Terpilih Secara Aklamasi, Bamsoet Resmi Jabat Ketua MPR
Nasional
Ketua MPR-DPR Resmi Terpilih

Dengan terpilihnya Bambang Soesatyo sebagai Ketua MPR RI, maka selesai sudah perebutan kursi ketua antara Golkar dan Gerindra. Sementara itu, Ahmad Muzani terpilih menjadi Wakil Ketua MPR.

WowKeren - Usai sudah perebutan kursi Ketua MPR yang berlangsung antar partai. Politikus Partai Golongan Karya Bambang Soesatyo resmi menjadi Ketua MPR untuk periode 2019-2024. Bamsoet terpilih secara aklamasi dalam rapat paripurna yang digelar pada Kamis (3/10) kemarin.

Sebelum menetapkan Bamsoet sebagai Ketua MPR, rapat paripurna telah menetapkan 10 pimpinan lainnya yang terdiri dari 9 fraksi DPR dan kelompok DPD. Sedangkan Ahmad Muzani yang sebelumnya bersaing dengan Bamsoet untuk memperebutkan kursi tersebut, akhirnya terpilih sebagai Wakil Ketua MPR.

Selain Muzani, sejumlah nama turut berderet menjabat sebagai wakil ketua. Mereka adalah Ahmad Basarah, Lestari Moerdijat, Jazilul Fawaid, Syarief Hasan, Hidayat Nur Wahid, Zulkifli Hasan, Arsul Sani, dan Fadel Muhammad.

Rapat itu dipimpin oleh pimpinan sementara MPR, Abdul Wahab Dalimunthe dari Fraksi Demokrat. Palu tanda pengesahan diketuk usai hadirin menyetujui keputusan pemilihan para pimpinan. Usai pengesahan, 10 orang terpilih tersebut melakukan sumpah jabatan yang dipimpin oleh Ketua MA Hatta Ali.


Bamsoet sendiri telah menjabat sebagai Ketua DPR RI di periode sebelumnya. Hingga kemudian ia bersaing dengan politikus Gerindra Ahmad Muzani untuk memperebutkan kursi Ketua MPR. Dengan terpilihnya Bamsoet sebagai Ketua MPR, maka sudah tak ada lagi persaingan untuk posisi ketua umum dalam Musyawarah Nasional Partai Golkar.

"Saya ingin mengatakan bahwa tidak ada lagi persaingan," tutur Bamsoet di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (3/10). "Kita sudah bersatu, tidak ada persaingan."

Ia mengungkapkan keinginannya untuk mendinginkan tensi politik yang sedang memanas. "Saya memutuskan untuk cooling down ketika melihat tensi politik yang semakin memanas. Kami kesampingkan konotasi dan menurunkan konsolidasi," lanjut Bamsoet.

Sementara itu, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto menuturkan bahwa partai tersebut telah menunjukkan soliditasnya dengan terpilihnya Bamsoet sebagai Ketua MPR. "Hari ini sudah jelas Golkar membuktikan soliditas, dengan soliditas kebersamaan Partai Golkar, mengutamakan kepentingan nasional di atas segala-galanya," tutur Airlangga.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts