug Citambur, Air Terjun dengan Panorama Alam yang Indah di Cianjur, Jawa Barat


Curug Citambur, Air Terjun dengan Panorama Alam yang Indah di Cianjur, Jawa Barat

Air terjun di Jawa Barat berikutnya adalah Curug Citambur. Air terjun ini sendiri terletak di Desa Karang Jaya, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Karena memiliki debit air yang sangat deras, air terjun dengan ketinggian 100 meter ini sering menimbulkan uap air yang tampak seperti kabut tipis.

Curug Citambur memiliki panorama alam yang sangat indah. Sebab air terjun ini dikelilingi dengan pepohonan dan rerumputan yang sangat hijau. Sayangnya, air terjun ini juga dikelilingi oleh tebing yang curam dan cukup berbahaya, sehingga pengunjung tidak boleh bermain di bawahnya. Meski demikian, air terjun ini tetap bisa dijadikan spot foto yang sangat menarik loh.

5. Datangi Curug Cikaso yang Luar Biasa Indah, Agar Hilang Segala Penat


Datangi Curug Cikaso yang Luar Biasa Indah, Agar Hilang Segala Penat

Curug Cikaso juga tergolong sebagai salah satu air terjun yang luar biasa indah di Jawa Barat. Lokasi tepatnya adalah di Desa Cibitung, Kecamatan Surade, Jawa Barat. Curug Cikaso sendiri memiliki tiga titik air terjun, yakni Curug Aseupan, Curug Meong dan Curug Aki.

Curug Cikaso memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Karena selain memiliki tiga titik air terjun, di sekitarnya juga berdiri pepohonan hijau yang asri. Selain itu, warna airnya yang kebiruan menambah lengkap pesona indahnya. Keindahan air terjun ini semakin meningkat saat debit airnya sedang besar, karena air yang tercurah lebih deras menghasilkan gemuruh yang lebih dahsyat.

6. Curug Cimahi, Air Terjun yang Dikelilingi Hutan Rimbun dan Udara Sejuk


Curug Cimahi, Air Terjun yang Dikelilingi Hutan Rimbun dan Udara Sejuk

Bandung juga memiliki air terjun dengan pemandangan yang super indah, yakni Curug Cimahi. Air terjun ini sendiri terletak di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Dan air terjun ini memiliki ketinggian hingga 90 meter.

Curug Cimahi dikelilingi oleh hutan rimbun dan alami yang memiliki pemandangan sangat sejuk. Dan untuk mencapainya, pengunjung harus mendaki beberapa anak tangga berbatu. Namun saat musim hujan tiba, sebaiknya lebih berhati-hati saat mendaki, karena tangganya akan cukup licin.

7. Curug Bidadari, Air Terjun yang Konon Katanya Jadi Tempat Turunnya Bidadari


Curug Bidadari, Air Terjun yang Konon Katanya Jadi Tempat Turunnya Bidadari

Di Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor, terdapat sebuah air terjun sangat indah yang bernama Curug Bidadari. Dinamai demikian karena konon katanya air terjun ini adalah tempat turunnya bidadari. Hal ini disebabkan karena setelah hujan lebat sering muncul pelangi, yang oleh masyarakat setempat dipercaya sebagai tanda turunnya bidadari dari surga.

Saat ini Curug Bidadari dikelola oleh pihak swasta yakni Sentul Paradise Park. Di bawah air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 40 meter ini terdapat kolam renang dengan pasir putih yang cukup istimewa, karena didatangkan dari Pulau Bangka Belitung. Selain itu, terdapat berbagai wahana permainan air lainnya yang sangat menyenangkan. Dan meskipun desainnya cukup modern, Curug Bidadari tetap menampilkan unsur alam yang hijau.

8. Curug Cigangsa, Air Terjun dengan Panorama Menakjubkan yang Konon Terbentuk karena Gempa


Curug Cigangsa, Air Terjun dengan Panorama Menakjubkan yang Konon Terbentuk karena Gempa

Air terjun dengan pemandangan super indah berikutnya adalah Curug Cigangsa. Air terjun ini sendiri terletak di Desa Batusuhunan, Kecamatan Surade, Sukabumi Selatan. Air terjun yang memiliki tiga tingkatan ini diperkirakan terbentuk karena gempa yang menyebabkan longsor.

Debit air di Curug Cigangsa tergolong kecil, sehingga kita bisa melihat dinding batu tempat air mengalir jatuh, yang mana itulah poin indahnya. Debit air yang kecil ini sendiri disebabkan karena bagian hulu sungai dibendung untuk keperluan irigasi. Dan keindahan air terjun ini dapat dinikmati dari atas maupun bawah. Tapi jika ingin menikmati keindahan Curug Cigangsa dari bawah, kamu harus menuruni lereng yang curam terlebih dulu.

Demikian delapan air terjun di Jawa Barat yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak artikel ini untuk mengetahui berbagai kota paling sepi di Indonesia yang memiliki pemandangan menakjubkan. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui beberapa tempat wisata di Indonesia yang mirip dengan milik luar negeri.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru