8 Tempat Wisata di Indonesia Ini Mirip Banget Sama Luar Negeri, Gak Perlu Pergi Jauh-Jauh!
Travel

Berlibur ke luar negeri tentu membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Sebagai alternatif, kalian bisa mengunjungi beberapa destinasi wisata berikut ini jika ingin merasakan sensasi luar negeri.

WowKeren - Liburan adalah salah satu cara terbaik untuk melepas stres karena berbagai aktivitas maupun pekerjaan yang cukup membosankan. Salah satu hal yang dilakukan orang-orang saat berlibur adalah mengunjungi berbagai tempat wisata.

Beberapa orang bahkan memilih pergi ke luar negeri untuk menghabiskan waktu liburnya. Sebab banyak dari mereka yang berpikir jika berbagai tempat wisata di luar negeri sangat indah dan menyegarkan pandangan.


Namun, tidak semua orang bisa berlibur ke luar negeri dengan mudah. Karena selain akan menghabiskan banyak biaya, berwisata ke luar negeri juga akan membutuhkan banyak waktu.

Tapi tidak perlu khawatir. Jika kamu ingin pergi berlibur ke luar negeri namun tidak memiliki cukup waktu dan dana, ada baiknya mengunjungi beberapa tempat wisata berikut ini. Jadi, kamu tetap bisa merasakan sensasi internasional di tanah lokal. Simak informasinya berikut ini.

(wk/eval)

1. Patung Buddha Tidur Mojokerto yang Mirip Banget dengan yang Ada di Thailand


Patung Buddha Tidur Mojokerto yang Mirip Banget dengan yang Ada di Thailand

Salah satu tempat wisata yang dimiliki Mojokerto adalah Patung Buddha Tidur. Patung ini terletak di kompleks Maha Vihara Majapahit, Trowulan, Mojokerto dan merupakan Patung Buddha Tidur terbesar di Indonesia. Patung Buddha Tidur sendiri mempresentasikan Sidharta Gautama yang berbaring miring menghadap ke sisi kanan dan merupakan salah satu ikon agama Buddha.

Patung Buddha Tidur ini sering dibandingkan dengan patung sejenis yang sangat terkenal di kawasan Wat Pho, Thailand. Patung Buddha Tidur di Mojokerto memiliki panjang 22 meter, lebar 6 meter dengan tinggi 4,5 meter menjadikannya sebagai yang terbesar ketiga di Asia Tenggara. Sedangkan Patung Buddha Tidur di Thailand memiliki panjang sekitar 46 meter dengan tinggi 15 meter dengan 336 lapisan emas 18 karat.

2. Rasakan Suasana Paris dengan Mendatangi Simpang Lima Gumul di Kediri


Rasakan Suasana Paris dengan Mendatangi Simpang Lima Gumul di Kediri

Tempat wisata di Indonesia yang mirip luar negeri berikutnya adalah Simpang Lima Gumul, Kediri. Bangunan ini sendiri diresmikan pada tahun 2008 lalu yang terinspirasi ramalan Jongko Joyoboyo. Monumen ini bertujuan untuk menyatukan lima wilayah yang ada di Kabupaten Kediri. Dan setelah bangunan ini diresmikan, wilayah Kediri berhasil mengalami perubahan yang signifikan dalam hal ekonomi maupun perdagangan.

Simpang Lima Gumul sendiri sangat mirip dengan Arc De Triomphe yang ada di Paris, Perancis. Arc De Triomphe dibangun atas perintah Napoleon Bonaparte dan diresmikan pada tahun 1863 silam. Bangunan ini berfungsi sebagai monumen untuk mengenang jasa para pahlawan, serta menggambarkan peristiwa revolusi serta masa kekaisaran.

3. Candi Prambanan di Yogyakarta yang Mirip Banget dengan Angkor Wat di Kamboja


Candi Prambanan di Yogyakarta yang Mirip Banget dengan Angkor Wat di Kamboja

Candi Prambanan yang ada di Yogyakarta juga menjadi salah satu destinasi wisata Indonesia yang mirip banget dengan luar negeri. Pasalnya, bentuk Candi Prambanan cukup mirip dengan Angkor Wat yang ada di Kamboja. Candi Prambanan dibangun pada abad ke-9 Masehi, sedangkan Angkor Wat didirikan pada abad ke-12 Masehi. Kemiripan ini tampaknya dipengaruhi oleh selera sama yang dimiliki umat Hindu zaman dulu.

Meski memiliki bentuk yang mirip, tampaknya wisatawan lebih senang mengunjungi Angkor Wat. Pasalnya, Angkor Wat terpilih sebagai landmark paling populer di dunia versi TripAdvisor. Meski demikian, Candi Prambanan juga berhasil masuk ke dalam situs Warisan Dunia UNESCO loh.

4. Patung Yesus Kristus di Tana Toraja yang Kalahkan Rekor Patung Yesus Kristus Rio de Janeiro Brasil


Patung Yesus Kristus di Tana Toraja yang Kalahkan Rekor Patung Yesus Kristus Rio de Janeiro Brasil

Salah satu ikon negara Brasil adalah Patung Yesus Kristus super besar yang ada di kota Rio de Janeiro. Karena itu, patung ini biasanya sering dikunjungi oleh para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun luar negeri.

Namun, Indonesia juga memiliki patung serupa loh. Patung Yesus Kristus Indonesia yang mirip dengan di Rio de Janeiro terletak di Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Patung yang diresmikan pada tahun 2015 ini memiliki tinggi 40 meter dan merupakan ikon wisata daerah tersebut.

Patung ini bahkan berhasil mematahkan rekor patung Yesus Kristus tertinggi di dunia yang sebelumnya menjadi milik Brasil. Sebab patung Yesus Kristus di Rio de Janeiro memiliki tinggi sebesar 38 meter. Namun jika ingin berkunjung ke tempat ini, kamu harus siap secara fisik. Sebab kamu harus melewati sekitar 7.777 anak tangga.

5. Mirip, Raja Ampat Papua Tak Kalah Indah dengan Danau Kayangan yang Ada di Filipina


Mirip, Raja Ampat Papua Tak Kalah Indah dengan Danau Kayangan yang Ada di Filipina

Destinasi wisata di Indonesia berikutnya yang mirip dengan di luar negeri adalah Raja Ampat. Surga yang ada di tanah Papua ini memiliki keindahan alam yang luar biasa, sehingga tak heran jika ada banyak wisatawan yang berkunjung. Selain itu, perairan Raja Ampat juga diklaim memiliki sekitar 75 persen spesies laut seluruh dunia. Tidak berhenti di situ, Raja Ampat semakin diperkaya dengan berbagai kebudayaan dan kesenian lokal yang unik dan menarik.

Raja Ampat sendiri memiliki penampakan alam yang cukup mirip dengan Danau Kayangan yang berada di Pulau Coron, Filipina. Kabarnya, danau ini menjadi kebanggaan negara Filipina karena keindahan alam yang dimiliki. Air Danau Kayangan sangat jernih bak permata hijau, selain itu pemandangan alam di sekitarnya juga tak kalah indah.

6. Candi Sukuh, Piramida Misterius Pulau Jawa yang Mirip dengan Chichen Itza di Meksiko


Candi Sukuh, Piramida Misterius Pulau Jawa yang Mirip dengan Chichen Itza di Meksiko

Candi Sukuh yang ada di Karanganyar adalah salah satu situs budaya Indonesia yang sangat unik. Candi ini sendiri adalah salah satu kompleks candi peninggalan masa Hindu Buddha dan didirikan pada tahun 1437 oleh masyarakat Hindu Tantrayana.

Arsitektur candi ini sangat unik karena tidak mirip dengan gaya candi Hindu Nusantara pada umumnya. Bangunan utama di kompleks candi ini memiliki struktur seperti punden berundak, sangat mirip dengan piramida Maya, namun ukurannya jauh lebih kecil.

Bangunan candi ini sangat mirip dengan Chichen Itza yang ada di Meksiko yang ukurannya jauh lebih besar. Karena memiliki bentuk bangunan yang cukup mirip, ada dugaan bahwa Candi Sukuh ini dibuat oleh suku Maya yang kemungkinan pernah tinggal di Nusantara.

7. Janjang Koto Gadang, 'Tembok Besar Cina' Versi Indonesia


Janjang Koto Gadang, 'Tembok Besar Cina' Versi Indonesia

Kalian pasti sudah tidak asing dengan Tembok Besar Cina kan? Ya, destinasi wisata di negara Tiongkok ini adalah salah satu Warisan Dunia yang sangat terkenal. Pasalnya, tembok ini memiliki panjang hingga 8,851 kilometer yang disertai dengan pemandangan alam super indah. Karena itu, tempat ini kerap menjadi tujuan wisata turis saat berkunjung ke negeri Tiongkok.

Tapi jika tak ingin pergi jauh-jauh ke Tiongkok, kamu cukup berkunjung ke Sumatera Barat. Pasalnya, di wilayah ini juga ada bangunan yang menyerupai Tembok Besar Cina, yakni Janjang Koto Gadang yang terletak di Bukittinggi.

Meski tidak sepanjang Tembok Besar Cina, Janjang Koto Gadang memiliki panorama alam yang luar biasa. Selain itu, tembok sepanjang 1,5 kilometer ini dikelilingi dengan udara sejuk khas Bukittinggi. Karena itu, tempat ini cocok untuk kamu yang ingin meredakan stres dan menyegarkan pikiran.

8. Jam Gadang Bukittinggi, 'Kembaran' Big Ben London, Inggris


Jam Gadang Bukittinggi, 'Kembaran' Big Ben London, Inggris

Ada banyak orang yang menyebut Jam Gadang Bukittinggi sebagai Big Ben London versi Indonesia. Bentuk kedua bangunan ini sendiri cukup berbeda, meski sama-sama berbentuk segi empat. Pasalnya, Big Ben di London berbentuk modern, sedangkan Jam Gadang didesain seperti rumah adat Minangkabau.

Meski demikian, kedua bangunan ini memiliki mesin jam yang serupa dan didesain khusus oleh Vortmann Relinghousen. Mesin jam ini merupakan edisi terbatas dan hanya ada dua unit di dunia. Karena itulah, Jam Gadang Bukittinggi dan Big Ben London disebut kembar.

Demikian delapan destinasi wisata Indonesia mirip luar negeri yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Jika kalian mencari tempat wisata di Jawa Timur yang mirip dengan destinasi wisata luar negeri, ada baiknya untuk menyimak artikel ini. Selain itu kalian juga bisa mengunjungi tempat wisata yang dibangun dari sisa-sisa bencana alam berikut ini.

You can share this post!

Related Posts